Perawatan Kolam Renang

Target merawat kolam renang selain kebersihan lingkungan, juga untuk mengontrol kondisi air agar tetap jernih dan sehat. Melakukan perawatan kolam renang wajib hukumnya jika Anda menginginkan kondisi kolam renang Anda tetap bisa beroperasi dengan baik.

Memiliki kolam renang pribadi tentu sangat menyenangkan. Anda tidak perlu membiarkan anak-anak Anda keluar rumah untuk datang pada kolam renang umum dan berenang di rumah, bersama anggota keluarga yang lain. Kolam renang pribadi juga bisa menjadi tempat kumpul-kumpul ketika Anda menggelar acara dengan tema outdoor.

Namun, sebanding dengan manfaat dari kolam renang tersebut, Anda juga harus rutin melakukan perawatan supaya kolam renang Anda tetap bersih dan indah. Simak pembahasan mengenai perawatan kolam renang berikut ini.

Siapa yang bisa melakukan perawatan kolam renang?

Anda bisa memperkerjakan orang lain untuk membantu membersihkan kolam renang ataupun melakukannya sendiri. Perawatan teratur akan menjaga supaya kolam renang tetap bersih dan juga terjamin kualitas dan pH airnya.

Kegiatan perawatan kolam renang bisa dilakukan siapa saja. Bagi Anda yang memiliki waktu luang untuk membersihkan kolam pun dapat melakukannya dengan mudah. Namun, jika Anda khawatir akan kesibukan Anda, maka solusi terbaik adalah memperkerjakan orang lain untuk merawat kolam renang Anda. Hal ini dilakukan supaya kebersihan kolam renang dapat terjaga dan perawatannya dapat dilakukan secara rutin.

Jasa penyedia pembersih kolam renang pun akan mudah Anda jumpai di mana saja. Ini jika Anda menginginkan tenaga profesional untuk merawat kolam renang Anda. mungkin Anda ataupun pekerja biasa kurang begitu paham mengenai langkah-langkah, peralatan ataupun bahan-bahan pembersih kolam renang yang digunakan. Maka, tenaga pembersih kolam renang profesional akan menyelesaikan urusan perihal perawatan kolam renang tersebut.

Fungsi merawat kolam renang

Kolam renang perlu dirawat dengan baik. Mengapa demikian? Simak fungsi dari merawat kolam renang berikut ini.

1. Menjaga kesehatan

Renang merupakan salah satu olahraga yang tujuannya adalah menjaga kesehatan tubuh. Namun, apa jadinya ketika Anda selesai berenang, kulit Anda menjadi bermasalah? Gatal-gatal berkepanjangan misalnya. Kolam renang yang kotor adalah sumber segala penyakit dan sarang nyamuk yang mana dapat mengganggu kesehatan manusia.

2. Dapat digunakan dalam jangka waktu panjang

Jika kolam Anda dibersihkan secara rutin, misalnya penggantian air, pembersihan filter, tangki dan gutter (saluran air), serta dinding kolam renang, maka Anda dapat menikmati kolam renang tersebut dalam jangka waktu yang panjang. Kolam renang yang jarang dibersihkan akan menyebabkan kotoran menumpuk yang membuat filter dan mesin pompa menjadi cepat rusak. Anda jadi perlu mengganti komponen-komponen yang rusak tersebut lebih cepat.

3. Supaya terlihat indah

Ketika Anda menjumpai kolam renang yang warnanya kehijauan, apakah Anda tertarik untuk berenang di dalamnya? Tentu tidak. Kolam renang dengan air keruh akan memperburuk suasana rumah. Ini juga akan menandakan bahwa si pemilik rumah tidak terlalu telaten dalam mengorganisir tiap bagian yang ada di rumah mereka. Jika kolam renang ini terdapat pada rumah yang hendak Anda jual, maka kolam renang yang bersih tersebut dapat menjadi daya tarik klien supaya melakukan deal dengan rumah yang Anda tawarkan tersebut.

Perawatan kolam renang

Begini cara melakukan perawatan kolam renang yang patut Anda tiru. Dengan melakukan perawatan kontinu, lingkungan kolam renang Anda akan senantiasa bersih. Kondisi dan kualitas air juga akan jenid, bening dan sehat untuk berenang.

1. Membersihkan kolam renang dari kotoran

Membersihkan kolam renang dapat dilakukan dengan berbagai cara. Anda dapat membersihkan menggunakan alat-alat manual hingga menggunakan bahan-bahan kimia untuk air kolam renang.

