Pool Brush kolam renang

Pool Brush

Pool brush atau sikat kolam renang merupakan alat bantu yang sangat diperlukan untuk membersihkan kolam renang. – Pools.id

Mempunyai kolam renang sendiri di rumah, pastinya menyenangkan. Dengan demikian Anda dapat berolahraga atau setidaknya bermain air bersama keluarga secara privasi dan leluasa.

Namun demikian, sistem perawatan kolam renang pun juga harus diperhatikan, agar penampilan kolam renang, senantiasa bersih, dan dapat digunakan setiap waktu.

Apalagi kolam renang yang diletakkan di luar, sangat riskan terkena berbagai macam kotoran, debu, daun kering dan yang lainnya. Itu sebabnya standar perlengkapan kebersihan harus Anda miliki secara lengkap. Salah satunya adalah pool brush kolam renang.  

Pengertian pool brush 

Menjaga kebersihan kolam renang, tentunya akan membantu menjaga kesehatan siapa saja yang akan masuk dan bermain di dalam kolam renang itu sendiri.

Oleh karena itu menjaga kebersihan kolam renang jadi salah satu faktor yang sangat penting. Salah satu standar kebersihan yang dapat Anda gunakan secara rutin adalah dengan menggunakan pool brush

Sebenarnya apa itu pool brush, dan bagaimana bentuk alat tersebut !

Seperti namanya, pool brush sendiri adalah sikap yang dapat digunakan di kolam renang. Tidak lain adalah sifat khusus yang digunakan untuk membersihkan kotoran yang ada di dalam lantai kolam renang.

Biasanya alat tersebut digunakan untuk mengatasi lumut, yang sering menempel di dinding dan lantai kolam renang. 

Di pasaran sendiri, pool brush kolam renang cukup beragam, tapi standarnya terdiri atas sikat dan gagang panjang. Desain sikat yang ditawarkan oleh masing-masing produk berbeda-beda, pastinya memanjang, namun pada bagian ujungnya, ada yang bentuknya rata, ada juga yang bagian ujungnya melengkung.  

Untuk gagangnya sendiri tersedia dalam beberapa macam jenis bahan, ada yang terbuat dari bahan plastik, dan ada yang terbuat dari bahan metal.

Ukuran panjang dari gagang pool brush ini sendiri juga sangat beragam, ada yang ukurannya 10 inch, 14 inch, dan ada juga yang ukurannya 18 inch

Fungsi dari jenis-jenis pool brush 

Dengan beragamnya pool brush kolam renang yang ada di pasaran, membuat masing-masing alat dapat digunakan untuk sistem pembersihan yang berbeda beda. Misalnya saja :

1. Pool brush wall brush

Bahan sikat biasanya terbuat dari silikon. Ukuran beragam, ada yang ukurannya kecil dan ada juga yang ukurannya besar. Bentuk kepala sikat, memanjang, dengan posisi lurus, membentuk persegi panjang, namun ada juga yang melengkung di bagian ujung.

Seperti namanya, maka alat yang satu ini, akan digunakan untuk membersihkan bagian-bagian dinding kolam renang. Terutama untuk membersihkan berbagai macam kotoran ringan, seperti debu, atau kotoran lainnya, yang sifatnya mudah untuk dibersihkan.

Selain dapat digunakan untuk membersihkan bagian dinding kolam, alat ini juga dapat digunakan untuk membersihkan bagian lantai kolam.  

Khusus ketika Anda menggunakan sikat dengan bentuk melengkung pada bagian ujung, akan memudahkan Anda dalam membersihkan bagian ujung atau siku kolam. Mengingat ini adalah salah satu bagian yang cukup sulit untuk dibersihkan.  

2. Vacuum head brush

Seperti namanya, maka di dalamnya terdapat sikat dan juga alat vacuum. Adapun jenis bahan sikat yang digunakan masih sama, yaitu silikon atau juga bahan plastik. 

Bagian sikat berfungsi untuk mengikat dan mengangkat berbagai macam kotoran yang ada di dinding atau di lantai kolam renang. Sementara bagian vacuum berfungsi untuk menghisap berbagai macam kotoran atau endapan kotoran yang berhasil diangkat oleh sikat sebelumnya.

Alat yang satu ini dapat Anda gunakan di bagian lantai atau juga di bagian dinding. Bentuk alat ini cukup beragam, ada yang berbentuk segitiga, oval atau ada juga yang bentuknya persegi empat. 
Ketika Anda membeli alat yang satu ini, pastikan alat mampu bekerja dengan baik, terutama pada bagian vacuum

3. Vacuum head kolam renang 8 roda

Seperti namanya, alat ini menggunakan 8 buah roda di beberapa bagian. Adanya roda seperti ini, akan mempermudah Anda dalam mengendalikan alat ketika berada di dalam kolam renang. Anda cukup dengan menekankannya ke lantai atau ke dinding kolam, maka alat akan bekerja dengan baik.

