kolam renang skimmer

Kolam Renang Skimmer

Tidak ada yang salah dalam memilih jenis kolam renang skimmer. Jenis sirkulasi kolam renang skimmer ataupun overflow memiliki kelebihan & kekurangannya masing-masing. – pools.id

Beberapa rumah modern saat ini didesain memiliki kolam renang. Memang kolam renang memiliki segudang manfaat. Selain bisa digunakan sebagai tempat untuk berolahraga, kolam renang juga cocok untuk menambah kesan mewah pada rumah. Beberapa orang bahkan menjadikan kolam renang sebagai bagian dari desain rumah mereka.

Mungkin banyak orang menganggap bahwa semua kolam renang sama saja. Padahal kenyataannya ada bermacam jenis kolam renang dengan kelebihan dan keunggulannya masing – masing.

Salah satu jenis kolam renang yang banyak ditemukan di perumahan modern adalah kolam renang skimmer. Berikut ini akan kami rangkum pengertian serta keuntungan memiliki kolam renang jenis  skimmer.

Pengertian Kolam Renang Skimmer

Secara sederhananya kolam skimmer dapat diartikan sebagai kolam renang yang menggunakan sistem skimmer. Sistem skimmer tersebut merupakan sistem kolam renang yang memanfaatkan aksesoris skimmer box atau kotak skimmer yang berfungsi sebagai penyaring kotoran di atas permukaan kolam renang.

Skimmer box ini terletak pada bibir kolam renang. Hal itu lah yang membuat kolam dengan sistem skimmer tersebut dapat menyaring kotoran besar yang terletak di permukaan kolam renang. 

Kolam dengan jenis skimmer ini biasanya digunakan pada rumah yang memiliki lahan terbatas, karena sangat efektif. Dengan adanya sistem skimmer tersebut, maka kolam renang tidak memerlukan bak penampungan tambahan, sehingga cocok diterapkan pada lahan sempit.

Rumah – rumah perkotaan yang umumnya memiliki lahan terbatas, menggunakan jenis kolam renang skimmer tersebut sebagai pilihan. Untuk Anda yang ingin memiliki kolam renang, tanpa perlu menyiapkan banyak ruang, maka kolam renang tipe skimmer ini bisa Anda jadikan pilihan terbaik. 

Ciri Utama Kolam Renang Skimmer

Jika dilihat sekilas kolam renang jenis skimmer ini tampak sama dengan jenis kolam renang lainnya. Namun sebenarnya terdapat perbedaan cukup mendasar antara kolam skimmer dengan kolam renang lain.

Berikut ini beberapa ciri kolam renang jenis skimmer yang bisa diketahui dengan mudah.

# Terdapat Aksesoris Skimmer Box pada kolam

Salah satu ciri utama dari kolam renang tipe skimmer adalah terdapat aksesoris skimmer box pada bibir kolam renang. Bentuk aksesoris skimmer box ini menyerupai corong terompet yang dilengkapi dengan tabung. Melalui aksesoris skimmer box ini lah kotoran pada permukaan air kolam dapat disaring dengan baik. 

# Level Air di bibir kolam sekitar 5 cm dan 10 cm

Ciri lain dari kolam renang ini adalah level air pada bibir kolam renang biasanya berada di kisaran 5 cm hingga 10 cm saja. Hal ini membuat kolam renang tetap terjaga kualitas airnya dan tidak membuat air kolam mubazir.

# Desainnya simpel

Ciri terakhir yang bisa dilihat dari kolam renang tipe skimmer adalah desain kolam ini sangat simpel. Hal ini juga lah yang membuatnya banyak digunakan pada berbagai jenis rumah modern.

Desain simple dari kolam renang jenis skimmer ini akan membuat tampilan rumah jadi lebih mewah dan elegan. Saat ini sudah banyak hadir model kolam skimmer yang didesain untuk mendukung keindahan rumah.

Keuntungan Memiliki Kolam Renang Skimmer

Walaupun saat ini sudah banyak desain kolam renang yang diciptakan, sistem sirkulasi skimmer masih banyak digunakan pada kolam renang. Bisa dibilang bahwa kolam renang dengan tipe skimmer ini memiliki banyak keunggulan / kelebihan yang tidak dimiliki oleh kolam renang jenis lain. Berikut ini beberapa keunggulan dari kolam renang jenis skimmer.

1. Cocok Diterapkan Pada Lahan Sempit

Salah satu keunggulan yang dihadirkan oleh kolam renang jenis skimmer ini adalah pembuatannya tidak memerlukan lahan luas. Beberapa orang tidak bisa memiliki kolam renang karena memiliki lahan terbatas.

Saat ini anda tidak perlu khawatir karena kolam renang jenis skimmer ini cocok digunakan di berbagai jenis lahan. Bahkan kolam renang jenis skimmer ini sering dibuat sebagai kolam renang mini.

Walaupun Anda memiliki lahan yang sempit, Anda masih bisa memiliki kolam renang dengan desain mewah dan memberikan banyak manfaat.

