vacuum head kolam renang

Vacuum Head

Vacuum head atau kepala vakum merupakan bagian dari alat perawatan air kolam renang yang difungsikan sebagai alat hisap kotoran didasar kolam renang pada saat proses vacuum. -pools.id

Memiliki kolam renang pribadi memang sangat menyenangkan karena Anda dapat berenang kapan saja. Berenang di kolam pribadi juga sangat aman karena yang memakai hanya keluarga dan orang terdekat saja serta tidak terkontaminasi dengan berbagai kotoran dan juga mikroorganisme berbahaya yang ditularkan oleh orang lain ke dalam kolam renang.

Namun, dengan memiliki kolam renang pribadi artinya Anda juga harus membersihkan sendiri secara mandiri. Membersihkan kolam ini wajib hukumnya karena Anda sedang berhadapan dengan air, air sangat rentan untuk ditumbuhi lumut dan juga sering kali kejatuhan berbagai jenis kotoran seperti debu, pasir, atau yang lainnya.

Anda harus membersihkannya secara teratur agar kolam terlihat bersih. Banyak sekali peralatan yang harus Anda miliki untuk membuat kolam Anda bersih salah satunya adalah Vacuum head kolam renang. 

Kepala vakum kolam renang ini wajib Anda miliki karena sangat penting dalam perawatan air kolam renang. Kecuali perlengkapan perawatan Anda sudah ditangani oleh pihak jasa perawat kolam.

Lalu, apa sebenarnya vacuum head ini? Di bawah ini akan kita bahas secara tuntas mengenai alat yang satu ini.

Pengertian Vacuum head Kolam Renang

Sebelum menginjak pada pembahasan yang selanjutnya, maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa pengertian dari vacuum head kolam renang itu sendiri. Vacuum head kolam renang adalah salah satu bagian dari alat pembersih kolam renang dengan metode penyerapan kotoran.

Vacuum head ini artinya adalah kepala vacuum. Yang artinya memerlukan alat lain untuk digunakan bersama. Karena vacuum head berperan sebagai kepala sehingga membutuhkan badan untuk menjalankannya.

Kepala vakum kolam renang ini dapat menarik berbagai jenis kotoran dari mulai endapan debu, ranting pohon, daun, pasir, dan berbagai kotoran yang lainnya dan biasanya mengendap di dasar kolam renang Anda.

Fungsi

Fungsi dari alat ini adalah untuk membersihkan dasar kolam renang sehingga kolam renang Anda menjadi terlihat sangat bersih. Fungsi utama dari vacuum head kolam renang ini adalah untuk menarik kotoran yang berada di dasar kolam agar tertarik keluar melewati pipa yang telah disediakan. Sehingga kotoran tidak menumpuk di dalam kolam renang.

Semua kotoran yang ada di dalam kolam Anda akan disedot keluar baik kotoran yang besar maupun kotoran dengan ukuran kecil. Kolam Anda akan terlihat lebih bersih jika cara vacuum-nya benar dan membuat kolam terbebas dari kotoran.

Kegunaan

Kegunaan vacuum kolam renang ini adalah untuk membuat kolam renang Anda menjadi terlihat lebih bersih dan juga lebih sehat.

Semua kotoran yang mengganggu estetika kolam dapat dibuang ke luar kolam serta dapat memberikan rasa nyaman saat berenang.

Air kolam renang menjadi lebih jernih dan tidak terkontaminasi dengan berbagai partikel kotoran yang bisa membuat kolam menjadi sarang penyakit dari berbagai mikroorganisme dan juga fungi atau jamur.

Kepala vakum kolam renang ini juga memiliki kegunaan sebagai alternatif saat kolam terasa kotor akan tetapi belum ada waktu atau belum waktunya menguras kolam.

Dengan alat perawatan jenis ini, Anda hanya perlu mengarahkannya ke arah kotoran yang berada di bagian bawah, lalu alat akan otomatis menarik dan membuangnya ke luar kolam melalui saluran khusus.

Jenis Vacuum head Kolam Renang

Ada beberapa jenis kepala vakum kolam renang ini sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Di Indonesia sendiri ada 4 jenis kepala vakum yang sering kali ditemukan dan juga digunakan. Berikut penjelasan dari keempatnya:

  1. Vacuum Head dengan 4 roda artinya vacuum ini memiliki 4 roda sebagai penggerak dan juga memiliki sikat kecil di bawahnya untuk membersihkan kotoran di bawah kolam
  2. kepala vakum yang memiliki 8 roda yang biasanya ukurannya lebih panjang dan dapat menjangkau bagian kolam dengan mudah serta lebih cepat dalam pembersihannya.
  3. Vacuum head dengan 12 roda maka akan semakin besar lagi,
  4. Serta terakhir ada vacuum head dengan menggunakan sikat akan tetapi tidak disertai dengan roda.

