Kolam Renang Terapi

Kolam renang terapi akan menjadi pelengkap di setiap rumah sakit. Dorongan metode penyembuhan hydrotherapy tidak bisa terelakan.- Pools.id

Berenang memang salah satu kegiatan fisik yang menyenangkan. Tidak hanya menyenangkan ternyata berenang juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Salah satunya berenang dapat mengurangi rasa sakit pada nyeri sendi dan nyeri punggung. Anda bisa memanfaatkan kolam renang terapi untuk bisa mendapatkan manfaat kesehatan tersebut.

Anda bisa datang ke kolam renang yang memang khusus menyediakan kolam renang untuk terapi, atau Anda juga bisa membuat kolam renang terapi sendiri.

Bagi Anda yang belum tahu mengenai apa itu kolam renang terapi dan hal-hal yang berkaitan dengannya, berikut dibawah ini adalah serba serbi kolam renang terapi yang perlu untuk anda ketahui. 

Pengertian Kolam Renang Terapi 

Seperti namanya kolam renang terapi adalah kolam renang yang dikhususkan untuk terapi. Ada banyak terapi yang bisa dilakukan di kolam renang jenis ini.

Contohnya terapi untuk mengurangi nyeri sendi, terapi untuk memulihkan cedera kaki dan lain-lain. Kolam renang ini juga bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam keluhan seperti osteoartritis, back pain, dan juga neck pain.

Biasanya terapi yang dilakukan pada kolam renang jenis ini dengan menggunakan air hangat dengan suhu kira-kira 28° C hingga 30° C.

Penggunaan air hangat ini bertujuan untuk meringankan rasa nyeri, meningkatkan relaksasi otot dan juga sendi, serta untuk memperluas jangkauan pada sendi. 

Disamping itu, air dari kolam renang ini mampu melawan gaya gravitasi sehingga dapat membantu orang yang sedang melakukan terapi untuk melatih ototnya dengan beban yang sedikit pada sendi.

Hal ini dapat mengurangi resiko kerusakan lebih lanjut pada sendi atau otot pasien.

Selain itu, dengan berenang pada kolam renang ini pasien dapat menggerakkan ototnya secara optimal, dapat bergerak lebih bebas, latihan yang dilakukan juga lebih ringan sehingga terapi ini sangat efektif untuk menguatkan otot. 

Nah, sekarang Anda sudah tahu kan apa itu yang dimaksud dengan kolam renang terapi. Bagaimana menurut anda? Apakah anda tertarik untuk mencobanya? 

Fungsi

Sama dengan namanya kolam renang terapi ini adalah kolam renang yang dibuat khusus untuk kebutuhan terapi. Fungsi dari kolam renang terapi ini banyak sekali.

Orang yang memiliki gangguan sendi dan otot bisa menggunakan terapi ini untuk mengurangi rasa sakit yang mereka rasakan. Fungsi lain dari kolam renang terapi ini adalah bisa digunakan untuk membantu proses penyembuhan pasien yang mengalami nyeri sendi atau kerusakan sendi.

Pasien yang memiliki keterbatasan pergerakan bisa menggunakan kolam renang ini sebagai sarana pemulihan, seperti terapi untuk menggerakkan otot kaki. 

Selain itu, kolam renang terapi ini juga bisa berfungsi sebagai sarana pemulihan bagi pasien yang baru saja mendapatkan cedera kaki. Selain itu, kolam renang ini juga cocok untuk pasien yang mengalami masalah tulang dan membutuhkan olahraga low impact agar masalah yang dihadapinya segera membaik. 

Ada banyak sekali jenis kegiatan yang bisa dilakukan pada kolam renang jenis terapi. Misalnya berenang, aerobik air, berjalan dalam air, dan juga senam dalam air.

Oleh karena itu, jika Anda ingin menikmati sensasi melakukan relaksasi yang dapat menguatkan otot dan persendian, maka anda bisa mencoba melakukan terapi pada kolam renang ini.

Jangan khawatir jika Anda tidak bisa berenang karena Anda bisa melakukan terapi hanya dengan berjalan-jalan di dalam kolam renang ini.

Tentu saja kegiatan terapi ini akan sangat menyenangkan karena kolam renang ini tidak hanya bisa Anda gunakan sebagai sarana rekreasi namun juga sebagai sarana terapi yang memiliki banyak manfaat kesehatan bagi anda. 

