Leaf Skimmer Kolam Renang

Leaf Skimmer

Leaf skimmer kolam renang sangat dibutuhkan. Alat ini sangat membantu dalam melakukan perawatan kebersihan air kolam renang.

Apakah Anda memiliki kolam renang di rumah? Kalau iya, tentu Anda harus selalu memastikan kondisi kolam renang Anda, terutama dari aspek kebersihannya, kan? Pasalnya, kolam renang selalu punya risiko kotor yang disebabkan oleh berbagai benda.

Apalagi jika kolam renang Anda ada di luar rumah seperti di halaman belakang, di mana kotoran seperti daun-daun kering pasti dengan mudah mengumpul di atas permukaan air.

Apapun jenis kotoran di kolam renang Anda, semua kotoran tersebut cepat atau lambat akan tenggelam dan mengotori dasar kolam. Kalau sudah seperti ini, mau tak mau Anda harus membersihkan kolam renang dengan cara lebih ekstra. Bahkan bisa jadi ada kebutuhan untuk mengurasnya.

Meski begitu, sebenarnya Anda bisa selalu menjaga kebersihan kolam dengan meminimalkan jumlah kotoran yang mengambang hingga berkumpul di dasar kolam, lho!

Dengan demikian, Anda juga jadi tak perlu harus sering-sering bekerja ekstra apalagi menguras kolam yang pasti menyita waktu dan tenaga, kan? Caranya juga mudah, kok. Yaitu dengan menyingkirkan segala kotoran sejak masih mengambang di atas permukaan air kolam setiap hari.

Lalu, bagaimana ya caranya membersihkan kotoran seperti daun-daun kering di atas permukaan air kolam, bahkan tanpa harus basah-basahan karena menceburkan diri di dalam kolam?

Tenang saja, karena solusinya sangat mudah dan praktis, lho! Apalagi Anda bahkan bisa melakukannya dari tepi kolam tanpa harus khawatir basah. Soalnya, Anda bisa gunakan leaf skimmer untuk kolam renang.

Bagi Anda yang belum mengenal apa itu leaf skimmer, ulasan berikut ini akan membahas secara mendetail tentang alat sederhana dengan manfaat luar biasa yang satu ini.

Di samping itu, Anda juga bisa temukan pembahasan tentang mengapa leaf skimmer merupakan alat yang sangat dibutuhkan oleh kolam renang Anda, hingga tips-tips penting memilih leaf skimmer yang tepat di pasaran.

Tanpa buang lebih banyak waktu lagi, yuk simak ulasannya berikut ini! Selamat membaca!

Apa Itu Leaf Skimmer?

Leaf skimmer merupakan sebuah alat sederhana yang dibuat dan didesain secara khusus untuk membantu Anda menyingkirkan kotoran, sampah, sampai alga dari kolam renang sebelum segala benda asing tersebut tenggelam dan “menetap” di dasar kolam.

Hasilnya, kolam renang Anda pun jadi lebih mudah dibersihkan.

Alat yang satu ini sekilas bisa mengingatkan Anda pada saringan atau alat penyaring. Sebab, secara garis besar, leaf skimmer terdiri atas jaring dengan ukuran jarak atau sela antar benang jaring yang sangat tipis. Tujuannya tentu agar bisa menyaring lebih banyak kotoran dari kolam.

Di samping jaring, leaf skimmer juga memiliki gagang (telescopic pole) yang ukurannya sangat panjang. Tujuannya tentu agar jaring dapat menjangkau tengah kolam dengan mudah meskipun Anda berada di pinggir kolam. Karena itulah Anda tidak perlu masuk ke dalam kolam untuk menggunakan alat leaf skimmer ini.

Dari segi material, tentu saja leaf skimmer terbuat dari bahan yang anti karat, mengingat bahwa alat ini pasti sering bersentuhan dengan air. Biasanya, jaring pada leaf skimmer terbuat dari logam yang secara khusus didesain sehalus dan sefleksibel mungkin, agar jaring mampu membersihkan kolam renang secara maksimal dengan menangkap benda-benda berukuran kecil, seperti partikel debu dan serangga kecil sekalipun. Di samping itu, kerangka jaring juga terbuat dari bahan yang anti karat serta kuat, seperti alumunium berlapis polymer.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, leaf skimmer terdiri atas 2 (dua) bagian, yaitu jaring dan gagang. Nah, biasanya ketika Anda membeli leaf skimmer, Anda bisa temukan keduanya dalam satu set langsung.

Meski demikian, Anda sebenarnya juga bisa membeli hanya jaringnya saja. Sebab, biasanya bagian jaring dari leaf skimmer dilengkapi dengan bagian pengait atau attachment agar jaring dapat digunakan dengan gagang panjang yang sudah Anda miliki.