Sama seperti sebelumnya, bagian sikat yang digunakan masih menggunakan bahan silikon atau plastik. Beberapa diantaranya ada yang menggunakan alat vacum dan ada juga yang tidak. 

Alat yang satu ini, biasanya digunakan sebagai sikat samping yang berguna untuk menyikat bagian samping atau dinding kolam renang.  Bentuk umumnya segiempat atau ada juga yang bentuknya oval. 

4. Sikat lumut

Seperti namanya, alat yang satu ini berfungsi untuk mengatasi lumut, flek atau kotoran lainnya yang sulit untuk dibersihkan oleh sikat biasanya, atau sudah berkerak. Tidak seperti bahan sikat biasanya, alat sikat yang satu ini terbuat dari bahan baja / sikat baja.

Menggunakan sikat baja, alasannya, untuk mempercepat pengangkatan lumut / flek yang menempel di dinding atau lantai kolam. Bentuk dari sikat ini tidak jauh berbeda dengan pool brush wall brush, cenderung pipih, dengan posisi seperti persegi panjang. Untuk ukuran sikat ini dipasaran cukup beragam. 

Sikat-sikat tersebut, tentunya akan dibantu dengan pegangan atau tongkat atau sering juga disebut dengan telescopic handle. Dengan adanya alat ini kegiatan membersihkan kolam renang jadi semakin mudah dan juga praktis. 

Kegunaan pool brush 

Seperti yang dibahas di atas, fungsi utama dari pool brush kolam renang adalah untuk membersihkan kolam renang. Dengan digunakannya alat-alat tersebut, tentunya akan memberikan beberapa manfaat / kegunaan bagi Anda. berikut adalah beberapa kegunaan atau manfaat yang dimaksud, antara lain :

1. Dapat membersihkan kolam renang dengan mudah 

Dengan adanya alat-alat yang disebutkan di atas, maka kegiatan membersihkan kolam renang jadi terlihat lebih praktis, dan mudah. Anda tidak perlu menguras kolam renang terlalu sering, atau bahkan menyelam atau turun ke dalam kolam renang, untuk membersihkan beberapa bagian kolam itu sendiri.

Cukup berdiri di bagian tepi kolam, dan menggerakkan alat ke lokasi yang ingin dibersihkan.

Apalagi saat ini panjang gagang yang dijual di pasaran juga berbeda. Kali ini Anda dapat memilih salah satu ukuran panjang yang sebelumnya disesuaikan dengan ukuran kolam renang yang ada.

Anda dapat memilih gagang dengan ukuran standar, atau jagang dengan ukuran lebih panjang, terutama Anda yang mempunyai ukuran kolam lebih besar. 

2. Mudah memilih sikat berdasarkan fungsinya

Seperti yang dijelaskan selintas di atas, saat ini ada berbagai macam sikat yang dijual di pasaran. Dengan demikian, Anda dapat memilih salah satu atau beberapa jenis sikat, yang disesuaikan dengan kebutuhan akan kolam renang yang dimiliki. 

Dengan menggunakan alat pembersih yang tepat, membuat Anda dapat secara leluasa membersihkan bagian-bagian kolam dari tepi kolam renang hingga bersih.

Misalnya Anda ingin membersihkan bagian dinding, maka Anda dapat menggunakan pool brush wall brush, demikian pula untuk bagian lantai. Gosok secara perlahan, agar berbagai macam kotoran yang menempel dapat terangkat dengan baik.

3. Dapat membersihkan flek dan kerak dengan baik

Ada juga alat pembersih atau sikat yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan plak atau kerak membandel yang ada di dinding atau lantai kolam renang.

Anda dapat memilih alat yang tepat, untuk membersihkan flek-flek yang mengeras, baik di bagian dinding atau juga lantai kolam renang. Lumut-lumut yang menempel, dapat diatasi dengan baik.

Cara menggunakannya adalah dengan menggosok bagian yang terdapat flek atau lumut tersebut, dengan sedikit dorongan.

4. Dapat membersihkan kolam renang sendiri    

Dengan dimilikinya alat-alat, dan dengan mengertinya fungsi dari alat-alat yang dimaksud, membuat Anda dapat membersihkan kolam renang tersebut sendiri.

