telescopic handle kolam renang

Telescopic Handle

Telescopic handle merupakan alat penting dan wajib dimiliki oleh para pemilik kolam renang. Alat ini membantu meluaskan jangkauan perawat kolam renang saat melakukan vakum. – pools.id

Kolam renang adalah salah satu tempat yang berguna untuk olahraga maupun hanya untuk berenang-renang dan santai. Kolam renang sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu kolam renang umum dan juga kolam renang pribadi.

Kolam renang umum biasanya dimiliki oleh usahawan yang menyediakan fasilitas olahraga air atau sekadar untuk bermain air bagi masyarakat yang tidak memiliki kolam renang. Namun, untuk kolam renang pribadi biasanya dimiliki dan dibangun di bagian rumah.

Bagi beberapa orang yang memiliki tingkat perekonomian menengah ke atas biasanya memiliki kolam renang pribadi sehingga dapat digunakan setiap saat. Namun, memiliki kolam renang pribadi tidak seindah apa yang kita lihat.

Mungkin yang kita lihat adalah mudahnya akses untuk langsung berenang tanpa harus keluar rumah, membayar tiket, dan lain sebagainya.

Tapi ada satu yang perlu Anda tahu, apa itu?

Ya, perawatannya. Perawatan kolam renang tidaklah mudah karena Anda akan berhadapan dengan air yang pastinya bisa menjadi sarang nyamuk, ditumbuhi lumut, berjamur, apalagi jika kolam renang yang berada di luar ruangan akan sering kali kotor, bisa karena debu, pasir, daun kering, dan lain sebagainya.

Banyak juga kolam renang yang karena tidak sering dipakai lalu banyak hewan seperti katak yang masuk dan akhirnya sangat kotor. Hal-hal seperti ini lah yang membuat perawatannya tidak mudah dan bagi Anda yang belum berpikiran hal  itu mungkin akan kaget setelah memiliki kolam sendiri karena banyak hal yang harus diurus.

Oleh karena itu, seiring dengan pembuatan kolam renang di rumah Anda jangan lupa untuk membeli berbagai peralatan kebersihan untuk kolam renang seperti hand skimmer, vacuum, brush, telescopic handle, dan lain sebagainya.

Nah, di sini akan kita bahas khusus mengenai telescopic handle yang menjadi salah satu yang mempermudah pembersihan kolam renang.

Pengertian Telescopic handle Kolam Renang

Lalu, apa telescopic handle kolam renang itu? Telescopic handle kolam renang adalah salah satu tongkat khusus yang digunakan untuk mempermudah membersihkan kolam renang. Telescopic handle ini merupakan salah satu tongkat yang bisa digunakan untuk pegangan saat membersihkan kolam dengan alat pembersih kolam yang lainnya.

Intinya alat ini adalah suatu media antara Anda dan juga alat kebersihan yang biasa digunakan untuk perawatan kolam. Tongkat ini biasanya terbuat dari aluminium yang cukup kuat sehingga tidak mudah rusak dan juga memiliki kemampuan untuk menangkal korosi akibat oksidasi dari sentuhan air. Alat yang satu ini bisa dipadu padankan dengan alat pembersih lain.

Fungsi Telescopic handle Kolam Renang

Fungsi dari telescopic handle ini adalah sebagai tongkat pegangan untuk berbagai jenis alat pembersih kolam renang seperti sikat, vakum, dan juga jaring.

Dengan menggunakan alat ini, Anda bisa membersihkan kolam dari atas saja dan tidak perlu turun ke kolam apalagi harus menyelam ke dalam kolam hanya untuk membersihkannya.

Anda bisa membersihkan dengan mudah dari atas kolam saja, tidak perlu berbasah-basah untuk membersihkannya. Tongkat ini memiliki panjang yang bisa disesuaikan sehingga Anda bisa menjangkau bagian dalam maupun pinggir kolam dengan mudah.

Dengan kemudahan ini, maka perawatan dan juga pembersihan kolam renang menjadi lebih cepat dan juga lebih efektif dibanding dengan cara manual.

