Vacuum Hose kolam renang

Vacuum Hose

Vacuum hose memiliki peran penting dalam membantu proses perawatan air kolam renang. Alat ini wajib dimiliki oleh siapapun yang memiliki kolam renang untuk mempermudah perawatan. – pools.id

Kolam renang adalah salah satu investasi yang cukup baik untuk rumah Anda. Oleh karena itu, kebersihan dari kolam renang ini harus dijaga dengan baik.

Jika kolam renang dibiarkan memiliki penampilan yang kotor seperti berlumut atau penuh dengan sampah, maka mereka yang akan menggunakan kolam renang atau membeli kolam renang Anda pasti akan bergidik ngeri. 

Untuk menjaga kebersihan dari kolam renang Anda, maka Anda akan membutuhkan banyak aksesoris untuk pelengkap dalam hal pembersihan.

Ada banyak sekali jenis aksesoris yang akan Anda butuhkan dalam menjaga kebersihan dari kolam renang Anda. Salah satu aksesoris lain yang akan dibutuhkan dalam perawatan kolam renang Anda adalah vacuum hose.

Vacuum hose adalah sebuah selang yang digunakan untuk pembersihan kolam renang Anda. Untuk tahu lebih banyak mengenai aksesoris ini, berikut adalah ulasannya. 

Apa yang dimaksud dengan vacuum hose?

Vacuum hose adalah sebuah alat panjang seperti selang. atau mudahnya sebut saja selang vakum. Alat ini digunakan untuk mengalirkan cairan dari satu tempat ke tempat lainnya.

Selang vakum ini memiliki ukuran yang cukup besar dan bisa ditemukan dengan ukuran panjang yang beragam. Vacuum hose ini merupakan perangkat yang sangat penting untuk membantu membersihkan kolam renang Anda.

Penggunaan dari Vacuum hose ini sangat mudah, Anda hanya perlu menyambungkan alat ini dengan pompa penyedot lalu melakukan kegiatan untuk membersihkan kolam Anda. 

Akan tetapi perlu Anda ketahui, alat bantu vakum ini bukan sekedar selang biasa, dalam pemilihannya juga tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Bagi Anda yang ingin tahu bagaimana cara memilih vacuum hose yang terbaik untuk kolam renang Anda, maka kami akan membahasnya lebih dalam pada sub bab yang selanjutnya. 

Fungsi

Untuk fungsinya, alat penunjang perawatan air kolam renang ini memiliki fungsi yang jelas yaitu untuk membantu kegiatan pembersihan kolam renang Anda.

Alat ini adalah sebuah alat yang fleksibel dan sangat memudahkan penggunaan hingga dapat menyedot kotoran baik yang ada di permukaan air kolam renang Anda atau ada di dasar dengan cara yang sangat sederhana. 

Dilihat dari fungsi utamanya, vacuum hose merupakan sebuah selang yang digunakan untuk menghubungkan filter kolam renang Anda dengan vacuum head atau kepala mesin vacuum Anda. Biasanya mereka dikoneksikan sehingga memudahkan penyedotan kotoran yang ada di dalam kolam renang Anda.

Mesin filter adalah mesin yang bekerja dengan cara menyedot air kemudian menyaring kotoran sehingga ia bisa menghasilkan air yang bersih. Air bersih ini nantinya akan dikembalikan ke kolam renang agar bisa digunakan kembali. 

Penggunaan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, penggunaan dari peralatan ini ditujukan untuk membersihkan kolam renang Anda. Penggunaannya juga sudah disebut sebelumnya yaitu dengan menghubungkan mesin penyedot dengan vacuum head.

Alat ini juga bisa digulung dalam penyimpanannya. Kemudahan penyimpanan dari alat ini bisa ditentukan dari jenis materialnya. Hal inilah yang menyebabkan pemilihan material menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam pembelian vacuum hose. 

Cara memilih selang vakum untuk kolam renang

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, peralatan penunjang proses vacuum ini, adalah sebuah alat yang sangat penting, oleh karena itu, dalam pemilihannya tidak boleh sembarangan. Salah satunya disebabkan karena harga dari produk ini juga tidak begitu murah.

Selain itu, vacuum hose juga harus digunakan untuk menyambung antara kolam renang ke tempat yang cukup jauh yaitu ke tempat filter Anda berada.

Oleh karena itu, produk penunjang proses vacuum ini harus memenuhi kriteria berikut ini. 

