kolam renang umum

Kolam Renang Umum

Selain menjadi primadona wisata air, kolam renang umum juga merupakan alternatif terbaik untuk berenang. -pools.id

Dengan cuaca di Indonesia yang sering kali panas, menambah jumlah masyarakat jadi memiliki hobi berenang atau sekadar bermain air. Berenang tidak hanya dilakukan di waktu siang yang panas saja akan tetapi juga sering dilakukan karena untuk berolahraga.

Berenang juga memberikan manfaat bagi tubuh sebab saat berenang semua anggota tubuh hampir semuanya bergerak dan membuat metabolisme tubuh menjadi lebih baik.

Akan tetapi tidak semua orang di Indonesia memiliki kolam renang sendiri sehingga harus menggunakan fasilitas kolam renang umum untuk berenang. Kolam renang umum pun banyak ditemukan di Indonesia karena memang banyak masyarakat yang menggunakannya.

Pengertian Kolam Renang Umum

Kolam renang umum adalah salah satu jenis kolam renang yang dibuat untuk kebutuhan umum. Kolam renang jenis ini bisa dibuat secara khusus untuk berenang masyarakat umum, bisa juga dibuka untuk digunakan secara umum bagi penghuni apartemen, ada juga yang dibuka khusus untuk para penghuni di suatu hotel.

Kolam renang umum berbeda dengan kolam renang pribadi. Biasanya memang sangat berkaitan dengan bisnis. Kolam renang pribadi umumnya hanya dibangun di rumah, vila, atau hotel dengan tipe kamar khusus.

Jadi, kolam renang umum merupakan kolam renang yang bebas digunakan siapa saja baik yang ada di lingkungan kolam renang maupun yang dibuka untuk semua kalangan masyarakat.

Keuntungan Berenang di Kolam Renang Umum

Keuntungan berenang di kolam renang umum adalah biayanya yang lebih murah, bahkan semua fasilitas sudah terpenuhi di sana.

Ada fasilitas untuk makan, fasilitas ban berenang, pelampung, bahkan ada juga yang menyediakan sewa atau pembelian baju renang.

Berenang di kolam renang umum juga bisa dilakukan bersama-sama dengan teman sehingga lebih asyik dan sangat seru.

Biasanya kolam renang jenis ini juga memiliki fasilitas hiburan yang sangat menyenangkan seperti perosotan, air mancur, dan lain sebagainya. Berenang di kolam renang jenis ini juga tidak membuat Anda harus melakukan perawatan kolam yang biasanya sangat sulit.

Anda juga bebas memilih kolam renang umum mana yang ingin Anda kunjungi sesuai dengan harga maupun desainnya.

Kerugian Berenang di Kolam Renang Umum

Setiap ada kelebihan tentu akan ada kekurangan atau kerugian. Karena kolam renang umum digunakan oleh banyak orang, maka cenderung kurang sehat. Kolam renang yang digunakan bersama bisa menyebabkan penyakit karena kita tidak tahu bagaimana kondisi kesehatan setiap orang di dalam kolam renang tersebut.

Bahkan kolam renang anak-anak menjadi yang paling banyak mengandung berbagai kotoran maupun penyakit. Anak-anak sering kali tidak bisa mengontrol BAK sehingga sering membuang urine di sana.

Belum lagi banyak air liur yang sering dikeluarkan oleh para perenang di mana air liur bisa saja membawa berbagai jenis penyakit seperti kuman, bakteri, bahkan virus.

Jenis Kolam Renang Umum

1. Berdasarkan Tempatnya

a. Kolam Renang Indoor

Kolam renang indoor adalah kolam renang yang berada di dalam ruangan. Kolam ini memiliki atap di atasnya baik atap yang transparan maupun yang tidak.

Kolam renang indoor ini sering dipilih oleh para perempuan karena lebih aman. Kolam renang indoor juga sangat pas untuk mereka yang tidak tahan terhadap sinar matahari.

b. Kolam Renang Outdoor

Kolam renang outdoor merupakan kolam renang yang ditempatkan di area luar ruangan. Kolam renang ini biasanya akan terasa lebih hangat dibandingkan dengan kolam indoor.

Kolam ini membuka kesempatan cahaya matahari langsung menyentuh air. Kolam outdoor juga sering dilengkapi dengan berbagai jenis wahana permainan sehingga sangat cocok untuk anak-anak.