Kegunaan Telescopic handle Kolam Renang

Kegunaan dari telescopic handle kolam renang ini sangat banyak sehingga sangat laku terjual di pasaran. Ada beberapa kegunaan telescopic handle ini , misalnya:

a. Sikat Dinding

Telescopic handle ini dapat berfungsi sebagai pegangan sikat dinding sehingga dinding kolam renang Anda bisa menjadi terlihat selalu bersih dan terbebas dari segala macam kotoran khususnya lumut.

b. Jaring Daun

Anda juga bisa menggunakan tongkat ini untuk dipasang pada jaring daun sehingga Anda bisa membersihkan kotoran yang mengambang di atas air seperti daun dengan mudah walaupun posisinya di tengah kolam

c. Vakum

Tongkat yang satu ini juga bisa digunakan untuk dipasang pada kepala vakum. Vakum berfungsi untuk membersihkan area dasar lantai kolam atau biasa juga disebut dengan pel lantai kolam renang.

Cara menggunakan Telescopic handle Kolam Renang

Cara menggunakannya sangat mudah, Anda hanya perlu memasang ujung tongkat ini ke bagian lubang di beberapa alat kebersihan kolam seperti sikat, jaring, atau vakum. Setelah terpasang maka Anda bisa langsung mengatur berapa panjang tongkat yang Anda mau sehingga bisa mencapai kotoran yang akan dibersihkan.

Anda bisa mengatur panjang pendeknya tongkat tersebut. Anda bisa membuatnya panjang saat digunakan untuk pembersihan kolam di bagian tengah, namun untuk menjangkau kolam renang yang dekat maka bisa dipendekkan sehingga lebih mudah dan juga lebih aman karena tongkat tidak mengenai orang lain.

Kelebihan Menggunakan Telescopic handle Kolam Renang

Kelebihan menggunakan alat ini sangat banyak, misalnya:

  1. Yang pertama, tongkat ini dapat mempermudah pembersihan karena Anda bisa menjangkau bagian yang kotor dengan mudah walaupun di tempat yang cukup jauh, di tengah kolam misalnya.
  2. Kedua, dengan tongkat ini maka Anda tidak perlu masuk ke dalam kolam atau harus menyelam ke dasar kolam untuk membersihkannya.
  3. Ketiga, Penggunaan tongkat ini akan lebih meringankan beban Anda sebab memiliki gagang yang cukup panjang sehingga tidak akan membuat tangan menjadi mudah lelah.
  4. Keempat, tongkat ini tidak hanya dapat digunakan untuk satu alat kebersihan saja kan tetapi lebih banyak.

Ukuran Panjang Standar Telescopic Handle Kolam Renang

Tongkat teleskopik yang satu ini memiliki panjang yang berbeda-beda untuk setiap mereknya. Umumnya alat ini memiliki panjang sekitar 2,5 meter dan bisa dipanjangkan lagi bahkan bisa mencapai panjang 4,8 meter.

Dengan panjang tongkat yang bisa disesuaikan ini maka Anda akan lebih mudah memakainya apalagi jika punya kolam dengan ukuran yang cukup besar.

Ada beberapa pilihan merek yang bisa Anda pilih yang menyediakan panjang tongkat total setelah dipanjangkan yang berbeda-besar, ada yang memiliki panjang 4,8 meter, ada yang 7,2 meter bahkan ada juga yang mencapai panjang 13 meter. Dengan pilihan panjang tersebut maka Anda bisa menyesuaikan dengan luas kolam yang Anda miliki. 

Harga Telescopic Handle Kolam Renang

Harga dari telescopic handle kolam ini sangat beragam, ada yang murah dan ada juga yang mahal. Akan tetapi mahal dan murahnya harga tongkat ini sangat bergantung dari beberapa hal misalnya:

  1. Dari kualitasnya, kualitas dari tongkat yang satu ini berbeda-beda sehingga semakin baik kualitasnya juga akan semakin mahal harganya
  2. Panjang Tongkat, seperti yang telah diketahui bersama bahwa tingkat ini memiliki panjang yang beragam, jika Anda membeli telescopic handle ini dengan ukuran yang lebih panjang otomatis harganya akan lebih mahal.
  3. Merek, tongkat ini juga diproduksi oleh banyak perusahaan sehingga berbeda merek biasanya juga berbeda harganya
  4. Jumlah, ada beberapa merek yang menjual satuan ada juga yang menjual satu box berisi banyak tongkat sehingga harganya pun akan berbeda jika jumlahnya lebih banyak.