1. Tidak mudah kusut

Vacuum hose yang baik adalah sebuah produk yang dibuat menggunakan material yang tidak mudah kusut. Ini menjadi sangat penting karena perangkat ini digunakan untuk menghubungkan antara 2 tempat yang jauh, jika alat ini diproduksi dengan material yang mudah kusut, maka alat ini akan sulit menyalurkan air dari kolam renang ke pompa filter yang Anda miliki.

Ketika selang penyedot ini kusut, maka air akan tersumbat sehingga akan sulit untuk menyalurkan air. 

Hal lainnya, yang menyebabkan alat ini harus tidak mudah kusut adalah mengenai penyimpanannya. Jika vacuum hose ini mudah kusut, maka setelah disimpan, maka peralatan aksesoris ini akan sulit untuk digunakan kembali. 

2. Memiliki resistensi terhadap UV

Kriteria lain dari selang vakum yang berkualitas adalah bahan material yang gunakan. Selang vakum yang berkualitas adalah selang vakum yang memiliki resistensi terhadap sinar UV.

Sinar UV merupakan salah satu sinar yang tidak bisa dihindarkan apalagi bagi Anda yang memiliki kolam renang di luar ruangan. Ada banyak bahan bisa ditemukan dalam pembuatan selang, akan tetapi tidak semua bahan selang memiliki daya tahan terhadap terpaan sinar matahari.

Jika selang yang Anda miliki tidak tahan terhadap sinar matahari, maka selang tersebut akan mudah keras dan mudah pecah. Akan tetapi jika Anda memilih selang vakum yang memiliki daya tahan terhadap UV yang tinggi, maka masalah ini tidak akan berarti bagi Anda. 

3. Tahan terhadap korosi dan abrasi

Salah satu hal yang menyebabkan vacuum hose harus dibuat dari bahan yang berkualitas adalah mengenai daya tahan yang dimilikinya terhadap korosi dan abrasi.

Korosi dan abrasi adalah hal yang sangat umum ditemukan pada benda-benda yang berhubungan dengan air. Apalagi untuk air kolam renang. Air kolam renang adalah air yang memiliki banyak kandungan bahan kimia, jika pipa ataupun selang vakum yang Anda miliki tidak tahan terhadap abrasi, maka Anda sendiri yang akan repot karena selang vakum Anda bisa cepat rusak. 

Sesungguhnya harga dari selang vakum ini tidak begitu mahal. Jika Anda membutuhkan selang vakum dalam jumlah yang banyak dan panjang, kemudian ternyata material yang digunakan kurang bagus, maka Anda akan kesulitan sendiri. Karena selang vakum Anda pasti akan cepat rusak. Hanya produk yang menggunakan bahan-bahan yang kurang berkualitas yang akan mampu bertahan sedikit lama dengan chemical kolam renang.

Cara Memilih selang vakum yang tepat 

Selain memperhatikan karakteristik dari vacuum hose yang akan Anda beli, ada beberapa hal lain yang juga perlu Anda perhatikan ketika akan membeli peralatan ini. Beberapa hal tersebut adalah mengenai :

1. Ukuran

Sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan ukuran dari vacuum hose yang akan Anda beli. Hal ini disebabkan karena ukuran produk ini akan menentukan kecocokan dari selang vakum tersebut terhadap daya sedot dari pompa filter yang Anda miliki.

Oleh karena itu, sebelum Anda membeli alat ini, pastikan Anda mengetahui terlebih dahulu berapa banyak daya sedot dan juga ukuran input dari pompa filter Anda. 

Jarak antara pompa filter dan juga kolam renang Anda juga perlu diperhatikan untuk menentukan panjang dari selang vakum yang akan Anda beli. Oleh karena itu, jangan hanya lihat diameternya saja ya, tapi perhatikan juga mengenai ukuran panjang dari selang tersebut. 

2. Mengenai bahan 

Bahan yang digunakan dalam pembuatan vacuum hose ini juga akan menentukan bagaimana penggunaan dari selang vakum yang akan Anda miliki.

Sangat penting bagi Anda untuk memilih bahan yang memiliki kekuatan dan juga kriteria seperti kriteria bahan-bahan yang sudah disebutkan sebelumnya.

Hal ini diperlukan untuk memastikan bahwa bahan yang akan Anda gunakan dapat menjamin kualitas dan daya guna dari selang vakum yang akan Anda beli.

