kolam renang wisata- bisnis cerdas

Kolam Renang Wisata

Kolam renang wisata semakin menjamur. Bukan hanya di dibangun di kota-kota besar. Kabupaten dan kota kecamatan pun tidak sedikit yang memilikinya. -pools.id

Bagi sebagian orang memiliki kolam renang di halaman rumah hanya bisa menjadi impian. Karena membuat kolam renang tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Selain itu banyak rumah saat ini memiliki lahan yang terbatas, oleh karena itu semakin sulit rasanya memiliki kolam renang pribadi.

Berenang merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Selain baik untuk kesehatan tubuh, berenang juga cocok untuk menyegarkan pikiran. Untuk itu lah banyak dihadirkan kolam renang wisata yang bisa digunakan oleh banyak orang.

Kini setiap orang bisa berenang dengan mudah tanpa perlu memiliki kolam renang pribadi. Bisnis kolam renang ternyata menjadi salah satu bisnis yang sangat menggiurkan. Berikut ini kami rangkum pengertian serta keuntungan memiliki kolam renang wisata.

Pengertian Kolam Renang Wisata

Secara sederhananya kolam renang wisata dapat diartikan sebagai kolam renang yang dibuat untuk tujuan wisata. Kolam renang ini dirancang sedemikian rupa sehingga bisa dijadikan sebagai tempat berlibur.

Biasanya kolam renang jenis wisata dirancang untuk keluarga, sehingga dekorasinya dibuat semenarik mungkin. Pada kolam renang juga banyak ditambahkan wahana permainan, sehingga menambah keseruan saat berwisata.

Dari segi ukuran juga kolam renang ini memiliki ukuran yang sangat beragam. Di tempat tersebut, aktivitas yang dilakukan bukan hanya berenang, tetapi juga bisa melakukan berbagai kegiatan wisata. Biasanya kolam renang ini berada di area perkotaan  dan lokasinya strategis.

Ciri Umum Kolam Renang Wisata

Kolam renang jenis wisata sangat mudah dibedakan dari kolam renang pada umumnya. Kolam renang ini sering juga disebut sebagai waterpark, karena jualan utamanya merupakan permainan di air. Berikut ini beberapa ciri dari kolam renang yang rancang untuk tujuan wisata.

1. Area Lahan Luas

Salah satu ciri dari kolam renang wisata adalah area lahan di sekitar kolam sangat luas. Karena tujuan pembuatan kolam sebagai tempat wisata, sehingga kolam renang pun dibuat dengan ukuran yang sangat luas.

Kolam renang yang disebut dengan waterpark ini biasanya memiliki ukuran lahan puluhan hektar. Oleh karena itu berbagai wahana permainan bisa dipasang pada kolam renang tersebut.

Tujuan orang berkunjung ke kolam renang tersebut bukan hanya untuk berenang, tetapi juga untuk berwisata.

2. Memuat Banyak Wahana Permainan

Ciri lain dari kolam renang jenis wisata adalah terdapat banyak wahana permainan di area kolam. Pada umumnya wahana permainan yang disediakan adalah wahana permainan air.

Wahana permainan tersebut bisa digunakan oleh orang dewasa dan juga anak-anak. Beberapa kolam renang jenis ini ada juga yang tidak menyediakan wahana permainan, tetapi fasilitas pendukung untuk wisata disediakan. 

3. Jenis Kolam Beragam

Ciri lain dari kolam renang jenis wisata ini adalah jenis kolam yang dihadirkan sangat beragam. Karena area lahan yang luas, sehingga terdapat berbagai jenis kolam dari segala ukuran. Kolam tersebut ada yang dibuat untuk anak anak dan ada juga untuk orang dewasa.

Selain itu disediakan juga kolam yang tidak memiliki wahana permainan. Dengan tersedianya berbagai jenis kolam tersebut, maka kegiatan berwisata semakin mengasyikkan.  

4. Menyediakan Fasilitas Lengkap

Ciri lain dari kolam renang jenis wisata adalah kolam renang tersebut menyediakan juga fasilitas yang sangat lengkap. Fasilitas tersebut seperti adanya WiFi gratis, café, restoran, mushola, dan fasilitas lainnya.

Fasilitas tersebut akan menunjang kenyamanan para pengunjung untuk berwisata. Pelayanan maksimal adalah prioritas sama seperti tempat wisata lain. Hal ini juga lah yang membuat orang nyaman berwisata ke kolam renang tersebut. 