Jadi Anda tidak perlu terlalu mengandalkan layanan pembersihkan kolam, sedikit banyak, kegiatan seperti ini akan lebih menghemat budget

5. Mampu membersihkan dan menyaring air 

Khusus untuk sikat yang dilengkapi dengan vacuum, membuat berbagai macam kotoran yang berhasil dibersihkan, nantinya tersedot ke dalam alat.

Hasilnya berbagai macam kotoran akan terangkat dan langsung terserap secara bersamaan, dan kolam renang akan bersih dalam waktu yang tidak terlalu lama. Mengingat alat tersebut juga dilengkapi dengan sistem purifikasi atau sistem filter air. 

6. Membersihkan kolam renang bersama keluarga 

Kegiatan membersihkan kolam renang dengan menggunakan pull brush seperti ini juga dapat menjadi salah satu kegiatan rutin keluarga, dengan melibatkan anak-anak.

Anak-anak (terutama yang sudah besar, atau menginjak remaja) diminta untuk membersihkan kolam, dengan menggunakan pool brush, walaupun dinilai sedikit sulit, pastinya ini akan jadi kegiatan yang menyenangkan.

Atau sebaliknya anak-anak dapat menggunakan leaf skimmer, untuk membersihkan daun atau kotoran lainnya di atas permukaan kolam. Sedang Anda menggunakan pool brush. Pastikan anak Anda sudah bisa berenang, atau setidaknya mampu mengambang di air dengan baik. 

Tips memilih pool brush secara tepat 

Walaupun dinilai selintas, alat bernama pool brush kolam renang ini terlihat sederhana, namun mempunyai peran yang sangat penting, untuk membersihkan kolam renang, yang dimiliki.

Agar sistem pembersihan yang akan dilakukan maksimal, sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut ini :

# Ukuran kolam renang 

Perhatikan ukuran kolam renang yang Anda miliki saat ini, apakah terbilang besar, kecil hingga besar. Selain itu perhatikan juga ukuran bentuk dari kolam renang itu sendiri. Hal ini berguna untuk memilih desain sikat dan juga ukuran panjang gagang sikat itu sendiri. 

# Desain sikat

Perhatikan juga desain sikat yang akan dipilih. Sebaiknya pilih yang sesuai dengan fungsi dari kolam renang itu sendiri. Untuk kolam renang baru, maka sikat biasa, dapat Anda gunakan, misalnya pool brush wall, atau juga vacuum brush, dan yang lainnya.

Lain halnya jika kolam renang yang dimiliki sudah cukup lama, biasanya ada lumut dan kerak di dalamnya, sebaiknya pilih sikat kawat, untuk mempermudah Anda ketika membersihkannya. 

# Budget

Perhatikan juga berapa budget yang Anda miliki saat ini, dan berapa kisaran harga sikat yang ada di pasaran. Pilih sikat yang sesuai dengan fungsi dan budget yang Anda miliki.

Untuk mengetahui kisaran harga seperti ini, tentunya tidak sulit, Anda dapat mencari informasinya secara online, atau berkonsultasi dengan penyedia jasa pembuatan kolam renang.  

Harga pool brush terbaru

Sebagai perusahaan kontraktor kolam renang, kami juga menyediakan dan menjual berbagai jenis sikat kolam renang. Untuk melengkapi informasi kami, berikut di bawah ini kami lampirkan daftar harga terbaru dari produk tersebut.

Merek/ModelHarga (Rp)
Hayward IM CWB 002
18″ Deluxe Metal
496.000
Hayward IM CWB 001
18″ Standard Curved Wall Brush
341.000
Hayward IM ABR 005
Algae Brush Metal s/s
635.500
EMAUX CE201
18″ Plastic Brush
245.300
EMAUX CE202
9″ Plastic Brush
148.500
EMAUX CE203
14″ Plastic Brush
192.500
EMAUX CE204 9″ Stainless Stell
SS316 Algae Brush
192.500
EMAUX CE205 14″ Stainless Stell
SS316 Algae Brush
258.500
EMAUX CE206 18″ Stainless Stell
SS316 Algae Brush
313.500
PENTAIR RA111606
Algae Brush Plastic 410
449.500
PENTAIR RA111616
Algae Brush Metal 604
589.000
PENTAIR RA111316
902 (Metal)
558.000
PENTAIR RA111366
912 (Palstic)
387.500
Last update 19/08/2020

Dengan mengerti akan fungsi, dari pool brush kolam renang dan juga tips memilih alat secara tepat. Tentunya Anda tidak akan kebingungan lagi dalam memilih dan membeli alat yang dinilai tepat, sesuai kebutuhan.