2. Perawatan Mudah

Keuntungan lain yang dihadirkan oleh kolam renang tipe skimmer ini adalah perawatannya sangat mudah. Dibandingkan dengan jenis kolam renang lain, Anda tidak perlu menguras banyak tenaga untuk membersihkan kolam renang tipe skimmer ini.

Perawatan kolam ini sangat praktis karena tidak membutuhkan pembersihan foot calce, dan juga tidak perlu membersihkan saluran flow. Cukup dengan maintain teratur dan pergantian air secara berkala jika diperlukan, maka kolam renang tipe skimmer ini langsung bersih dan bisa digunakan.

Membersihkan kolam merupakan pekerjaan yang cukup menguras waktu dan tenaga. Untuk Anda yang memiliki waktu terbatas, maka lebih baik anda menggunakan kolam renang tipe skimmer ini agar mudah dalam perawatannya. 

3. Biaya Pembuatan Murah

Keuntungan lain yang dihadirkan oleh kolam yang satu ini adalah biaya pembuatannya juga sangat murah. Dibanding dengan tipe kolam renang lainnya kolam skimmer merupakan salah satu kolam yang paling murah.

Jadi Anda bisa mendapatkan kolam bagus tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya. Dalam pembuatan kolam renang pada umumnya biasanya menggunakan saluran overflow. Pembuatan saluran overflow ini memakan banyak biaya.

Sedangkan pada kolam renang tipe skimmer saluran overflow tidak dibutuhkan, sehingga biaya pembuatannya jauh lebih irit. Selain itu kolam renang tipe skimmer ini bisa diterapkan pada lahan sempit, sehingga otomatis biaya pembuatannya jauh lebih murah dibanding jenis kolam lainnya. 

4. Bisa Diterapkan di Dalam Ruangan

Keuntungan lain yang bisa anda dapatkan jika memiliki kolam renang skimmer adalah kolam renang ini juga bisa ditempatkan di dalam ruangan.

Bagi Anda yang ingin memiliki kolam renang indoor, maka jenis kolam skimmer merupakan yang paling cocok Anda gunakan. Dengan sistem sirkulasi skimmer maka walaupun kolam tersebut ditempatkan di dalam ruangan, perawatan serta pembuatannya jauh lebih praktis.

Berbagai ukuran biasa Anda terapkan di dalam ruangan. Banyak rumah modern saat ini memiliki kolam renang mini di dalam ruangan. Pada umumnya kolam renang tipe skimmer yang digunakan karena jauh lebih efektif dan praktis. 

5. Kolam Tidak Menimbulkan Tumpahan Air 

Keunggulan lain yang dihadirkan oleh kolam renang tipe skimmer ini adalah kola mini tidak menimbulkan tumpahan air. Dengan sistem skimmer yang diterapkan maka level air biasanya berada di kisaran 5 cm sampai 10 cm.

Hal ini membuat air tidak mudah tumpah dari permukaan kolam. Dengan demikian penggunaan air pada kolam skimmer jauh lebih irit dibanding jenis kolam renang lainnya.

Hal ini juga membuat kolam renang jadi lebih tenang karena tidak adanya tumpahan air. Ketenangan air pada kolam renang tipe skimmer ini membuatnya cocok dijadikan sebagai tempat untuk melakukan relaksasi atau menenangkan pikiran. 

Kerugian atau Kelemahan Kolam Renang Skimmer

Walaupun kolam renang tipe skimmer ini memiliki banyak keunggulan, tetap saja kolam renang jenis ini juga memiliki kelemahan / kekurangan. Kelemahan tersebut tidak menjadikan kolam jenis ini layak diberikan begitu saja. Berikut ini beberapa kelemahan dari kolam renang tipe skimmer.

1. Kotoran Debu Mengambang di Permukaan Kolam

Salah satu kelemahan yang dihadirkan oleh kolam renang tipe skimmer ini adalah saat kolam baru selesai dibangun, maka kotoran debu yang berada di bawah kolam akan mengambang ke permukaan kolam.

Kotoran debu tersebut akan merusak keindahan kolam. Oleh karena itu Anda perlu segera membersihkannya agar kotoran tersebut tidak merusak kualitas air dan keindahan kolam.

Jika kolam tersebut dibangun di dalam ruangan maka kotoran debu tidak terlalu banyak. Jadi Anda tidak perlu khawatir karenanya. 

2. Air Kolam Mudah Menghijau Jika di Permukaan Terdapat Rontokan Daun

Kelemahan lain yang dimiliki oleh kolam renang tipe skimmer ini adalah air kolam dapat mudah menghijau jika di permukaan kolam terdapat rontokan daun daun.

Biasanya jika kolam renang terletak di bawah pohon, maka seringkali rontokan daun akan mengenai kolam. Sayangnya sistem skimmer tersebut tidak dapat mengatasi rontokan daun tersebut.

Oleh karena itu jika terdapat rontokan daun di permukaan air kolam maka Anda harus segera membersihkannya. Jika tidak, maka rontokan daun tersebut akan membuat air kolam jadi menghijau dan kualitasnya berkurang. Tentunya air kolam yang kualitasnya buruk tidak cocok digunakan. 