Dengan mempertimbangkan faktor kebutuhan dan penggunaan leaf skimmer untuk membersihkan kolam renang, alat ini pun didesain agar seringan mungkin tanpa mengabaikan kualitas, ketahanan, dan sifat anti karatnya.

Oleh karenanya, alumunium paling sering digunakan sebagai material untuk kerangka leaf skimmer maupun gagangnya karena sifatnya yang memang ringan, tahan karat, dan tahan lama.

Sebagai tambahan informasi, leaf skimmer bukanlah satu-satunya jenis skimmer yang dapat digunakan untuk kolam renang. Pasalnya, masih ada berbagai jenis skimmer kolam renang alias swimming pool skimmer lainnya seperti manual skimmer yang serupa seperti leaf skimmer, skimmer otomatis yang terhubung ke sistem penyaring kolam, hingga robotic skimmer yang beroperasi dengan tenaga dari sinar matahari maupun baterai, serta merupakan jenis skimmer kolam renang yang paling mahal.

Mengapa Perlu Menggunakan Leaf Skimmer ?

Pada tahap ini, Anda barangkali sudah bisa menyimpulkan beberapa alasan utama mengapa leaf skimmer perlu Anda gunakan demi merawat kolam renang Anda. Pasalnya, leaf skimmer memiliki fungsi dan kegunaan sebagai berikut:

  • Membersihkan kolam renang dari berbagai jenis kotoran dan benda asing seperti daun-daun kering, serangga kecil, alga, hingga kotoran berukuran kecil lainnya.
  • Membantu menjaga kebersihan saluran air kolam renang.
  • Membantu memperpanjang umur sistem penyaringan air kolam renang karena saluran air kolam yang lebih bersih.
  • Menghemat biaya, terutama biaya yang berkaitan dengan perbaikan dan penggantian komponen-komponen lain yang menunjang kolam renang, seperti sistem penyaringan, saluran air, dan sebagainya.

Panduan Membersihkan Kolam

Idealnya, leaf skimmer bukanlah satu-satunya solusi yang Anda gunakan dan andalkan untuk menjaga kebersihan kolam renang di rumah. Karena seperti yang sudah disinggung sebelumnya, leaf skimmer berfungsi untuk membersihkan kotoran dari permukaan kolam renang sebelum kotoran-kotoran tersebut tenggelam dan mengendap di dasar kolam.

Dengan demikian, untuk menjaga kebersihan kolam renang Anda secara keseluruhan, ada beberapa langkah yang perlu Anda terapkan. Berikut rangkuman panduannya.

1. Bersihkan daun-daun dan kotoran yang mengambang di permukaan kolam menggunakan leaf skimmer. Penggunaan gagang telescopic pole di sini akan sangat membantu Anda menjangkau bagian tengah kolam dari sisi manapun dengan lebih mudah tanpa harus masuk ke dalam kolam.

Dengan begitu, penggunaan leaf skimmer sebenarnya bisa dilakukan setiap hari untuk hasil maksimal dan meminimalisir frekuensi menguras kolam.

2. Kuras atau gosok dinding kolam renang dengan sikat kolam. Anda juga bisa gunakan gagang telescopic role dengan sikat kolam yang dilengkapi attachment untuk kemudahan dalam menggosok. Pastikan bahwa Anda menyikat ke arah saluran air utama agar kotoran dari dinding kolam langsung terbuang.

3. Gunakan pool vacuum untuk tahap berikutnya, yaitu dengan memasukkannya ke dalam kolam dan pastikan pool vacuum menjangkau seluruh permukaan dasar kolam. Apabila ada sudut-sudut yang tidak bisa dijangkau dengan vacuum, gunakan sikat kolam untuk membersihkan kotorannya.

4.  Matikan pompa air kolam renang agar Anda bisa membersihkan skimmer yang terpasang di kolam. Pastikan bahwa Anda mengikuti petunjuk membersihkan pool skimmer yang sudah disediakan oleh produsen ketika Anda membeli pool skimmer tersebut.

Cara membersihkannya juga bergantung pada apa jenis pool skimmer yang Anda gunakan. Kalau sudah, nyalakan kembali pompa air kolam renang.

5. Apabila ada jenis kotoran yang tidak bisa disaring dari air kolam, seperti air hujan dan sunscreen, Anda bisa manfaatkan klorin untuk membersihkan kolam lebih lanjut. Pastikan Anda gunakan ember kecil untuk membuat campuran klorinnya dulu, baru kemudian dituang ke kolam.

Pastikan bahwa Anda menunggu dulu sebelum berenang di dalam kolam renang untuk menghindari efek samping penggunaan klorin. Biasanya, Anda perlu menunggu minimal 12 jam terlebih dahulu.