Keuntungan  

Berenang atau sekedar berjalan-jalan di kolam renang untuk terapi ternyata memiliki banyak keuntungan. Berikut ini adalah beberapa keuntungan / manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan kolam renang terapi. 

Melatih Pernafasan 

Dengan berenang Anda bisa mendapatkan segudang keuntungan yang sangat bermanfaat bagi anda, salah satunya adalah melatih pernafasan. Ternyata berenang dapat menjadikan pernafasan lebih kuat dan panjang.

Hal ini karena ketika berenang, Anda akan menggunakan anggota tubuh Anda yang mampu memacu aliran darah ke jantung, paru-paru menjadi lebih lancar, dan juga aliran darah pada pembuluh darah juga semakin lancar. 

Meningkatkan Kekuatan Otot 

Berenang atau sekedar hanya berjalan-jalan pada kolam renang ternyata juga bisa memberikan keuntungan bagi Anda. Terutama jika Anda memiliki masalah pada tulang anda.

Dengan berenang pada kolam renang jenis terapi, maka Anda bisa menjadikan otot anda lebih kuat. Setelah otot Anda menjadi lebih kuat maka postur tubuh Anda pun juga akan terlihat lebih bagus. Karena otot yang kuat akan mudah sekali dilihat dari postur tubuh yang anda miliki.

Disamping itu, tubuh Anda juga akan terlihat semakin atletis karena otot tubuh Anda bisa terbentuk menjadi lebih sempurna. Otot yang kuat juga akan menghindarkan Anda dari berbagai masalah persendian seperti nyeri sendi dan juga nyeri otot.

Jadi, tidak ada salahnya bagi anda untuk rajin berenang di kolam renang jenis terapi seperti ini. Terlebih lagi jika Anda memang sudah memiliki masalah otot atau persendian. 

Meredakan Stress 

Berenang pada kolam renang biasa saja bisa meredakan stress. Apalagi jika Anda berenang pada kolam renang jenis terapi. Tentu saja Anda akan bisa semakin rileks dan melupakan semua hal yang bisa membuat stress.

Hal ini karena air yang digunakan pada air kolam renang jenis terapi ini adalah air hangat jadi tubuh anda pasti akan segera bisa rileks. Terlebih lagi ketika Anda sedang berenang, tubuh Anda secara otomatis akan mengeluarkan hormon endorfin yang bisa meningkatkan suasana hati Anda menjadi lebih baik.

Terkadang, tanpa Anda sadari dengan hanya bersentuhan dengan air saja, suasana hati Anda bisa jadi lebih baik.

Oleh karena itu, jika Anda sedang mengalami banyak masalah dan stress, Anda bisa memanfaatkan kolam renang terapi. Ini sangat membantu untuk membuat suasana hati Anda menjadi lebih baik. Sekaligus membantu Anda untuk merelaksasikan otot-otot yang sudah lelah. 

Meredakan Radang Sendi 

Bagi Anda yang sudah memiliki masalah persendian seperti nyeri sendi atau radang sendi, maka berenang pada kolam renang bisa menjadi salah satu kegiatan yang menguntungkan bagi Anda.

Pasalnya dengan berenang Anda bisa merelaksasikan sendi Anda. Selain itu, dengan berenang bisa mengurangi tekanan yang ada pada sendi Anda. 

Ketika berenang pada kolam renang untuk terapi. Kemudian Anda memiliki masalah pada tulang belakang atau leher. Maka gerakan berenang yang direkomendasikan adalah berenang dengan gaya bebas, gaya katak, gaya punggung, dan mengapung di air.

Gaya bebas direkomendasikan karena dapat membuat tulang belakang berputar serta bergerak secara ringan dan dapat memperkuat posisi tulang tubuh terutama untuk lengan dan juga leher. 

Sedangkan gaya punggung direkomendasikan karena dapat memperkuat otot-otot punggung dan juga membuat otot punggung menjadi lebih kencang.

Tidak hanya itu saja, berenang dengan gaya ini ternyata juga bisa memperbaiki serta mendukung posisi tulang belakang sekaligus membantu melonggarkan rongga dada. 