2. Berdasarkan Lahannya

a. Kolam Renang Rooftop

Kolam renang rooftop merupakan jenis kolam renang yang tempatnya berada di atap atau di atas gedung. Kolam renang ini biasa dibangun untuk apartemen, villa, bar, atau yang lainnya.

Kolam renang ini memiliki kelebihan tersendiri karena memiliki pemandangan kota, laut, pedesaan, dan lain sebagainya sehingga sangat diminati para masyarakat untuk dijadikan objek berfoto.

b. Kolam Renang di Varietas Tanah

Kolam renang di lahan tanah sudah sering kali kita temui dan memang paling umum. Kolam renang ini memanfaatkan lahan tanah untuk dijanjikan sebuah kolah.

Tanah digali dengan kedalaman tertentu lalu dilapisi dengan keramik sedemikian rupa sehingga air tidak meresap ke dalam tanah, kolam ini juga lebih murah karena perawatan dan pembuatannya lebih mudah daripada rooftop.

3. Berdasarkan Kegunaannya

a. Kolam Renang Olahraga

Kolam renang olahraga biasanya hanya berbentuk kotak biasa dengan menggunakan garis-garis tertentu karena memang diperuntukkan untuk olahraga.

Ada juga papan loncat yang sering kali digunakan untuk latihan atau lomba loncat indah. Kolam ini sering kali dimanfaatkan untuk latihan atau untuk lomba berenang dengan berbagai gaya.

b. Kolam Renang Wisata

Kolam renang wisata biasanya digunakan untuk berwisata atau sekadar bersenang-senang. Kolam renang ini memiliki bentuk yang beragam, ada yang kotak, lingkaran, dan lain sebagainya.

Desainnya sangat beragam sehingga lebih menarik apalagi juga dilengkapi dengan ornamen-ornamen yang cantik serta memiliki beberapa wahana air yang bisa digunakan untuk bersenang-senang.

Pertimbangan dan Keuntungan Bisnis Kolam Renang Umum

Karena Indonesia ini merupakan negara tropis dengan cuaca yang cenderung panas, maka bisnis kolam renang umum ini bisa menjadi pilihan.

Belum lagi, saat ini banyak sekali orang yang tidak memiliki kolam renang sendiri sebab keterbatasan lahan dan juga keterbatasan tingkat ekonomi. Padahal minat masyarakat untuk berenang sangat baik atau hanya sekedar bermain air.

Oleh karena itu dengan membuka bisnis kolam renang umum, apalagi untuk daerah pedesaan yang masih sangat kurang adanya fasilitas kolam renang maka akan sangat menguntungkan.

Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan apalagi jika Anda memiliki gagasan desain kolam renang yang menarik khususnya untuk para anak-anak dan juga para remaja.

Peluang usaha Kolam Renang umum di Era New Normal

Bisnis kolam renang memang sangat menguntungkan, akan tetapi kita saat ini sedang berada di era normal yang baru yang ada kaitannya dengan penyebaran virus corona. Tentu hal ini menjadi suatu pertimbangan tersendiri bagi Anda yang ingin membuka bisnis kolam renang.

Namun sebenarnya bisa saja asal Anda tahu bagaimana syarat dan ketentuannya, seperti:

  1. Jamin kualitas air, harus dipastikan air dalam kolam menggunakan desinfektan klorin atau bromin hingga pH air menjadi 7,2 sampai 8
  2. Anda harus transparan dalam menginformasikan keadaan kolam kepada pengunjung.
  3. Harus sering didesinfeksi rutin sampai ke seluruh permukaan kolam.
  4. Harus ada pembatasan jumlah pengunjung
  5. Pastikan bahwa para pengunjung sehat dan lakukan skrining sebelum masuk
  6. Jangan sewakan baju renang, suruh pengunjung membawa sendiri

Yang Harus Dipersiapkan

Yang harus dipersiapkan untuk membuka bisnis kolam renang umum ada banyak, antara lain adalah:

  1. Anda harus memiliki anggaran cukup besar
  2. Anda harus menentukan jenis kolam renang apa yang akan dibuat
  3. Tentukan berapa luas kolam renang yang akan Anda buat
  4. Anda Bisa Menggunakan jasa desain kolam renang sehingga hasilnya lebih menarik
  5. Anda bisa menggunakan jasa kontraktor untuk melakukan pembangunan kolam renang, sehingga semua detailnya menjadi lebih baik
  6. Tidak hanya kolam renang saja, pengunjung juga tertarik dengan adanya restoran atau sekadar kafe atau tempat makan setelah berenang.

