sand filter kolam renang

Sand Filter Kolam Renang

Tanpa sand filter kolam renang, kondisi air kolam tidak akan pernah maksimal. Sistem filtrasi tidak pernah bisa berjalan.-pools.id

Kehadiran sand filter kolam renang sangat penting selain pompa kolam itu sendiri. Sebab keberadaan kedua alat ini yang membuat air di tempat berenang layak pakai.

Filter adalah bagian dari kolam renang yang berguna untuk menyaring seluruh kotoran yang ada di kolam. Jenis penyaring kolam renang yang sering digunakan yakni sand filter.

Untuk harga, sistem filter ini tidak terlalu mahal tapi kinerjanya terbilang cukup optimal. Itulah mengapa penyaring ini jadi pilihan favorit, sebab Anda tidak perlu menghabiskan dana yang sangat besar namun bisa mendapatkan kolam renang yang bersih dan berkualitas berkat alat penyaring tersebut.

Pengertian Sand Filter Kolam Renang

Sand filter kolam renang adalah alat penyaring dalam kolam renang yang mengandalkan pasir khusus untuk menyaring segala bentuk kotoran yang ada di kolam.

Adapun pasir yang dipakai filter ini berbeda dengan pasir pada umumnya yang biasa ditemui di sekitar lingkungan Anda. Pasir tersebut mempunyai ukuran dan kegunaan yang berbeda dari pasir biasa.

Pasir filter pada kolam renang ukuran umumnya berdiameter 0.4 sampai 0.5 mm. Makin halus pasir yang ada dalam sand filter maka makin maksimal pula kemampuan atau kinerja alat ini untuk memproses penyaringan. Dan air kolam renang Anda pun jadi lebih jernih serta bersih.

Fungsi Sand Filter Kolam Renang

Sebetulnya ada beragam jenis sand filter kolam renang yang dijual di pasaran secara luas. Para kontraktor kolam renang pastinya akan memilih sand filter kualitas terbaik dan sesuai kebutuhan pemilik kolam.

Kualitas mesin filter sangat berpengaruh pada kemampuan menerima tekanan yang dikeluarkan mesin pompa kolam renang untuk menyaring kolam.

Jika metode sirkulasi di kolam renang Anda bermasalah atau air kolam tak layak pakai, hal ini akan mengurangi kejernihan air kolam renang sehingga Anda tidak dapat memakainya.

Karenanya, fungsi sand filter ini adalah untuk menyaring segala partikel kotoran yang ada dengan melewati mesin tersebut sehingga kolam renang Anda pun jernih dan Anda serta keluarga dapat berenang di sana.

Cara Kerja Sand Filter

Sand filter dapat bekerja secara elektrolisis, mekanis, dan bakterisidal. Sehingga pada proses filtrasi terdapat bahan koloid yang tertahan dalam wujud lapisan gelatin.

Sedangkan ion yang larut dalam air akan dinetralkan nantinya oleh ion pasir mesin ini. Partikel pasirnya sendiri sebagian akan mengalami ionisasi pada saat filtrasi berjalan.

Selain itu, ada lapisan pasir yang ada organisme hidup yang dapat memakan organisme lainnya. Sehingga sifat air kolam pun berubah sebab adanya proses netralisasi ini.

Pasir yang digunakan dalam sand filter ialah pasir silica yang bersih, tahan lama, dan halus. Pasir silica ini biasanya diletakkan di atas koral atau kerikil yang ditaruh secara berlapis-lapis dalam alat sand filter.

Adapun besar ukuran pasir silica yang digunakan pada mesin sangat mempengaruhi efektivitas proses filterisasi kolam renang Anda.
Pasir khusus ini memiliki jangka waktu tertentu untuk dicuci.

Bila pasir filter bersih tentunya membuat proses filtrasi dapat bekerja dengan maksimal. Supaya fungsi sand filter pada kolam renang tetap bisa optimal, Anda mesti memperhatikan cara kerja mesin filter kolam renang. Filter yang baik akan mengalirkan air pada permukaan yang ada dalam alat penyaring. 