Bagian dari Vacuum head Kolam Renang

Jika diperhatikan, vacuum head ini memiliki beberapa bagian utama yang bisa menjadi pembeda antara alat pembersih yang lain. Vacuum head memiliki dua bagian utama yaitu roda dan juga sikat yang akan dijelaskan sebagai berikut:

1. Roda

Pertama adalah roda. Roda berfungsi secara efektif untuk membantu pergerakan vacuum head ini sehingga Anda tidak perlu melakukan berbagai usaha ekstra untuk mengarahkan vacuum head ke arah kotoran yang ingin Anda bersihkan.

Roda vacuum ini beragam ada yang 4 buah ada juga yang berjumlah sampai 12 buah tergantung besar dan panjang vacuum head tersebut. semakin besar maka jumlah rodanya juga akan semakin banyak pula.

2. Sikat

Selain roda ada juga sikat yang berguna untuk menyikat dasar kolam renang agar kotoran yang tidak bisa diserap oleh vacuum ini dapat tercungkil oleh sikat lalu bisa lepas dan tertarik oleh vacuum dan hasilnya juga lebih terlihat bersih sekali.

Alat Lain yang Digunakan Bersama Vacuum head Kolam Renang

Seperti yang telah dijelaskan di bagian atas bahwa vacuum head tidak akan dapat bekerja sendiri tanpa bantuan alat yang lain. Vacuum head ini harus digunakan dengan menggunakan alat lain baru bisa digunakan.

Alat apakah itu?

1. Vacuum Hose

Pertama adalah vacuum hoseVacuum hose merupakan salah satu alat semacam pipa elastis yang dihubungkan di antara vacuum head dengan vacuum fitting dan lalu diantarkan ke bagian pipa isap. 

Vacuum hose ini sebagai saluran air dengan kotoran di dasar kolam untuk menuju ke pipa isap sehingga bisa dibuang dengan mudah sehingga dasar kolam menjadi terlihat sangat bersih.

2. Telescopic Handle

Selanjutnya adalah telescopic handle. Alat yang satu ini juga sangat penting keberadaannya untuk membantu Anda dalam membersihkan kolam. Anda bisa menggunakan alat ini sebagai penghubung antara vacuum head dengan Anda sehingga Anda tidak bersentuhan langsung dengan vacuum head yang menyelam di dasar kolam.

Alat ini mempermudah Anda untuk membersihkan dasar kolam tanpa harus masuk ke dalamnya, Anda bisa membersihkan dari atas karena tongkat yang satu ini dapat mengarahkan vacuum head sesuai dengan keinginan.

Cara Membeli Vacuum head Kolam Renang

Cara  membeli vacuum head kolam renang ini ada dua cara. Anda bisa membelinya secara online atau juga bisa dengan cara offline di toko terdekat.

Namun dalam membelinya harus memperhatikan aspek kehati-hatian. Jangan mudah tergiur dengan harga murah yang ditawarkan oleh para penjual apalagi jika Anda membelinya secara online.

Pastikan terlebih dahulu apakah toko yang menjual alat ini  terpercaya atau tidak. Lihat banyaknya produk yang terjual dan juga review para pelanggan apakah mereka kebanyakan puas atau kebanyakan tidak puas. Jika ada yang tidak puas itu wajar jika penyebabnya adalah di luar kondisi produk, seperti kualitas pengiriman atau yang lainnya.

Pilih tempat penjualan yang terpercaya, Anda bisa membelinya menggunakan e-commerce dan hindari membeli online di media sosial karena hal tersebut kurang terjamin keamanannya. Pastikan pembayaran dilakukan di dalam aplikasi bukan di luar aplikasi sehingga penjual tidak ada celah untuk menipu.

Harga Vacuum head Kolam Renang

Untuk harga dari vacuum head kolam renang ini berbeda-beda karena tergantung dari beberapa hal. Apa saja itu? berikut ini penjelasannya:

1. Tergantung Jenis

Pertama adalah tergantung dengan jenisnya. Anda pasti sudah mengetahui apa saja jenis dari vacuum head ini karena di bagian atas sudah sempat kita bahas. Ada yang roda 4, 8, 12, bahkan ada yang tanpa roda.

