ukuran kolam renang

Ukuran Kolam Renang

Mengetahui standar ukuran kolam renang jelas menambah wawasan. – pools.id

Bermain air dan berenang adalah hal yang sangat menyenangkan. Berenang juga menyegarkan pikiran dan hidup lebih sehat. Selain itu, dengan berenang secara rutin bisa membuat tubuh Anda menjadi lebih rileks. Stress Anda pun bisa lenyap setelahnya.

Namun, apabila terkondisikan harus bolak balik ke kolam renang umum di saat ingin berenang, maka akan terasa merepotkan. Jika Anda memang memiliki hobi berenang, mengapa Anda tidak membangun kolam renang pribadi di rumah Anda?

Tidak masalah dengan seberapa luas tersedianya lahan yang Anda miliki di rumah. Ukuran kolam renang bisa disesuaikan. Anda masih bisa menggunakannya untuk membuat sebuah kolam renang.

Perlu Anda ketahui bahwa ada standar-standar ukuran kolam renang berdasarkan standar internasional, nasional dan rumah pribadi. 

Tidak ada salahnya jika Anda mengetahui ukuran kolam renang tersebut, sehingga bisa menjadi tambahan informasi dan membantu Anda untuk membuat kolam renang di rumah Anda.

Dengan adanya standar ukuran kolam renang ini juga bisa memberi Anda pengetahuan mengenai seberapa luas kolam renang yang seharusnya dibuat demi keamanan.

Pastinya, untuk membuat sebuah kolam renang di rumah, Anda juga harus memikirkan tentang faktor keamanannya. Apalagi jika Anda memiliki anak kecil di rumah.

Anda harus selalu mengawasinya agar tidak terjadi insiden yang berbahaya di kolam renang. Untuk bisa membuat sebuah kolam renang yang baik, maka Anda tidak hanya memerlukan informasi seputar ukuran kolam renangnya saja.

Ada banyak hal yang perlu Anda ketahui tentang kolam renang sebelum Anda memulai membangun kolam renang di rumah Anda sendiri.

Berikut ini ada beberapa informasi mengenai kolam renang yang patut untuk Anda ketahui, dan bisa membantu Anda dalam membuat kolam renang yang aman dan bermanfaat untuk Anda :

Standar Ukuran Kolam Renang

Entah apa tujuan Anda dalam membuat sebuah kolam renang, bisa hanya untuk sekedar melakukan hobi atau untuk keperluan latihan, maka Anda akan membutuhkan referensi informasi terkait standar ukuran kolam renang.

Ada beberapa ukuran standar baik itu secara internasional, nasional maupun ukuran kolam renang perumaha. Umumnya, pembangunan kolam renang mengadopsi ukuran yang standar.

Faktanya untuk pembangunan kolam renang pribadi tidak ada standar. Pembuatan kolam renang di rumah pribadi lebih mengacu kepada ketersediaan lahan.

Berikut ini beberapa ukuran kolam renang yang biasanya digunakan untuk pembangunan kolam renang. 

Standar Internasional

Ukuran kolam renang berdasarkan internasional ini dibuat oleh Federasi Renang Internasional yang dalam bahasa Indonesia memiliki singkatan FINA.

Ukuran standar internasional ini digunakan untuk perlombaan-perlombaan renang berskala internasional. Untuk Anda yang ingin membuat kolam renang pribadi di rumah, tidak perlu membuat kolam renang yang seluas ini.

Kecuali jika Anda memang memiliki luas lahan yang cukup dan memiliki keperluan khusus dengan kolam renang berstandar internasional.

Dengan begitu pembangunan kolam renang benar-benar bisa digunakan sesuai dengan keperuntukkannya.

Untuk membuat kolam renang standar internasional, biasanya panjang kolam renang itu harus mencapai 50 m dengan lebarnya 25 m.

kemudian untuk kedalamannya dimulai dari 1 m, 1,35 hingga mencapai 2 m. Kedalaman kolam renang internasional memang dibuat bervariasi, dengan demikian perenang bisa menantang dirinya untuk berenang makin dalam.