Gaya gravitasi dan tekanan pompa akan membantu membawa air agar turun ke bawah beserta kotoran dalam air. Sampah atau kotoran yang ukurannya lebih besar dari celah akan tertahan, sehingga air bersih bisa tetap bisa mengalir ke kolam.

Pada saat permukaan pasir terlihat terlalu kotor dan tekanan meteran filter sudah mencapai 10 psi, maka Anda harus membersihkan filter dengan cara backwash.

Alur sistem sirkulasi filtrasi yang benar yakni mesin pompa kolam renang akan menyedot air kotor kemudian dimasukkan ke sand filter untuk melewati proses penyaringan.

Setelah itu, air yang telah melalui proses filtrasi ini akan jadi lebih jernih dan bersih sehingga bisa dialirkan lagi ke kolam renang tersebut.

Tapi, bila sistem sirkulasi salah maka air yang sudah bersih tak dapat mendorong air kotor untuk diarahkan ke bagian filter sehingga air kolam tetap kotor.

Padahal seharusnya cara kerja filter yang benar, yaitu air yang sudah bersih itu bisa mendorong air kotor mengikuti sirkulasi lalu masuk ke dalam mesin filter sehingga kolam renang Anda tetap bersih dan bisa digunakan untuk berenang.

Perawatan Sand Filter

Sand filter merupakan jenis penyaring kolam yang paling populer di kalangan warga Indonesia karena harganya terjangkau dan perawatannya pun terbilang mudah.

Jika Anda ingin membersihkan sand filter, cukup melakukan proses Backwashing yakni di mana aliran air dibalikkan arah airnya mengalir agar keluar dari mesin filter ke pipa pembuangan, jadi kotoran yang disaring alat filter ini dapat terbuang dengan sebagian air kolam.

Penentuan kapan melakukan pembersihan mesin filter bisa diketahui ketika tekanan air berkurang melewati filter, sehingga mengakibatkan tekanan penyaring jadi tinggi.

Hal ini menandakan Anda perlu melakukan back-washing untuk membersihkan pasir pada mesin. Dalam metode backwash sendiri bisa dilakukan dengan cara otomatis maupun manual.

Sistem otomatis backwash biasanya produk filter kolam air sudah dirancang oleh tim teknisi saat memasang mesin penyaring air sehingga dalam waktu tertentu filter akan backwashing sendiri.

Sementara pada sistem manual, di sini Anda harus melakukan atau mengaktifkan sistem tersebut secara manual.

Untuk perawatan mesin sand filter pada media pasir umumnya pasir yang digunakan ini harus diganti setidaknya dalam jangka waktu 5-8 tahun, pergantian tersebut tergantung dari pemakaian mesin filter.

Cara Pemilihan Filter

Memilih sand filter tentu tak boleh asal pilih, sebab banyak hal yang mesti Anda pertimbangkan. Berikut beberapa hal yang patut diperhatikan saat pilih filter yang pas untuk kolam renang Anda, di antaranya:

1. Ukuran Kolam Renang

Sebetulnya sand filter ini bisa diaplikasikan untuk beragam ukuran kolam renang, tetapi bila Anda ingin membangun kolam renang pribadi dan kolam tertutup seperti Jacuzzi, spa, dan lainnya.

Disarankan menggunakan cartridge filter, karena alat filter ini memiliki daya saring tinggi, hingga banyak kotoran mampu tersaring. Namun bila kolam terlalu besar atau banyak kotoran besar misal dedaunan di kolam, cartridge filter jadi harus sering dibersihkan.

2. Ruang

Untuk menyimpan sand filter Anda harus menyiapkan ruang yang tepat, sebab besar mesin filter ini cukup memakan tempat, maka dari itu, pastikan Anda telah menyediakan lokasi yang sesuai pada ukuran filter Anda ketika awal mendesain ruang mesin penyaring.