Perawatan

Perawatan kolam renang umum memang terbilang sulit karena tidak boleh sembarangan apalagi saat pandemi atau di new normal seperti saat ini. Perawatan kolam tentu dilakukan untuk memberikan kenyamanan, keamanan, dan juga kepuasan para pengunjung sehingga bisa datang di waktu mendatang.

Untuk menciptakan kolam yang nyaman dan aman lakukan beberapa hal berikut ini:

  1. Pertama jaga air untuk tetap bersih, Jika diperlukan tingkatkan penggunaa desinfektan seperti kaporit atau tawas pada saat perawatan rutin.
  2. Bersihkan kolam dari berbagai kotoran seperti daun atau bunga kering menggunakan jaring, 
  3. Cegah pertumbuhan lumut dengan menanam beberapa tumbuhan sehingga meminimalkan cahaya matahari yang mempengaruhi pertumbuhan alga
  4. Dan yang terakhir bersihkan kolam secara teratur, sikat kerak-kerak di dinding agar bersih. Sempor sesering mungkin area pengunjung kolam renang menggunakan disinfektan yang direkomendasikan oleh otoritas.

Pemilihan Jenis Sirkulasi Air

Dalam pembuatan kolam renang tentu harus memperhitungkan sirkulasinya. Sirkulasi kolam sangat penting diperhatikan karena hal ini bisa mempermudah mengkondisikan air. Berikut beberapa jenis sirkulasi air kolam:

1. Overflow

Sistem ini dapat digunakan untuk mengkondisikan air kolam untuk tumpah ke area tertentu. Dengan menggunakan sistem ini maka diperlukan guter atau saluran penampung limpahan air kolam.

Untuk lebih detail, Anda bisa membaca ulasan kami tentang kolam renang overflow.

2. Skimmer

Sistem yang satu ini terlihat tidak terlihat ada air yang tumpah sehingga air terlihat masih ada di dalam kolam. Biasanya dinding kolam dibuat lebih tinggi. Baca ulasan kami tentang kolam renang skimmer.

3. Full Overflow

Dan yang terakhir ini dibuat seluruhnya memiliki sistem sirkulasi tumpah dan limpahan air yang keluar disaring dengan menggunakan  balancing tank lalu hasilnya bisa dialirkan kembali ke dalam kolam.

Cara Memilih Kontraktor Kolam Renang

Dalam pembuatan kolam renang memang seharusnya menggunakan kontraktor karena memiliki pengalaman di bidangnya, namun, Anda juga harus memilih kontraktor yang tepat. Berikut caranya yang bisa Anda lakukan:

  1. Cek portofolio dari kontraktor tersebut, bagaimana kualitas pembuatan kolam renang tersebut
  2. Perhatikan harganya apakah sudah sesuai dengan anggaran yang Anda keluarkan atau tidak
  3. Cek apakah review dari kontraktor tersebut baik di mata masyarakat yang telah menggunakannya.

Contoh Desain yang Diminati Oleh Pelanggan

Ada beberapa kolam renang umum yang paling diminati sehingga bisa menjadi salah satu ide bagi Anda yang ingin membuat kolam renang umum. Berikut contohnya:

  1. Kolam Renang Rooftop dengan pemandangan laut, pedesaan, atau gedung tinggi.
  2. Kolam renang yang menggunakan desain tradisional yang menggunakan batu bata atau batu alam sebagai aksennya.
  3. Kolam renang yang memiliki bentuk sederhana dan terlihat minimalis untuk olahraga maupun untuk bersenang-senang bersama keluarga.
  4. Kolam renang dengan dinding kaca yang sangat eksotis dan sangat dramatis.
  5. Kolam renang dengan berbagai wahana menarik untuk anak-anak
  6. Kolam renang di bawah dengan penampakan gedung tinggi di sampingnya

Video Contoh Desain Kolam Renang Umum

Dalam video kali ini kami memberikan referensi desain kolam renang umum. Contoh desain kolam renang umum ini memiliki ukuran 10 x 18, dengan 3 level kedalaman.

Anda bisa melihat kumpulan contoh gambar / desain kolam renang pada di tautan tersebut. Nah Tertarik mambangun usaha kolam renang umum ? Call us now !