Daftar Harga Terbaru

Anda bisa membeli tongkat ini di toto perlengkapan kolam renang, online store atau membeli kepada kami perusahaan kontraktor kolam renang.

Berikut daftar harga telescopic handle terbaru sebagai referensi untuk Anda.

Merek / ModelHarga (Rp)
Hayward POL 002 16″ W/External Lock1.054.000
Hayward CL 001 CAMLOCK294.500
EMAUX CE132 Alumunium Telescopic Pole 2×2.4478.500
EMAUX CE135 Alumunium Telescopic Pole 2×4742.500
last update 19/08/2020

Cara Memilih Telescopic handle Kolam Renang yang Baik dan Benar

Untuk mendapatkan telescopic handle kolam renang yang baik tentu harus memperhatikan beberapa hal. Cara memilih telescopic handle kolam renang yang baik dan benar adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, sesuaikan dengan kebutuhan Anda, apakah Anda membutuhkan tongkat dengan panjang standar, sedang, atau yang panjang sekali. Sesuaikan dengan luas kolam Anda.
  2. Pilih yang memiliki kualitas yang baik untuk menjamin keawetannya.
  3. Jangan tergiur dengan harga yang terlalu murah karena harga membawa kualitas
  4. Pilih merek yang sudah pasti dan banyak testimoni positifnya.

Cara Memilih Toko yang Menjual Telescopic handle Kolam Renang yang Baik

Anda bisa memilih toko penjual telescopic handle kolam renang baik secara online maupun secara offline. Saat ini banyak sekali toko yang menjual sehingga Anda juga harus berhati-hati. Berikut cara memilih toko yang benar:

  1. Pertama perhatikan apakah toko tersebut telah memiliki pelanggan yang banyak dan juga puas dengan pelayanannya? Hal ini akan lebih mudah dilihat dari toko online karena pelanggan bebas memberikan review-nya.
  2. Selanjutnya, pilih penjual yang berpengalaman dalam menjual peralatan kolam renang, bisa Anda lihat sejak kapan toko berdiri.
  3. Selanjutnya, pilih toko yang menjual telescopic handle kolam renang yang beragam, baik dari kualitas maupun harga.

Memilih Telescopic handle yang Tepat untuk Kolam Renang Anda

Untuk mendapatkan telescopic handle yang tepat untuk kolam renang, maka Anda harus memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Anda harus tahu seberapa panjang, lebar, dan dalam kolam renang Anda. Jangan hanya menghitung dengan garis lurus saja tetapi juga hitung dengan menggunakan diagonal karena pembersihan  kolam tidak selalu lurus saja. 

Umumnya, untuk kolam renang pribadi Anda hanya memerlukan tongkat dengan panjang standar yaitu 2 x 2,4 meter saja. Akan tetapi untuk ukuran yang lain akan berbeda, misalnya; untuk kolam yang berukuran medium maka Anda memerlukan tongkat dengan panjang x 3,6 m, jika kolam besar 2×4,5 m dan paling besar bisa memilih yang 2×6,5 m.

Kesimpulan dan Penutup

Dari penjelasan di atas maka bisa ditarik sebuah kesimpulan apabila Telescopic handle kolam renang ini merupakan suatu alat pendukung yang bisa digunakan bersama alat lain dan memiliki fungsi utama untuk menjaga kebersihan kolam.

Alat yang satu ini sangat multifungsi sehingga banyak yang memilih sebagai salah satu perlengkapan kolam renang Anda di rumah. Kebersihan memang yang paling penting apalagi kolam renang yang memiliki banyak air dan sangat sulit dibersihkan jika tidak menggunakan alat bantu khususnya dengan telescopic handle kolam renang tersebut.

Tongkat ini mempermudah pekerjaan manusia bahkan dijual dengan harga yang cukup murah dibandingkan dengan risiko membersihkan kolam dengan cara manual. Bagi Anda yang memiliki kolam renang jangan sampai terlewat untuk membeli barang unik, menarik, dan bermanfaat yang satu ini.

Semoga beberapa penjelasan di atas dapat bermanfaat bagi Anda semua yang membacanya.  Beli di tempat yang terpercaya dan sesuaikan dengan kebutuhan kolam renang. Tetap jaga kebersihan di area kolam karena demi kesehatan Anda dan siapa saja yang berenang di dalamnya.