#Serok kotoran yang mengapung

Kolam renang terkadang memiliki sampah yang mengambang pada permukaannya. Misalnya daun-daun kering, rambut, atau bahkan plastik. Siapkan peralatan pembersih kolam renang yang mana dekat lokasinya dengan kolam renang, sehingga Anda bisa membersihkannya sewaktu-waktu bilamana melihat kotoran pada permukaan kolam renang. 

Serok kotoran yang mengapung pada permukaan kolam menggunakan jaring (leaf skimmer) dengan tiang yang panjang (telescopic handle), sehingga Anda dapat membersihkan kotoran meskipun kotoran tersebut berada di tengah-tengah kolam. 

#Sikat dinding kolam renang

Selanjutnya, siapkan juga sikat atau pool brush untuk membersihkan dinding-dinding kolam renang. Anda bisa membersihkan area sekitar kolam renang seperti tangga, dinding kolam renang, dan sebagainya yang mana terbuat dari keramik sehingga mudah dibersihkan dengan sikat. Ketika sudah selesai menyikat, Anda perlu membilas supaya kotoran dan debu tersebut terbawa.

Guna pembersihan dinding kolam renang dengan sikat adalah supaya tidak ada lumut yang menempel pada dinding kolam. Anda pernah merasa bahwa dinding kolam renang terasa licin? Itu tanda-tanda awal akan ada pertumbuhan lumut pada dinding tersebut. 

#Sedot kotoran pada dasar kolam

Siapkan juga vacuum (alat penyedot) untuk membersihkan kolam. Fungsi dari vacuum ini adalah untuk menyedot kotoran-kotoran yang telah mengendap pada dasar kolam renang, dimana kotoran tersebut ukurannya sangat kecil sehingga tidak memungkinkan bagi Anda untuk menyeroknya dengan jaring. 

Ketika melakukan pembersihan, pastikan dilakukan secara menyeluruh, yaitu membersihkan hingga benar-benar bersih. Bersihkan kolam renang tersebut secara rutin, misalnya satu atau dua minggu sekali untuk hasil yang maksimal dan kolam renang Anda bisa awet dalam jangka waktu panjang. 

2. Mengatur pH air kolam

Selanjutnya, Anda perlu mengecek pH air, hal ini dimaksudkan supaya air kolam dapat tetap bersih dan tidak terdapat bakteri maupun algae yang dapat mengotori air kolam. Pengujian pH dapat dilakukan sekitar 3 kali seminggu dan memastikan bahwa kolam Anda dapat digunakan untuk berenang. PH yang terlalu asam akan membuat banyak mikroba pada air yang menyebabkannya menjadi keruh. 

Bagaimana melakukan pengujian pH?

Anda bisa membeli alat penguji pH pada toko kimia. Mintalah rekomendasi dari penjual jika Anda membeli pada toko kimia secara langsung. Jika Anda membeli online, maka Anda perlu rajin-rajin membaca spesifikasi dan review dari pembeli. Setelahnya, Anda dapat menggunakan alat tersebut untuk mengecek air kolam renang. PH normal kolam renang berkisar antara 7,2 sampai 7,8. 

Kolam renang memiliki filter yang berfungsi untuk menyaring kotoran pada air kolam renang Anda. Biasanya, pada bagian ini akan terjadi penumpukan kotoran. Untuk menjaga supaya filter kembali dapat digunakan dan tidak terjadi penumpukan kotoran, maka Anda perlu rutin membersihkan filter tersebut. Filter yang tersumbat akan menyebabkan air kolam menjadi kotor. Anda juga jadi sering mengganti sand filter bilamana filter tersebut rusak akibat penyumbatan terus-menerus. 

3. Menggunakan kimia air

Selain dengan cara-cara fisik, Anda juga dapat menggunakan bahan kimia untuk merawat kolam renang Anda.

Apa tujuan penggunaan kimia air?

Mengapa kolam renang harus menggunakan zat-zat kimia dalam proses perawatannya? Berikut adalah beberapa fungsi kimia air yang bisa Anda ketahui.

Ada kalanya kotoran air berupa partikel-partikel kecil yang tidak dapat dibuang hanya menggunakan vacuum ataupun jaring penyerok, seperti minyak, debu, dan bakteri penyebab lumut dan ganggang.
Jika ini terjadi, maka Anda butuh kimia air.

Apa saja jenis kimia air yang harus Anda ketahui?

#Pengatur pH air

Pengatur pH air tujuannya adalah supaya menjaga air kolam renang memiliki pH yang stabil, yaitu 7,2-7,8.

