Renovasi Kolam Renang

Kebutuhan renovasi kolam renang tidak bisa dielakkan ketika fungsi kolam renang tidak lagi maksimal. -pools.id

Pernahkah Anda terfikir untuk renovasi kolam renang pribadi di rumah Anda? Kelebihan peremajaan kolam renang pribadi tentunya berkaitan dalam hal kepraktisan dan penyegaran.

Dengan pembaharuan kolam renang ini, memungkinkan Anda untuk meminimalkan hal yang tak perlu seperti perosotan yang terlalu curam dan berbahaya bagi anak-anak sebaiknya disingkirkan, ataupun hal lainnya yang tidak fungsional.

Sehingga tiap sudut ruang kolam renang bisa dimaksimalkan dengan baik. Anda dapat menambahkan barbeque area di sana, atau membuat kolam spa dan masih banyak lagi hal yang bisa dilakukan agar tempat kolam renang Anda lebih fungsional dalam berbagai acara yang Anda buat di rumah.

Jadi tempat tersebut tak membosankan terlebih bila ada anak-anak, dengan membangun tempat bermain air anak dekat kolam renang, pastinya membuat aktivitas renang jadi lebih menyenangkan.

Hal-Hal yang Mesti Diperhatikan atau Disiapkan Saat Renovasi Kolam Renang

Namun ketika Anda akan memperbarui kolam renang perlu memperhatikan beberapa hal pada perencanaannya. Baik itu berupa konstruksi, biaya, hingga estetika patut Anda pahami supaya kolam renang ini nantinya benar-benar bisa berfungsi dengan optimal.

Berikut ini adalah rangkuman tentang hal apa saja yang harus diperhatikan ketika meremajakan kolam renang.

1. Anggaran Biaya

Budget ialah hal utama yang mesti Anda perhatikan ketika ingin renovasi kolam renang. karena yang terpenting pada saat Anda memutuskan memperbarui kolam renang tak hanya berkaitan pada proses pembuatannya saja.

Seberapa besar dana perawatan yang perlu dilakukan secara berkala sehabis renovasi ini apakah sama saja, lebih kecil, atau bahkan lebih besar dari sebelumnya.

Adapun anggaran biaya yang perlu disiapkan di antaranya biaya untuk konstruksi baru pada kolam renang, tukang, sistem penerangan, alat-alat filtrasi dan pemipaan, persediaan soda ash dan kaporit, dan biaya air.

2. Ukuran Kolam Renang

Untuk kolam renang yang tujuan renovasinya memang digunakan untuk berenang, setidaknya ukuran kolam sekitar 3 x 10 meter. Namun apabila tujuan pengubahan kolam renang untuk dijadikan tempat berenang ringan dan berendam, lebih baik ukuran kolam diperkecil. Apalagi bila lahan yang ada di rumah Anda terbatas.

Setelah menyediakan lahan renovasi pada kolam renang, tak lupa pula Anda sediakan clearance area yang mengelilingi kolam renang dengan lebar 50 cm. Ruang sirkulasi di sekeliling maupun satu sisi kolam ini sangat dianjurkan supaya pengguna nyaman bergerak pada area sekitar kolam renang.

3. Konsumsi Listrik

Air yang ada di dalam kolam terus mengalami perputaran, hal ini berguna supaya kolam selalu bersih. Sebab itu, kolam renang butuh pompa untuk mengatur perputaran air tersebut. Dan juga penerangan di malam hari kolam renang memerlukannya.

Bila Anda ingin memperkecil kolam tentu konsumsi listrik pada pompa air, penerangan, dan lainnya jadi berkurang. Akan tetapi jika ingin memperbesar kolam renang, sudah tentu Anda harus sediakan dana yang cukup biaya listrik tiap bulannya. Hal ini sangat perlu dipertimbangkan sebelum memulai proses renovasi kolam renang.

4. Pasokan Air

Keberadaan air merupakan hal mutlak yang mesti ada pada kolam renang. Pengisian air kolam renang bisa berasal dari air sumur ataupun air PAM. Apabila sebelumnya Anda gunakan air PAM namun berat di biaya, Anda bisa mencoba air sumur dengan pompa tenaga surya jadi Anda tak perlu lagi membayar air per bulannya serta hemat listrik.

Selanjutnya lakukan perawatan kolam dengan benar, sehingga konsumsi air untuk kolam dapat dihemat dengan tidak menambahkan / mengganti air kolam terlalu sering. Yakni dengan cara selalu menjaga kadar klorin, menjaga kebersihan air kolam, dan menjaga kadar PH pada kolam renang Anda.