3. Dari Sisi Anggaran

Dari segi dana, sand filter bisa mencakup kolam renang yang lumayan besar, namun bisa diperoleh dengan harga terjangkau.

4. Ukuran Filter dan Pompa

Untuk menghasilkan penyaringan yang maksimal, memilih mesin filter ini pun harus sesuai ukuran pompa kolam. Terlebih untuk sand filter yang memerlukan kecepatan air dengan tekanan sirkulasi yang pas.

Pompa yang tekanannya kecil akan menyulitkan keberlangsungan penyaringan, tetapi pompa bertekanan besar pun dapat merusak filter. Pemilihan sand filter, seharusnya selalu diselaraskan pada laju air pompa.

5. Hemat chemical

Untuk perawatan ataupun pembersihan sand filter cukup dengan backwashing, karenanya Anda tak perlu menambahkan unsur kimia ke dalam air kolam renang.

Penggunaan mesin filter pun sangat hemat listrik, karena tak ada batasan kecepatan air pada pompa untuk diteruskan ke sand filter.

6. Perawatan Berkala

Untuk perawatan sand filter terutama pasir filter harus rutin di back-washing minimal satu kali dalam seminggu untuk bersihkan kotoran di dalam mesin. Jika penyaringan pasir filter sudah tidak maksimal, pasir ini harus dikuras keluar kemudian ganti pasir khusus dengan yang baru.

Kelebihan Penggunaan Sand Filter

Ada banyak keunggulan dari penggunaan sand filter, jadi Anda tak perlu ragu menggunakan alat ini. Antara lain:

  • Cara perawatan sand filter sangat mudah, pasir pada alat ini sangat mudah perawatannya, Anda hanya perlu melakukan backwash yang tersedia pada mesin dengan menarik tuas filter ke arah sesuai petunjuk penggunaan. Backwash ini bekerja dengan mengembalikan posisi pasir ke posisi semula di atas lalu pindah ke bagian bawah yang terdapat banyak kotoran.
  • Adanya tekanan air yang dikeluarkan pompa kolam renang, sehingga permukaan air kolam yang kotor dapat didorong keluar oleh mesin filter.
  • Untuk keawetan atau daya tahan filter ini tak perlu Anda ragukan. Dengan mengandalkan pasir menjadi media filter akan lebih tahan lama ketimbang tipe media penyaring kolam renang yang lain. Bila penggunaan mesin baik, pasir cukup diganti setelah 5 hingga 8 tahun pemakaian. Tapi penggantian ini tetap tergantung kondisi pasir dan frekuensi pemakaian. Sebelum mengganti pasir tak lupa untuk perhatikan permukaan pasir.
  • Untuk proses perawatan mingguan, jika Anda mendapati permukaan terlihat kotor, Anda cukup melakukan proses backwash.
  • Sand filter mampu hilangkan warna kekeruhan, zat besi, dan mangan. Alat ini pun dapat menghilangkan amonia dan polutan organik, sebab proses penyaringan dilakukan secara biokimia dan fisika.

Kekurangan Sand Filter

Sesuatu hal pastinya ada kelebihan dan juga kekurangan, begitupun dengan sand filter ini. Berikut ulasan kelemahannya

  • Kelemahan pertama alat ini ialah Anda harus melakukan backwashing dengan rutin dan teratur. Agar kondisi pasir dan efisiensi penyaringan air terjaga dengan baik. Bila tidak pasir jadi harus cepat diganti.
  • Mesin sand filter juga membutuhkan tekanan dari pompa kolam renang. Namun tekanan air yang kurang pas bisa mengakibatkan terjadinya hambatan dan penurunan tekanan saat melewati pasir filter.
  • Proses penyaringan bisa menghabiskan waktu lebih lama ketimbang dengan jenis filter air kolam renang lainnya.
  • Apabila air baku memiliki tingkat kekeruhan yang cukup tinggi, beban filter jadi lebih besar, mengakibatkan sering terjadi kebuntuan. Sehingga, waktu pembersihan filter menjadi singkat. 
  • Jika kecepatan penyaringan cenderung rendah, artinya filter butuh ruangan yang cukup luas. 
  • Untuk pencucian pasir filter sendiri dilakukan secara manual, yaitu dengan mengeruk lapisan pasir di bagian atasnya, setelah itu dicuci menggunakan air bersih. Jika sudah bersih pasir dimasukkan kembali ke dalam bak filter seperti semula.