Selain klorin, Anda pun bisa temukan produk lain bebas klorin – untuk jenis yang satu ini, Anda biasanya hanya perlu menunggu selama minimal 1 jam setelah cairan dituangkan sampai akhirnya Anda sudah bisa berenang di kolam.

Tips Memilih Leaf Skimmer Kolam Renang

Nah, sekarang Anda sudah tahu dan paham mengapa leaf skimmer adalah alat penting yang Anda butuhkan untuk kolam renang Anda, kan? Kalau begitu, bagaimana ya caranya memilih leaf skimmer yang tepat, berkualitas, dan pastinya sesuai dengan kebutuhan Anda?

Simak tips-tips berikut ini terlebih dahulu sebagai panduan Anda, yuk!

Pada dasarnya, ketika Anda akan membeli leaf skimmer untuk kolam renang, ada beberapa fitur penting yang perlu Anda pertimbangkan. Fitur-fitur tersebut adalah sebagai berikut:

1. Harga.

Anda barangkali beranggapan bahwa harga merupakan salah satu faktor utama dalam mempertimbangkan apakah Anda akan membeli suatu barang atau tidak, termasuk leaf skimmer. Tentunya Anda bukanlah salah satunya.

Hanya saja, bicara soal harga, jangan gunakan mindset bahwa Anda hanya perlu membeli leaf skimmer termurah.

Justru, jadikan pertimbangan bahwa Anda tidak ingin membeli barang dengan harga yang tidak sebanding dengan kualitas sebagai motivasi Anda. Karena itu, selama kualitas leaf skimmer baik, baru Anda pikirkan soal harga.

2. Daya tahan.

Seperti yang sudah Anda ketahui, ada beragam pilihan leaf skimmer yang tersedia di pasaran. Hanya saja, tidak berarti semua leaf skimmer punya kualitas dan diproduksi dengan cara yang sama, lho!

Jadi, pastikan Anda melihat materialnya terlebih dahulu serta review produknya. Jika Anda melihat banyak konsumen mengeluhkan soal leaf skimmer yang mudah rusak atau patah, sebaiknya Anda segera beralih ke produk leaf skimmer yang lain.

3. Kemudahan penggunaan.

Secara garis besar, leaf skimmer memang didesain agar mudah digunakan ketika Anda akan membersihkan kolam renang. Hanya saja, cek dulu apakah panjang gagang telescopic pole-nya sesuai dengan kebutuhan Anda atau tidak, ukuran jaringnya, jenis materialnya, apakah ada pengait atau attachment pada jaring sehingga jaring bisa digunakan dengan gagang yang lain, dan faktor-faktor lain yang memengaruhi kemudahan dan kepraktisan dalam menggunakan leaf skimmer tersebut.

Pastinya, jangan sampai Anda malah membeli produk yang bukannya mempermudah Anda, tapi justru mempersulit Anda ketika akan membersihkan kolam renang.

Penjual

Produk ini mudah sekali dijumpai di pasaran Indonesia. Anda bisa membeli leaf skimmer di toko-toko perlengkapan kolam renang. Selain itu perusahaan kontraktor kolam renang seperti kami, juga menjualnya.

Jika Anda membutuhkan produk ini, Anda bisa langsung menghubungi PIC kami. Dengan kontak yang tertera pada footer website ini.

Harga Terbaru

Kami menjual produk ini dari beberapa merek terbaik. Berikut ini adalah harga terbaru leaf skimmer dari kami.

Merek / ModelHarga (Rp)
Hayward IM SKM 002
Standart Magnet
300.000
Hayward IM LFR 001
Leaf Rake Deluxe Metal
682.000
Hayward IM SKM 001
Alumunium Handle 48″
418.500
EMAUX CE101
Hand skimmer & Leaf rake
291.500
EMAUX CE102
Standard Hand skimmer
247.500
Pentair
124-S – RA 121166
360.000
PENTAIR RA 121026 119620.000
PENTAIR RA 22001
SPring Clip 170
186.000
PENTAIR 118
Deep Net 118
744.000
PENTAIR RA 121126
Leaf Rake 123
651.000
last update 19/08/2020

Pada akhirnya, memiliki dan menggunakan leaf skimmer sangat dianjurkan, atau bahkan bisa dibilang diharuskan demi menjaga kebersihan kolam renang Anda. Apalagi, kolam renang yang bebas dari segala jenis kotoran dengan ukuran apapun juga bisa membantu Anda merawat kolam renang serta sistem penunjang dalam jangka panjang, lho!

Jadi, terlepas dari apakah Anda akan menggunakan leaf skimmer secara teratur untuk menangkap kotoran sebelum kotoran tenggelam ke dasar kolam, atau untuk menyingkirkan kotoran yang sudah terlanjur mengotori kolam, keberadaan leaf skimmer jadi semakin krusial bagi Anda pemilik kolam renang.