Terapi Saat Cedera 

Bagi Anda yang baru saja mengalami cedera, khususnya cedera pada kaki maka melakukan terapi pada kolam renang bisa menjadi salah satu kegiatan yang menguntungkan bagi Anda.

Mengapa demikian? Karena pada saat Anda mengalami cedera otot, salah satu alternatif pemulihan yang bagus untuk lakukan adalah dengan berenang.

Terlebih lagi jika Anda lebih memilih untuk berenang pada kolam renang jenis terapi. Airnya yang hangat tentu saja bisa mempercepat proses pemulihan pada otot Anda yang sedang mengalami cedera. 

Memperkuat Otot Kardiovaskular 

Salah satu lagi keuntungan yang bisa didapatkan ketika berenang pada kolam renang jenis terapi adalah bisa memperkuat otot jantung dan juga paru-paru Anda. Selain itu, berenang juga bisa menyehatkan paru-paru Anda. 

Meringankan Gejala Penyakit Multiple Sclerosis 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa dengan berenang dapat mengurangi rasa sakit yang diderita oleh penderita multiple sclerosis. Program berenang ini dijalankan sekitar 20 minggu secara rutin.

Dengan berenang, kondisi tubuh penderita juga mengalami peningkatan yaitu ditandai dengan menurunnya tingkat depresi dan juga lelah yang memiliki kaitan erat dengan penyakit ini. 

Diatas adalah beberapa keuntungan yang bisa anda peroleh dari berenang atau melakukan kegiatan pada kolam renang terapi.

Banyak sekali bukan keuntungan yang bisa Anda dapatkan? Oleh karena itu, jika Anda memiliki masalah seperti beberapa hal diatas maka Anda bisa memanfaatkan kolam renang terapi untuk membantu masalah yang Anda hadapi. 

Kerugian

Selain memiliki keuntungan, ternyata kolam renang terapi juga bisa menyebabkan kerugian bagi Anda. Apa saja kerugiannya?

Karena kolam renang ini adalah kolam renang dengan air hangat maka Anda harus mengeluarkan biaya ekstra untuk perawatan dan juga untuk heater atau penghangatnya. Selain itu, karena adanya heater ini otomatis tagihan listrik pun juga akan ikut naik. 

Selain masalah biaya, kolam renang terapi ini juga tidak bisa digunakan untuk semua orang. Karena orang yang sedang hamil, atau orang yang mempunyai darah rendah atau tinggi tidak boleh berenang pada kolam yang memiliki air hangat.

Karena jika mereka berenang pada kolam air hangat terlalu lama, maka dapat meningkatkan suhu tubuh mereka.

Disamping itu, orang yang mempunyai penyakit jantung juga tidak disarankan untuk berenang atau berendam pada kolam renang terapi karena naiknya suhu dapat menyebabkan reaksi kejut dan juga serangan jantung. 

Meskipun kolam renang terapi ini memiliki kekurangan, namun masih ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan dari kolam renang terapi ini.

Oleh karena itu, bagi Anda yang bisa dan diperbolehkan untuk berenang pada kolam ini, sebaiknya Anda mencoba untuk berenang pada kolam renang terapi ini. 

Desain

Pada dasarnya desain untuk kolam renang terapi ini sama saja dengan kolam renang biasa. Namun, untuk kolam renang terapi harus ada heater nya. Karena heater inilah yang nantinya bisa membuat air kolam menjadi hangat dan bisa digunakan untuk melakukan berbagai macam terapi.

Jika Anda membutuhkan ide untuk desain kolam renang terapi, maka Anda bisa memilih kolam renang terapi dengan bentuk minimalis, kolam renang terapi dengan konsep mini garden, kolam renang terapi minimalis tembus pandang, kolam renang terapi tropis modern.

Selain itu, Anda juga bisa memilih kolam renang terapi indoor dengan desain yang elegan dan menawan jika anda membutuhkan privasi. 

Jika Anda membutuhkan tim ahli profesional dari perusahaan kontraktor kolam renang, silahkan menghubungi kami.

Demikianlah hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang kolam renang terapi. Jangan lupa mencobanya jika Anda memiliki masalah yang bisa dibantu dengan berenang atau dengan kegiatan lain yang bisa dilakukan pada kolam renang terapi.