5. Sistem Filtrasi

Ketika Anda merenovasi kolam renang ada 2 sistem filtrasi yang bisa dipilih untuk digunakan pada kolam renang Anda, yaitu sistem integrated pool and filter dan sistem konvensional.

Apabila sebelumnya Anda menggunakan sistem konvensional kemudian kolam tersebut ingin diperkecil, dianjurkan Anda mengaplikasikan sistem integrated pool and filter.

Perlu Anda ketahui sistem konvensional adalah metode pembuatan kolam renang dengan menanam pipa struktur dalam konstruksi pada bagian bawah kolam renang.

Semua pipa ini bertujuan untuk mengalirkan air ke tangki filter, setelah disaring lalu dialirkan kembali ke kolam. Sistem seperti ini lebih banyak dipakai pada kolam renang ukuran besar.

Sementara pada sistem integrated pool and filter ini tidak menggunakan pipa tetapi mengandalkan sistem filtrasi yang menyatu pada struktur kolam renang.

Adapun keuntungan dari sistem ini yaitu pompa dan filter kolam ini berada di tepi atau di dalam kolam renang sehingga sistem ini cocok bagi Anda yang akan merenovasi kolam renang ukuran lebih kecil dari semula.

6. Konstruksi Kolam

Supaya kolam renang Anda awet dan tahan lama, tentunya material konstruksi yang digunakan untuk renovasi kolam renang perlu Anda pertimbangkan dengan matang.

Apabila kolam renang diubah dengan cara mengeruk lahan, maka tanah tersebut memiliki pengaruh besar pada pemilihan material serta struktur yang dipakai nanti sebagai konstruksi kolam renang Anda.

7. Material Pelapis Lantai dan Dinding

Tak hanya struktur, tampak visual estetika pada kolam renang tidak boleh dilupakan. Bahan dinding dan lantai keramik kolam renang sebelumnya bisa Anda ganti dengan yang baru. Kebanyakan orang memakai bahan granit atau keramik.

Jika sebelumnya kolam menggunakan warna gelap, maka pilihlah warna terang supaya kolam terlihat lebih luas dan bersih. Selain itu, perhatikan pula material yang dipilih baiknya mudah dibersihkan.

Adapun hal lainnya yang mesti Anda ketahui dan perhatikan ketika akan meremajakan kolam renang Anda selain yang di atas seperti:

I. Komponen Konstruksi Kolam Renang

Sirkulasi kolam renang tidak pernah bisa berjalan dengan lancar jika komponenya tidak komplit. Perhatikan hal ini sebelum proses renovasi kolam renang dijalankan.

Pada umumnya dalam sistem kerja kolam renang didukung berbagai komponen, antara lain:

1.Pump atau Pompa 

Kegunaan pump pada kolam renang yakni untuk mendorong air kolam ketika sirkulasi. Pompa air ini berperan penting untuk menjaga kebersihan air kolam renang dari pencemaran. Terdapat banyak ukuran dan model mesin pompa kolam renang yang ada di pasaran.

Gunakan jenis pompa yang berkualitas dan tentunya awet. Sebaiknya pakailah barang yang berkualitas, walaupun harga agak mahal Anda tidak akan menggantinya tiap tahun.

2. Penyaring atau Filter

Filter di sini berfungsi sebagai alat penyaringan air kolam. Dalam alat filter ini sendiri terdapat pasir zeolit atau pasir silika yang bertugas untuk menyaring air kotor sehingga air kolam menjadi air bersih kembali.

Dengan begitu, media penyaring ini mempunyai pengaruh besar akan kejernihan air kolam renang sehingga alat ini mesti diperhatikan perawatannya.

3. Vacuum Fitting dan Inlet Fitting

Bila dilihat sekilas vacuum fitting secara fisik hampir serupa dengan inlet, namun vacuum fitting ini berfungsi sebagai saluran untuk meletakkan selang vacuum.

Alat tersebut hanya ditemui di kolam renang yang menggunakan sistem sirkulasi overflow baik itu full ataupun semi. Sedangkan inlet fitting adalah aksesoris pada lubang air outlet di mana fungsi utamanya yakni menyalurkan air bersih dari penyaringan kembali ke dalam kolam renang. Ukuran inlet ada bermacam-macam, dari ukuran setengah inci sampai 1,5 inci.

4. Skimmer Box

Pada bagian konstruksi kolam renang ini hanya dipasang untuk kolam renang yang memakai sistem sirkulasi skimmer. Komponen ini memiliki fungsi sebagai media lubang aliran air hujan, media sirkulasi, dan media peletakan vacuum.