3. Perlu Melakukan Penambahan Air Secara Berkala

Kelemahan lain dari kolam renang tipe skimmer ini adalah pompa skimmer box bisa rusak jika pompa tersebut menghisap ingin.  Dalam kondisi normal pompa tersebut menghisap air sehingga sirkulasi air terjadi.

Namun jika debit air kolam berkurang dan pompa tersebut tampak di permukaan, maka hal ini dapat membuat pompa cepat rusak. Jika pompa skimmer tersebut menghisap angin terlalu sering, maka kualitas pompa mudah rusak nantinya.

Oleh karena itu pastikan selalu debit air pada kolam tetap terjaga. Biasanya kolam yang ditaruh diluar ruangan mudah berkurang akibat penguapan yang terjadi.

Oleh karena itu penambahan air perlu dilakukan secara berkala untuk mencegah kerusakan pada pompa.  

4. Hanya Efektif Untuk Kolam Renang Ukuran Kecil dan Sedang

Kekurangan lain dari kolam renang tipe skimmer ini adalah kolam renang ini hanya cocok diterapkan untuk kolam di perumahan yang penggunaannya untuk kepentingan pribadi.

Alasannya karena sistem skimmer tersebut hanya cocok diterapkan pada kolam renang ukuran sedang dan kecil saja. Jika ukuran kolam renang besar, maka sistem sirkulasi skimmer kurang cocok diterapkan.

Hal ini juga lah yang membuat kolam jenis skimmer ini lebih banyak digunakan di perumahan dari pada kolam renang komersial.

Terlepas dari beberapa kelemahan yang dimilikinya, kolam renang jenis skimmer ini sangat cocok digunakan di halaman rumah Anda, karena menghadirkan segudang manfaat. 

Sebagai tambahan informasi berikut ini kami tambahkan video yang mengulas tentang kekurangan kolam renang skimmer. Video tersebut diunggah oleh tim kami, di Dimulti Pool Channel.

Harga Kolam Renang Skimmer

Rp. 3,8 Jt / m2 – Biaya Pembuatan Kolam Skimmer
Spek harga pembangunan kolam renang skimmer
Konstruksi K-300, kolom balok, sloof
Beton lantai kerja tebal 10 CM
Gelaran besi rangkap 2, jarak anyam 15 CM
Cor beton bertulang tebal lantai 20, dinding 17 CM
Waterproofing 3 lapis
Instalasi pipa PVC standar AW
Finishing mosaic kuda laut
Finishing bibir kolam batu Andesit / paras Jogja 30×60 tebal standar 2 CM
Peralatan dan aksesoris menggunakan Hayward
*** Termasuk pembuatan ruang mesin
Finishing ruang mesin menggunakan keramik standar Roman ukuran 20x20cm
*** Termasuk galian dan buangan tanah
*** Termasuk pengisian air tanki
*** Termasuk water treatment
BONUS +++
Gratis survey lokasi dan pembuatan desain
Modul perawatan air kolam renang
Modul pengoperasian
pompa dan filter
Lampu LED 3 bh
Tangga kolam renang dan tutup ruang mesin stainless steel grade 304 (Merek DIMULTI)
NOTE:
Harga di atas untuk wilayah JABODETABEK
Di luar wilayah tersebut, ada tambahan biaya akomodasi & transportasi
*** Garansikebocoran 10 tahun dan garansi mesin 1 tahun
19/08/2020

Tabel di atas adalah biaya / harga pembuatan kolam renang skimmer menggunakan standar spesifikasi dari kami.

Desain yang Cocok Untuk Kolam Renang Skimmer

Kolam renang skimmer sangat cocok digunakan untuk memperindah tampilan rumah, karena kolam jenis ini dapat diaplikasikan dengan berbagai jenis desain.

Beberapa desain dari kolam renang jenis skimmer seperti, kolam skimmer indoor, kolam skimmer konsep modern, kolam renang konsep alam, kolam renang yang dipadukan dengan kayu, dan yang lainnya.

Jika Anda ingin memiliki kolam renang di rumah, maka kolam renang jenis skimmer ini merupakan yang paling cocok Anda gunakan. Selain biaya pembuatannya mudah, kolam renang skimmer ini juga sangat mudah dalam perawatannya.

Anda bisa berkonsultasi langsung dengan kontraktor jasa pembuat kolam renang langganan Anda, untuk mendapatkan insight lebih tentang kolam renang bersirkulasi skimmer ini.

8 Contoh Gambar / Desain Kolam Skimmer

Berikut di bawah ini 8 contoh gambar dan desain kolam renang indoor maupun outdoor dengan sistem sirkulasi skimmer. Anda bisa mengadopsi salah satu dari desain kolam renang skimmer tersebut.

Desain kolam renang outdoor (sirkulasi skimmer)

Desain kolam renang indoor (sirkulasi skimmer)

Semoga menginspirasai Anda. Hubungi kami jika Anda membutuhkan inspirasi keren lainnya terkait layanan jasa desain kolam renang pools.id