3. Mengenai merek 

Saat ini mungkin Anda bisa menemukan ada banyak sekali produk vacuum hose yang ada di pasaran. Semuanya menawarkan produk dengan banyak kelebihan. Akan tetapi jika bisa, pastikan Anda hanya memilih produk selang vakum yang berkualitas dan berasal dari brand yang terkenal.

Produk selang vakum yang berasal dari bahan yang kurang populer bisa saja berkualitas tapi juga bisa berbahaya. Untuk menghindari kesalahan, akan lebih baik, jika Anda membeli produk selang vakum yang sudah memiliki merek yang jelas. 

Sangat sayang bukan jika Anda membeli vacuum hose dengan merek abal-abal dengan harga terpaut sedikit tapi ternyata lebih mudah rusak? Jika hal ini terjadi pada selang vakum yang sudah terkenal, meski produk selang vakum Anda rusak, tapi Anda bisa melakukan klaim terhadap produk yang rusak tersebut dengan garansi yang diberikannya.

4. Garansi 

Hal terakhir yang perlu diperhatikan ketika Anda akan membeli selang vakum adalah mengenai garansi. Siapa yang tidak ingin vacuum hose-nya bertahan lama?

Jika Anda adalah salah satunya, pastikan Anda hanya memilih selang vacuum yang berkualitas yang disertai dengan garansi. Oleh karena itu, jika penggunaan vacuum hose Anda tidak sesuai dengan yang dijanjikan oleh perusahaan penyedia produk tersebut, maka Anda bisa minta ganti rugi berdasarkan garansi yang dijanjikan oleh penyedia selang vakum tersebut. 

Mengapa harus menggunakan vacuum hose untuk membersihkan kolam renang?

Mungkin Anda akan menanyakan hal ini. Sesungguhnya membersihkan kolam renang bisa dilakukan dengan cara manual dengan tenaga Anda sendiri, akan tetapi cara manual ini bisa dibilang merupakan cara yang menyulitkan, boros waktu dan tenaga.

Dibandingkan harus membayar tenaga kerja dan menguras tenaga mereka, lebih baik Anda membeli vacuum hose yang sudah jelas akan mempermudah pekerjaan pembersihan Anda.

Dengan menggunakan vacuum hose, maka proses pembersihan dapat lebih cepat dilakukan dan tenaga pembersih yang Anda butuhkan juga lebih sedikit hal inilah yang membuat penggunaan selang vakum ini menjadi lebih menguntungkan. 

Harga Terbaru

Anda bisa membeli selang vakum ini di toko peralatan kolam renang. Selain itu, Anda juga bisa membeli produk ini di perusahaan kontraktor seperti kami.

Berikut ini daftar harga terbaru dari merek terkenal di Indonesia.

Merek/ModelHarga (Rp)
Hayward IM VH 1530 30FT (9M)1.333.000
Hayward IM VH 1540 40FT (12M)1.736.000
Hayward IM VH 1550 50FT (15M)2.170.000
EMAUX CE155 Flexible 38mm x 11mm863.500
EMAUX CE157 Flexible 38mm x 15mm1.061.500
EMAUX CE161 Premium Grade 10.7m1.265.000
PENTAIR 1 1/2 Duraking 30FT / 9M1.767.000
PENTAIR 1 1/2 Duraking 40FT / 12M2.356.000
PENTAIR 1 1/2 Duraking 50FT / 15M2.914.000
last update 19/08/2020

Kesimpulan

Kesimpulannya, vacuum hose adalah sebuah selang yang dibuat dengan bahan khusus yang dapat membantu Anda untuk membersihkan dengan minim tenaga.

Selang vakum dibuat dari bahan-bahan yang membuatnya tidak mudah kusut dan tahan lama. Untuk menggunakan selang vakum ini, bukan hal yang sulit dilakukan bahkan untuk orang baru dan awam.

Selain itu, pembelian dari vacuum hose ini harus dilakukan dengan berdasar pada kolam yang Anda miliki sendiri. Mulai dari ukuran volume dari kolam renang Anda, jenis kolam renang apakah terbuka atau tertutup, jarak antara kolam renang dengan pompa filter, bahan material yang digunakan dan hal-hal lainnya seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. 

Demikian ulasan yang bisa kami berikan mengenai vacuum hose baik dari pengertian, penggunaan, fungsi, cara memilih dan karakteristik vacuum hose yang terbaik. Semoga ulasan yang kami berikan tersebut bisa memberikan banyak manfaat bagi Anda.