Kemudian untuk bisa membuat kolam renang yang berstandar internasional, Anda tidak hanya cukup mengetahui tentang ukurannya saja, namun juga harus menerapkan suhu air yang sebaiknya digunakan.

Berdasarkan standar internasional, suhu air yang direkomendasikan untuk kolam renang perlombaan adalah 25 derajat celcius hingga 28 derajat celcius. 

Standar Nasional

Untuk ukuran kolam renang standar nasional dibuat berdasarkan keputusan dari Persatuan Renang Seluruh Indonesia atau PRSI. Standar PRSI sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda dengan Ukuran kolam renang standar internasional yang sudah dibahas sebelumnya.

Perbedaannya hanya pada kedalaman kolam renangnya, biasanya perlombaan-perlombaan renang nasional tidak selalu menggunakan kolam renang dengan kedalaman yang berbeda-beda.

Standarnya kolam renang nasional menggunakan kedalaman kolam renang minimal 2 meter. Termasuk cukup dalam bukan?

Untuk suhu air yang digunakan sama dengan kolam renang internasional. Sebab suhu air itu adalah suhu yang tepat untuk tubuh manusia. 

Ukuran Kolam Rumah Pribadi

Tidak ada standar yang mengatur terkait ukuran dalam pembuatan kolam renang di rumah pribadi.

Ukuran kolam renang rumah pribadi biasanya tergantung pada masing-masing pemiliknya. Selain itu, juga disesuaikan dengan ketersediaan lahan yang ada.

Anda bisa saja mengacu dan mengadopsi ukuran kolam renang internasional ataupun nasional jika memungkinkan. Namun untuk kedalaman kolam renang sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan Anda sendiri dalam berenang. Pertimbangkan juga anggota keluarga lainnya.

Jika Anda memiliki anak kecil di rumah Anda, sebaiknya membuat bagian kedalaman kolam renang yang sesuai untuk ukuran anak-anak. Dengan begitu, kolam renang aman, tidak membahayakan untuk digunakan.

Anak-anak bisa bermain, berendam, berenang dengan nyaman. Orang tua tidak khawatir anak tenggelam. Namun demikian, tetap membutuhkan sedikit pengawasan dari orang dewasa.

Perhatikan juga suhu air dan kebersihan air di kolam renang tersebut. Karena air dalam kolam renang harus selalu dalam kondisi aman untuk berenang.

Dengan melakukan perawatan yang rutin dan Pemberian chemical yang tepat, air kolam renang akan aman digunakan dan tidak membutuhkan penggantian air bertahun-tahun.

Sesering apapaun kolam renang tersebut digunakan, selama perawatan airnya bagus terkontrol menggunakan test kit, maka air bersih, jernih sehat untuk berenang.

Untuk menjadi referensi Anda dalam menentukan ukuran kolam renang. Berikut ini beberapa ukuran kolam renang di rumah pribadi yang pernah kami bangun.

Beberapa pilihan ukuran kolam renang di rumah pribadi:

  1. Lebar 3m dengan panjang 5m kedalaman 1- 1,2m
  2. Lebar 3m dengan panjang 6m kedalaman 1- 1,2m
  3. Lebar 3m dengan panjang 7m kedalaman 1,2 -1,5m
  4. Lebar 3m dengan panjang 7,5m kedalaman 1,2-1,5m
  5. Lebar 3m dengan panjang 8m kedalaman 1,2 – 1,5m
  6. Lebar 3m dengan panjang 8,5m kedalaman 1,2 – 1,5m
  7. Lebar 3m dengan panjang 9m kedalaman 1,2 – 1,5m
  8. Lebar 3m dengan panjang 9,5m kedalaman 1,2 – 1,5m
  9. Lebar 4m dengan panjang 8m kedalaman 1,2 – 1,5m
  10. Lebar 4m dengan panjang 9m kedalaman 1,2 – 1,5m
  11. Lebar 4m dengan panjang 10m kedalaman 1,2 – 1,5m
  12. Lebar 4m dengan panjang 11m kedalaman 1,2 – 1,5m
  13. dst

Selebihnya, karena tidak adanya acuan ukuran standar kolam renang untuk rumah pribadi, maka Anda bisa menyesuaikan dengan lahan yang ada.