5. Desain Kolam Renang Menarik

Dari segi desain juga kolam renang tipe wisata di desain dengan sangat menarik. Jika kolam renang pada umumnya memiliki bentuk persegi panjang, maka kolam renang tipe wisata biasanya didesain dengan sangat artistik.

Hal ini juga lah yang membuat kolam renang semakin nyaman ditempati. Saat ini sudah banyak juga kolam renang jenis ini yang didesain instagramable.

Jadi pada kolam renang tersebut, banyak dibuat spot-spot foto menarik, sehingga para pengunjung semakin nyaman berada di kolam renang.

Keuntungan Bisnis Kolam Renang Wisata

Saat ini bisnis kolam renang jenis wisata merupakan salah satu bisnis yang sangat menggiurkan. Terutama jika kolam renang tersebut dibuat di area yang dekat dengan pusat kota.

Masyarakat saat ini mulai gemar berwisata ke kolam renang. Apalagi jika kolam renang tersebut menghadirkan banyak wahana permainan. Wisata ke kolam renang dikenal sebagai wisata yang murah dan menyenangkan, sehingga banyak keluarga yang menghabiskan akhir pekan ke kolam renang.

Berikut ini beberapa keuntungan / kelebihan menghadirkan kolam renang tipe wisata.

Omset Perbulan Menggiurkan

Salah satu keuntungan yang bisa diraih dari bisnis kolam renang tipe wisata adalah omsetnya yang sangat menggiurkan. Banyak pelaku usaha waterpark yang berhasil meraih keuntungan puluhan juta rupiah perbulannya. Yang perlu dilakukan hanya lah menarik pengunjung sebanyak mungkin.

Ibaratnya jika tiket untuk masuk kolam renang 10 ribu rupiah per orang, Jika pengunjung berjumlah 100 orang, maka pendapat kotor sebesar 1 juta rupiah. Biasanya kolam renang wisata yang sudah populer, pengunjungnya bisa mencapai ribuan orang. Oleh karena itu bisnis yang satu ini sangat menggiurkan. 

Bisnis Kolam Renang Sifatnya Tetap

Keuntungan lain memiliki kolam renang tipe wisata adalah bisnis yang satu ini sifatnya tetap. Tetap yang dimaksud adalah bisnis ini tidak mengalami pasang dan surut.

Setiap saat orang-orang gemar berenang. Oleh karena itu bisnis ini dijamin menguntungkan. Yang perlu Anda lakukan adalah mendesain kolam renang semenarik mungkin serta menghadirkan fasilitas yang lengkap.

Dengan demikian pengunjung akan tetap berdatangan ke kolam renang tersebut. Wisata kolam renang juga dikenal sebagai salah satu wisata murah, sehingga pada hari libur atau akhir pekan, pasti banyak orang yang berkunjung ke kolam renang.

Pesaing Tidak Terlalu Banyak

Keuntungan lain memiliki kolam renang wisata ini adalah persaingannya tidak terlalu banyak. Pada umumnya, di dalam satu kota hanya ada beberapa tipe kolam renang wisata. Jadi bisa dipastikan memiliki kolam renang tipe wisata dijamin sangat menguntungkan.

Apalagi jika Anda bisa membangun kolam renang wisata pada lokasi yang strategis, maka kolam renang tersebut dijamin ramai pengunjung. 

Investasi Jangka Panjang

Membangun kolam renang wisata juga cocok dijadikan sebagai investasi jangka panjang. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa setiap saat orang butuh kolam renang, karena berenang merupakan kegiatan yang memberikan banyak manfaat.

Oleh karena itu bisnis yang satu ini bisa dibuat sebagai bisnis jangka panjang. Bahkan bisnis ini juga bisa diwariskan ke anak cucu, karena sampai kapanpun bisnis kolam renang pasti diminati banyak orang. 

Biaya Operasional Murah

Keuntungan lain memiliki bisnis kolam renang tipe wisata adalah biaya operasionalnya sangat murah. Hal ini juga lah yang membuat bisnis ini bisa meraup omset yang sangat melimpah.

Pada bisnis ini, Anda juga tidak perlu memiliki keahlian khusus, karena yang perlu dilakukan hanyalah menghadirkan kolam renang yang bisa dijadikan sebagai tempat wisata.