Skimmer box berperan besar pada sistem sirkulasi kolam renang sebab alat ini mampu memisahkan kotoran dalam air dengan baik. Sampah yang cukup besar berupa dahan dan ranting yang masuk ke kolam akan ditampung skimmer box.

5. Lighting atau Lampu Kolam Renang

Saat renovasi kolam renang pencahayaan perlu diperhatikan. Bukan hanya ruangan di dalam rumah saja yang butuh pencahayaan, kolam renang pun memerlukan cahaya. Metode pencahayaan yang dipakai untuk kolam renang harus diatur sedemikian rupa demi keamanan, kenyamanan dan juga nilai estetika pada kolam yang tinggi.

Lampu ini biasanya dipasang pada dinding kolam air. Ada banyak jenis lampu untuk kolam renang, tapi umumnya dipakai saat ini lampu jenis led maupun halogen sebab keduanya cukup terang dan juga awet.

6. Trafo atau Transformator

Untuk menunjang sistem listrik kolam renang terutama trafo mempunyai peran yang cukup esensial atau krusial. Transformator berguna untuk mengubah tegangan listrik dari AC ke DC.

Alat tersebut bertanggung jawab pada aliran listrik yang ada dalam kolam renang. Sebaiknya Anda membeli trafo berkualitas unggul supaya pencahayaan pada kolam renang Anda terjamin aman dan terang. Hal ini perlu dipikirkan sebelum melakukan renovasi kolam renang.

7. Tangga Kolam Renang

Akan lebih baik bila kolam renang di rumah Anda memiliki tangga sebagai aksesoris. Mungkin keberadaannya terlihat sepele tapi kegunaan tangga di kolam renang cukup penting.

Jadi jika Anda kelelahan ketika berenang Anda dapat menuju ke tangga untuk beristirahat. Selain itu, fungsi utama alat ialah untuk membantu Anda naik ke bibir kolam renang, sehingga tangga ini tak boleh diabaikan.

II. Item Perbaikan atau Renovasi Kolam Renang

Sebetulnya ada banyak item kolam renang yang butuh perbaikan seperti pada sistem pemipaan atau plumbing system dan penggantian beberapa material. Di bawah ini adalah sejumlah item yang umum dikerjakan pada renovasi kolam renang saat ini, yaitu:

  • Melakukan waterproofing ulang dan mengganti sistem sirkulasi air kolam.
  • Layanan perbaikan atau perawatan filter dan pompa kolam renang.
  • Menambal atau memperbaiki kebocoran pada dinding kolam.
  • Mengganti lantai dan dinding kolam keramik menjadi bahan mozaik
  • Pada bagian bibir kolam batu alam diganti dengan batu putih.
  • Penggantian nat mozaik yang keropos.
  • Menggunakan jasa untuk kuras air kolam renang dan melakukan treatment awal.

Video Renovasi Kolam Renang yang Miring

Video ini membahas tahap renovasi kebocoran kolam renang. Dalam kasus video ini, tumpahan kolam renang tidak merata. Terjadi pengurangan air yang signifikan. Solusinya dijelaskan dalam video ini.

III. Kapan Sebaiknya Kolam Renang Direnovasi?

Beberapa orang mungkin melakukan renovasi pada kolam renangnya entah ingin mengubah ukuran kolam renangnya, atau bisa jadi adanya kerusakan pada material kolam, sebagian orang akan melakukan tindakan kuratif ketika kolam renangnya rusak yakni dengan memanfaatkan jasa teknisi kolam renang.

Tapi bagi orang yang paham soal kolam renang pastinya memprioritaskan segi preventif. Kebanyakan kolam renang yang direnovasi dikarenakan perawatan kolam yang buruk.

Adapun langkah pencegahan yang dapat Anda lakukan yakni merawat seluruh material kolam renang dengan benar. Selanjutnya Anda dapat memanggil teknisi kolam renang terpercaya dan berkualitas untuk mengatasi masalah yang terjadi atau sekadar perawatan.

Hal terpenting di sini ialah bila Anda merawat kolam renang dengan baik akan berpengaruh pada masa guna kolam renang jadi lebih lama. Adapun jika Anda ingin renovasi kolam renang baiknya Anda siapkan hal-hal yang diperlukan sebelum renovasi seperti yang diulas di atas.

Konsultasikan kepada kami jika Anda bingung dalam renovasi kolam renang. kami adalah perusahaan kontraktor yang melayani jasa renovasi kolam renang.