Seberapapun ukuran kolam renang yang dibangun tidak akan menjadi masalah, selama mengacu kepada kebutuhan pembuatan kolam renang tersebut.

Yang terpenting adalah memperhatikan fungsi kolam termasuk juga kedalaman kolam renang tersebut sebagai penunjang faktor keamanan. 

Video kami yang mengulas tentang ukuran kolam renang juga kami lampirkan di bawah ini. Semoga bermanfaat.

Jenis Kolam Renang Berdasarkan Lokasinya

Selain ukuran kolam renang, Anda juga perlu mengetahui tentang jenis kolam renang berdasarkan lokasinya. Berikut ini jenis kolam renang berdasarkan lokasi keberadaanya :

Luar Ruangan

Biasanya lokasi favorit penempatan kolam renang berada di area belakang rumah. Kebanyakan pemilik properti memilih jenis kolam renang luar ruangan atau outdoor.

Dengan penempatan kolam renang di bagian belakang rumah, dengan tujuan agar tidak mudah terlihat oleh orang lain. Tertutup dari pandangan orang luar dan hanya orang di dalam rumah saja yang bisa menggunakannya.

Untuk kolam renang di luar ruangan seperti ini per menambahkan beberapa perlengkapan tambahan. Seperti penutup kolam renang agar tidak mudah kotor dan aman dari siraman air hujan, penambahan pencahayaan dan juga melengkapi dengan pembatas / handrails agar lebih aman.

Kolam renang luar ruangan ini dibagi menjadi dua jenis yaitu natural environment (merupakan kolam renang yang menyatu dengan alam sekitar atau taman) kemudian jenis kedua adalah kolam renang yang bersatu dengan bangunan beton yang berada di sekitarnya.

Bagi Anda yang ingin membuat kolam renang pribadi dengan tujuan untuk melepaskan penat, maka kolam renang dengan jenis natural environment adalah pilihan yang terbaik. Setelah selesai berenang Anda bisa bersantai di pinggiran kolam renang sembari menikmati taman atau alam.

Dalam Ruangan

Tidak sedikit orang yang membuat kolam renang di dalam ruangan (indoor pools) dengan tujuan pada saat hendak berenang tidak perlu khawatir akan kepanasan atau kehujanan.

Tentunya kolam renang dalam ruangan ini bisa memberikan Anda keadaan yang lebih pribadi karena lokasinya yang tertutup. Hotel-hotel banyak juga menyediakan kolam renang indoor sebagai pelengkap fasilitasnya. Ada yang membangunnya di lantai dasar dan juga ada yang membangunnya di lantai atas (rooftop pools). 

Semi Outdoor

Kolam renang semi outdoor cocok bagi Anda yang ingin memiliki kolam renang luar ruangan namun tidak ingin kehujanan dan kepanasan. Anda bisa membangun sebuah kolam renang semi outdoor untuk mendapatkan kebutuhan tersebut.

Yang membedakan di sini adalah adanya tudung yang menutupi bagian langit-langitnya, namum tetap bisa menikmati semilir angin dan pemandangan yang ada. Anda tidak akan merasa kepanasan atau pun kehujanan secara langsung. 

Bentuk-Bentuk Kolam Renang

Setelah Anda mengetahui ukuran kolam renang yang sesuai dengan standar dan juga jenis-jenis kolam renang berdasarkan lokasinya, Kini saatnya Anda mengenal bentuk-bentuk kolam renang.