#Alkalinitas

Jika Anda memiliki masalah dengan air kolam yang memiliki pH terlalu rendah (asam), maka Anda butuh alkalinitas. Alkalinitas akan bekerja untuk menaikkan pH air menjadi kembali normal pada takaran penggunaan tertentu. Secara umum, peningkatan basa air dapat dilakukan dengan penambahan baking soda.

#Penjernih air

Mengisi kolam renang Anda dengan air bersih adalah keharusan. Ini dimaksudkan supaya orang yang berenang pada kolam renang tersebut tidak mengalami penyakit kulit, seperti gatal-gatal setelah berenang di dalamnya. Untuk menjaga supaya air tetap bersih, Anda bisa menggunakan kimia pembersih air seperti klorin. Anda bisa membelinya di toko kimia.

Beberapa bahan kimia yang bisa Anda gunakan pada kolam renang Anda di antaranya adalah sebagai berikut.

a.Klorin

Klorin tersedia dalam berbagai bentuk, namun yang paling sering digunakan untuk kolam renang adalah bentuk tablet dan serbuk. Klorin bekerja dengan larut perlahan-lahan dalam air. Guna klorin adalah membunuh bakteri dan kuman penyebab penyakit pada air. Namun, jangan lupa untuk menggunakannya sesuai dosis yang dianjurkan, supaya Anda akan terhindar dari efek samping bahaya klorin, seperti keracunan. Kita tahu bahwa ketika berenang, air kolam bisa tanpa sengaja terminum.

b.Trussi

Anda bisa menggunakan trussi untuk mencegah berkembangnya bakteri pada air kolam renang dan juga alga. Tujuan dari penggunaan trussi adalah supaya air bisa tampak lebih jernih kebiruan. Penampakan air kolam renang yang berwarna kebiruan ini akan mengingatkan kita pada warna air laut yang indah. Sebelum digunakan pada air kolam renang, trussi sebaiknya dilarutkan terlebih dahulu.

c.PAC (Poly Aluminium Chloride)

PAC memiliki bentuk serbuk. Cara kerja PAC adalah dengan mengikat kotoran yang berada dalam air kemudian kotoran tersebut nantinya akan diendapkan pada bagian dasar kolam renang.

d.Tawas

Anda bisa menggunakan tawas yang tujuannya adalah untuk menjernihkan air kolam renang. Tawas dapat digunakan untuk memaksimalkan kerja PAC. Jika digunakan, maka pengendapan kotoran akan lebih cepat terjadi. Ketika selesai, Anda bisa menggunakan vacuum dengan segera.

e.Soda as

Anda bisa menggunakan soda as pada kolam renang untuk merawat kolam renang. Biasanya soda as tersedia di pasaran dengan bentuk serbuk. Anda bisa langsung menaburkannya pada kolam renang atau melarutkannya dalam air terlebih dahulu. 

Tujuan penggunaan soda as adalah untuk membersihkan dinding kolam renang yang biasanya mulai terasa licin, akibat adanya tanda-tanda mikroba penyebab lumut pada dinding kolam renang. Kotoran-kotoran tersebut kemudian akan mengendap pada dasar kolam, yang mana perlu dilakukan penyedotan dengan vacuum.

4. Mengatur sirkulasi

Kunci berenang yang aman dan nyaman adalah dengan adanya sirkulasi kolam renang yang tepat. Ketika sirkulasi baik dan lancar, maka Anda akan terhindar dari masalah seperti keruhnya air kolam atau bakteri dan timbulnya lumut. 

Anda dapat melakukan sirkulasi dengan menghidupkan pompa dan filter air secara rutin, minimal hidupkan pompa sekitar 6-10 jam per harinya (tergantung luas kokam dan kapasitas pompa), Sehingga kolam akan senantiasa bersih.

Proses sirkulasi dilakukan dengan menyedot air yang telah digunakan pada tangki air. Kemudian, air tersebut diberi perlakuan terlebih dahulu seperti penyaringan dan penambahan bahan-bahan kimia sebelum air yang telah bersih tersebut dikembalikan lagi ke dalam bak kolam renang.

Setelah Anda mengetahui cara-cara perawatan kolam renang, Anda kemudian sudah bisa tenang dan menggunakan kembali kolam renang Anda untuk bersantai bersama keluarga. Bagaimanapun yang namanya proses perawatan tidak pernah jauh-jauh dari kesabaran dan sifat telaten, sehingga hasilnya akan sesuai dengan yang Anda harapkan. Anda bisa berenang dengan nyaman pada kolam renang Anda tanpa perlu khawatir masalah kesehatan. Silahkan diskusikan dengan konsultan jasa perawatan kolam renang jika ada yang belum jelas.

Leave a Reply