Video Penggantian Sand Filter / Pasir

Dalam video ini kami akan menjelaskan tentang proses penggantian sand filter / pasir untuk sebuah kolam renang klien kami yang berlokasi di Cipayung, Jakarta Timur yang dilakukan secara rutin setiap 5 tahun sekali. Bagaimana saja tahapannya? Saksikan dalam video di bawah ini.

Harga Terbaru

Berikut ini daftar harga terbaru untuk produk sand filter kolam renang

Merek / Model Harga (Rp)
Hayward S-310T2
Sand Filter + VARIFLO 2 HP
24.443.500
Hayward S-360SX 3 HP45.213.500
Hayward S-360T2
+ VARIFLO TOP MOUNT 3 HP
35.371.000
Hayward S-166T
+VARIFLO 3/4 HP
8.959.000
Hayward S-180T
+VARIFLO 3/4 HP
10.431.500
Hayward S-210T
+VARIFLO 1 HP
11.811.000
Hayward S-220T
+VARIFLO 1 HP
13.516.000
Hayward S-244T
+VARIFLO 1,5 HP
14.430.500
Hayward S-170T EXP
SWIMPRO 17′ TOP MOUNT
VALVE 1,5″
6.494.500
Hayward S-230T EXP
SWIMPRO 23′ TOP MOUNT
VALVE 1,5″
9.966.500
Hayward S-310S FILTER24.428.000
Hayward S-270T +VARIFLO14.089.500
Hayward S-190T EXP
SWIMPRO 19″
TOP MOUNT VALVE 1,5″
7.269.500
Hayward S-270T EXP
SWIMPRO 27″ DIA 1,5″
TOP MOUNT VALVE
11.516.500
Hayward S-311T2 EXP
SWIMPRO 31″ DIA 2″
TOP MOUNT VALVE
18.724.000
Hayward VL-210T +VARIFLO5.967.500
Hayward VL-270T +VARIFLO7.920.500
Hayward VL-240T +VARIFLO7.037.000
DAB 88010102 – V4003.998.000
DAB 88010104 – V5004.351.000
DAB 88010105 – V6505,919,000
DAB 88010608 – V700B70.477.000
DAB 88010609 – V80010.908.000
DAB 88010610 – V90012.005.000
EMAUX V350 20KG 1,5″2.750.000
EMAUX V400 35KG 1,5″3.245.000
EMAUX V450 45KG 1,5″3.575.000
EMAUX V500 85KG 1,5″3.850.000
EMAUX V650 145KG 1,5″5.335.000
EMAUX V700B 215KG 2″6.325.000
EMAUX V800 355KG 2″9.515.000
EMAUX V900 470KG 2″10.835.000
EMAUX V1000 620KG 2″14.850.000
EMAUX V1200 860KG 2″24.200.000
EMAUX MFV17 40KG 1,5″3.245.000
EMAUX MFV20 70KG 1,5″3.575.000
EMAUX MFV24 125KG 1,5″4.955.000
EMAUX MFV27 185KG 2″5.995.000
EMAUX MFV31 320KG 2″8.195.000
EMAUX MFV35 430KG 2″10.285.000
PENTAIR SD35 PNR SD 357.207.500
PENTAIR SD40 PNR SD 407.393.500
PENTAIR SD60 PNR SD 609.145.000
last update 18/08/2020

Menjaga kebersihan dan kejernihan air kolam penting adanya. Bagi Anda yang memiliki kolam renang tentunya harus memperhatikan hal in. Dengan sand filter kolam renang berkualitas dapat memenuhi kebutuhan tersebut.