Dengan menunjukkan berbagai bentuk kolam renang di sini, harapannya kami bisa menambahkan referensi untuk Anda. Selain itu, bentuk ini bisa menjadi tambahan inspirasi untuk menentukan bentuk kolam renang yang sesuai di terapkan di lingkungan rumah Anda.

Anda bisa memilih salah satu bentuk kolam renang agar pembuatan kolam renang di rumah Anda jadi lebih indah dan sesuai dengan ketersediaan lahan yang ada.

Berikut ini ada beberapa bentuk kolam renang yang biasanya digunakan untuk membuat sebuah kolam renang :

Kolam Berbentuk Trek

Untuk Anda yang memiliki lahan yang sempit maka bentuk kolam renang panjang satu garis atau seperti trek adalah bentuk kolam renang yang paling cocok untuk lahan Anda tersebut.

Dengan menerapkan kolam renang yang berbentuk trek ini, Anda bisa memiliki kolam renang meskipun dibatasi dengan lahan yang sempit.

Kolam renang berbentuk trek ini tetap bisa menyenangkan, Anda bisa berlomba bersama dengan anggota keluarga Anda yang lain untuk mengetahui siapa saja yang lebih dulu akan mencapai ujung kolam renang.

Yang terpenting dengan memiliki kolam renang di rumah sendiri, Anda tidak perlu lagi harus ke kolam renang umum, karena sudah memiliki kolam renang pribadi. 

Kolam Berbentuk Kotak

Rasa-rasanya kolam renang berbentuk kotak adalah kolam renang yang paling umum dibangun di banyak tempat. Tidak hanya untuk kolam renang pribadi, kolam renang untuk perlombaan (kejuaran-kejuaran renang) pun sering kali menggunakan kolam renang berbentuk kotak.

Dengan kolam renang berbentuk kotak ini Anda bisa lebih leluasa dalam berenang dan bermain-main di area kolam renang. Lebih menyenangkan bukan?

Untuk bisa membangun kolam renang dengan berbentuk kotak dibutuhkan lahan yang cukup luas. Terlebih jika kolam renang yang ingin Anda bangun menggunakan sistem sirkulasi overflow. Karena kolam renang overflow membutuhkan lahan untuk penempatan ruang balance tank dan pembangunan gutter.

Intinya apapun bentuknya Anda bisa menyesuaikan dengan ketersediaan lahan yang ada. 

Kolam Berbentuk Oval/Bulat

Kolam renang berbentuk oval atau bulat ini bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan kolam renang yang unik dan tidak biasa. Untuk membangun kolam renang yang berbentuk oval atau bulat dibutuhkan lahan yang cukup luas.

Dengan kecukupan lahan nantinya Anda bisa mendapatkan kolam renang yang menarik.

Anda bisa menghias bagian sekeliling kolam renang dengan tanaman. Dengan adanya ornamen tambahan disekitar kolam renang bisa menjadi nilai tambah dan lebih indah dipandang. Meski demikian, kolam renang berbentuk oval atau bulat ini termasuk jarang digunakan karena keterbatasan lahan yang ada. 

Kolam Dengan Desain Bebas

Jangan khawatir Anda bisa memiliki kolam renang dengan bentuk sesuka hati Anda. Tidak hanya terbatas pada bentuk-bentuk yang sudah disebutkan di atas saja.

Anda bebas berkreasi dalam membuat kolam renang. Bebas memilih desain dan bentuk kolam renang sesuai dengan keinginan Anda.

Inti sesuaikanlah dengan ketersediaan lahan. Meski lahannya sempit, bukan berarti tidak bisa memiliki kolam renang dengan desain dan bentuk yang maksimal. 

Jika Anda membutuhkan konsultan dan layanan jasa pembuatan kolam renang, silahkan menghubungi kami.