Untungnya lagi bisnis kolam renang tidak membutuhkan banyak tenaga kerja. Jadi dengan biaya operasional yang sangat murah, anda bisa meraup untung melimpah melalui bisnis kolam renang tipe wisata tersebut.

Jika Anda ingin mencari tenaga kerja juga sangat mudah, karena tidak diperlukan kualifikasi khusus untuk bekerja di kolam renang. 

Bisnis Sampingan Bisa Dijalankan Di sekitar Kolam Renang

Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan jika memiliki kolam renang wisata adalah berbagai bisnis lain bisa dijalankan di sekitar kolam renang tersebut. Misalnya seperti bisnis kuliner, bisnis souvenir, bisnis perawatan tubuh, pijat, dan yang lainnya.

Jadi anda bisa memaksimalkan keuntungan yang diraih melalui bisnis kolam renang tersebut. Jika kolam tersebut ramai pengunjung setiap saat, maka bisa saja bisnis lain juga bermunculan di sekitar area kolam renang tersebut.

Jika Anda mampu memaksimalkan potensi kolam renang tersebut, maka keuntungan yang bisa Anda dapatkan dijamin sangat melimpah.

Kelemahan Kolam Renang Wisata

Terlepas dari beberapa keunggulan yang dimilikinya bisnis kolam renang tipe wisata ini juga memiliki banyak kelemahan / kekurangan.

Jika Anda ingin menjalankan bisnis kolam renang, maka Anda juga wajib memperhatikan kelemahan dari bisnis ini. Setiap lini bisnis pasti memiliki sisi kelebihan dan kelemahannya.

Berikut ini beberapa kelemahan dari bisnis kolam renang.

Membutuhkan Area Luas

Salah satu kelemahan yang dihadirkan oleh bisnis kolam renang tipe wisata ini adalah harus memiliki area lahan yang luas untuk membuatnya.

Jika areanya sempit atau kecil, tentunya pengunjung kurang nyaman berwisata ke kolam renang tersebut. Selain itu jika areanya sempit, maka Anda tidak bisa memanfaatkan pendapatan maksimal dari kolam renang tersebut.

Mencari lahan yang luas tentu tidak mudah apalagi pada area perkotaan. Hal ini juga lah yang membuat banyak pelaku usaha menghadirkan kolam renang tipe wisata di lokasi yang sedikit jauh dari perkotaan.  

Membutuhkan Modal Besar

Kelemahan lain yang dari kolam renang tipe wisata ini adalah membutuhkan modal yang cukup besar untuk membangunnya. Tentunya untuk menyiapkan lahan yang luas, Anda perlu menyiapkan banyak modal.

Selain itu fasilitas dan wahana permainan yang dihadirkan pada kolam renang tersebut juga menyerap biaya yang tidak sedikit. Karena membutuhkan modal yang sangat besar, maka tidak banyak orang yang berani membuka bisnis kolam renang ini.

Oleh karena itu bisnis ini biasanya memiliki peran yang tidak banyak. Jadi jika Anda ingin membuka bisnis kolam renang tipe wisata, maka Anda harus menyiapkan modal yang tidak sedikit.

Sulit Menemukan Lokasi Strategis

Kelemahan lain dari bisnis kolam renang ini adalah sulitnya menemukan lokasi strategis. Bisnis kolam renang ini akan menguntungkan jika berada pada lokasi strategis.

Untuk menjalankan bisnis kolam renang maka banyak hal yang perlu diperhatikan, seperti ketersediaan sumber mata air (untuk kebutuhan sarana mandi bilas pengunjung), pembuangan air, jarak ke pusat kota, dan yang lainnya.

Jika lokasi kolam renang tidak strategis, maka pengunjung pasti kurang berminat ke kolam renang tersebut. itu lah beberapa kelemahan serta keuntungan memiliki bisnis kolam renang wisata.

Video Kolam Renang Umum (Hotel)

Dalam video ini kami menjelaskan tahap tahap renovasi pelebaran kolam renang umum yang telah kami lakukan.

Jika Anda berencana membangun usaha kolam renang wisata, diskusikan dengan konsultan yang ahli di bidang ini. Setidaknya kontraktor jasa pembuatan kolam renang wisata yang memiliki legalitas lengkap dan tentunya harus mengantongi SIUJK (Surat Izin Jasa Konstruksi).