Berbagai jenis model ini juga sangat mempengaruhi harganya. Biasanya untuk yang rodanya banyak harganya juga akan semakin mahal sehingga pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan kolam Anda.

Jika kolam berukuran besar maka tidak ada salahnya memilih vacuum head dengan roda yang banyak agar pembersihannya lebih cepat dan juga lebih mudah.

2. Tergantung Merek

Seperti yang telah diketahui bersama apabila vacuum head ini memiliki merek yang beragam. Merek ini sangat berpengaruh pada harganya, semakin terkenal mereknya maka harganya juga akan semakin mahal.

Oleh karena itu, lebih baik Anda mencari yang kualitasnya baik saja karena terkadang merek yang terkenal sekali pun memiliki kualitas yang kurang baik dibandingkan dengan harganya yang mahal.,

3. Tergantung yang Menjual

Dan yang terakhir adalah tergantung siapa yang menjual. Jika yang menjual ini adalah produsen langsung atau tangan pertama biasanya juga akan lebih murah.

Akan tetapi jika penjual bukan tangan pertama apalagi penjual yang statusnya sudah menjadi reseller dari reseller lainnya maka harganya tentu akan menjadi lebih mahal berlipat ganda.

Harga Terbaru

Jika Anda membutuhkan vacuum head, kami juga menjual kepala vakum ini dari merek-merek ternama. Berikut ini daftar harga terbaru dari kami.

Merek / ModelHarga (Rp)
Hayward IM VAC 002 14″ Standard Roda1.007.500
Hayward IM VAC 003 Standard Brush967.500
EMAUX CE301 14″ Flexible Pool Vacuum368.500
EMAUX CE310 14″ Alumunium1.084.500
EMAUX CE304 Deluxe Vinyl Lenear Vacuum484.000
Pentair RA 03021 Wheel Vacuum Head Solid 174201.500
Pentair RA 201470 Axle Assy 176201.500
Pentair RA 201070 203 Flex 8 Roda1.162.500
Pentair RA 111346 Replacement Brush 902-911325.500
Pentair RA 201526 Replacement Brush 193-R449.500
Pentair RA 201476 Snap Adapter Handle217.000
Pentair 191 Vinyl Linear976.500
Pentair 193 Vinyl Linear1.023.000
last update 19/08/2020

Cara Melakukan Vacuum Kolam Renang

Setelah mengetahui secara lengkap tentang vacuum head maka selanjutnya adalah cara membersihkan kolam Anda dengan menggunakan cara vacuum ini. Berikut cara yang bisa Anda lakukan:

1. Persiapan

Pertama adalah lakukan persiapan dengan baik dan benar. Pasang telescopic handle ke dalam sisi vacuum head dan pasang pula vacuum hose ke bagian atas vacuum head. Sambungkan juga ke pipa Pompa isap sehingga nantinya dapat digunakan dengan mudah.

Selain persiapan alat, kolam juga harus dipersiapkan dengan baik. Anda harus memastikan air kolam dalam keadaan tenang sehingga kolam menjadi mudah dibersihkan. Oleh karena itu matikan mesin kolam.

2. Eksekusi

Setelah alat sudah siap dan kolam renang juga sudah siap maka Anda bisa mulai mengeksekusinya. Nyalakan pompa isap lalu mulai masukkan vacuum head Anda ke dalam dasar kolam serta cari di mana saja kotoran berada. Bersihkan dengan baik dan teliti agar tidak ada kotoran yang tersisa di dalam dasar kolam renang tersebut.

Video tutorial cara vacuum kolam renang

Video cara melakukan vakum kolam renang agar jernihi – hasil maksimal

Penutup

Dari beberapa penjelasan di atas maka bisa disimpulkan bahwa vacuum head merupakan suatu bagian di mana memiliki fungsi sebagai pembersih kolam renang. Kepala bagian ini dapat digunakan jika dikombinasikan dengan peralatan lain sehingga tidak bisa dilakukan sendiri.

Setelah mengetahui informasi yang cukup lengkap di atas diharapkan Anda dapat menjaga kebersihan kolam renang dengan baik dan mudah dilakukan.

Dengan memiliki kolam renang yang bersih maka Anda dapat berenang dengan sehat dan aman serta memberikan tampilan kolam menjadi lebih cantik.