kolam renang rumah pribadi

Kolam Renang Rumah Pribadi

kolam renang rumah pribadi adalah sebuah aset pribadi yang bisa dijadikan sarana untuk berenang sekaligus menjadi pemantik naiknya nilai properti rumah. – pools.id

Memiliki kolam renang di rumah sendiri sangat menyenangkan. Bisa leluasa dan puas dalam berenang. Tidak risau dengan masalah keamanan, kebersihan. Masalah privacy lebih terjamin. Nilai jual rumah pun akan meningkat jika rumah tersebut dilengkapi dengan kolam renang. 

Kini meski lahan terbatas sekalipun tetap bisa dibuat kolam renang, bahkan bisa juga dibuat kolam renang di lantai atas yang sangat menarik. Terdapat banyak contoh desain kolam renang rumah pribadi yang bisa dipilih. Berikut ini beberapa pilihannya.

Letak Kolam Renang Rumah Pribadi

Berdasarkan lokasinya penempatan lokasi kolam renang rumah pribadi ada dua pilihan kolam renang yang dapat dipilih. Yakni kolam renang outdoor (Kolam renang yang berada di luar ruangan) dan kolam renang indoor (kolam yang sengaja dibangun di dalam ruangan tertutup).

Masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Perlu dipikirkan juga mengenai ventilasi ruangan yang cukup pada desain ruangan kolam renang indoor, sehingga sirkulasi udara bisa terjaga baik.

Lalu berdasarkan letaknya, kolam renang rumah pribadi bisa diletekan di area lahan lokasi rumah. Kolam renang bisa berada di bagian depan rumah atau di sisi jalan masuk. Bisa di bagian kanan atau sisi kiri. Bisa juga letaknya di bagian tengah rumah atau di bagian samping kanan atau samping kiri rumah.

Selain itu, menempatkan lokasi kolam renang rumah pribadi juga bisa berada di bagian belakang rumah, di halaman di lantai bawah atau di lantai atas rumah.

Ukuran Kolam Renang

Pilihan selanjutnya ialah ukuran kolam renangnya. Sesuaikan ukurannya dengan luas lahan yang tersedia, dan sisakan ruang yang cukup di sisi-sisi sekitar kolam renang untuk berlalu lalang dan akses baik pada saat hendak berenang maupun ketika hendak membersihkannya.

Jika masih memungkinkan maka pertimbangkan juga lahan untuk area tempat meletakkan kursi dan berbagai furniture pendukung maupun hiasan interior di sekitar kolam renang.

Kolam renang rumah pribadi tak terbatas hanya bisa dibangun di halaman atau lantai satu rumah, tapi bisa juga dibuat di lantai atas. Bisa juga bisa dikonsep dengan kolam renang model buka tutup. Baik untuk kolam renang indoor maupun kolam renang outdoor.

Dengan menggunakan penutup geser atau lipat, lahan di bagian atas kolam renang yang tertutup dapat difungsikan untuk keperluan lainnya. Misalnya untuk tempat duduk atau tempat hiasan interior maupun eksterior rumah dan lain sebagainya.

Kedalaman Kolam Renang

Lalu pilihan berikutnya ialah mengenai kedalaman kolam renang rumah pribadi. Tingkat kedalaman kolam renangnya, bisa dibuat dalam satu ukuran kedalaman atau berbeda level kedalaman dalam satu kolam renang.

Usahakan untuk membuat kedalaman kolam renang yang ergonomis supaya lebih nyaman. Sediakan juga tingkat kedalaman yang lebih dangkal untuk menyediakan tempat berenang bagi anak-anak.

Adapun tingkat kedalaman yang disarankan bagi anak-anak ialah sekitar 0,5 meter, sedangkan bagi orang yang dewasa dapat dibuat kolam renang dengan tingkat kedalaman sekitar 1,5 meter sampai 2 meter.

Perbedaan kedalaman tersebut bisa dibuat secara terpisah atau menyatu. Jika dibuat menyatu sebaiknya ditambahkan penyekat / pemisah. Misalnya menggunakan handrails sebagai pemisahnya.

Desain Gaya dan Bentuk Kolam Renang

Terdapat banyak sekali pilihan bentuk kolam renang. Beberapa bentuk seperti segi empat atau berlekuk-lekuk oval bisa dipilih guna menyiasati luas lahan yang terbatas. Optimalkan penggunaan lahannya agar terkesan lebih lapang / luas / lega.

Selain itu pertimbangkan juga dengan tema kolam renangnya agar serasi dengan tema gaya rumah secara keseluruhan. Pilih kolam renang dengan tema klasik yang dihiasi dengan berbagai ornamen senada sesuai dengan tema rumah yang bergaya klasik juga.

Atau pilih kolam renang simple bertema minimalis modern untuk rumah yang bergaya minimalis modern juga agar bisa serasi dengan eksterior dan interior rumah yang lainnya. Sedangkan pilihan bentuk kolam renang rumah pribadi dapat bervariasi. Beberapa variasi kami ulas sebagai berikut.

Empat Persegi Panjang atau Track

Bentuk ini yang paling banyak dipilih, dengan desain memanjang memungkinkan untuk berenang dengan lebih maksimal. Meski bentuknya agak kaku serta kurang alami kesannya, Namun bentuk ini dapat memaksimalkan penggunaan ruangan untuk tempat berenang.

Kemudian agar tidak terkesan kaku dan bisa terlihat lebih alami, dapat juga dibuat variasi lengkung pada sudut-sudutnya sehingga seperti membulat lonjong bentuknya.

Dapat juga diberi variasi tambahan berupa tempat masuk ke kolam renang (tangga kolam renang stainless misalnya) pada bagian tengah kanan atau kiri sisi panjang kolam renang. Selain itu bisa juga diletakkan tangga tersebut di ujung sisi terpendek, sisi segi empat kolam renangnya.

Segi Empat Sama Sisi

Kolam renang rumah pribadi sangat cocok dengan desain dalam bentuk segi empat sama sisi. Desain jenis ini dapat menampung lebih banyak orang, dan juga yang tidak terkesan terlalu kaku.

Bundar atau Bulat

Bisa juga dipilih kolam renang rumah pribadi dalam bentuk bulat seperti donut dua berjejer sehingga bisa nampak lebih alami kesannya. 

Setengah Lingkaran

Variasi bentuk ini juga bagus diaplikasikan di kolam renang rumah pribadi. Bisa memberikan kesan lebih alami. Selain itu, dengan bentuk ini bisa dikondisikan untuk lebih menonjolkan pemandangan di sekitar kolam renang. Dengan view yang segar maka akan terlihat cantik. Bisa menjadi pusat perhatian.

Bentuk Kombinasi

Pilihan desain bentuk kolam renang rumah pribadi yang lainnya ialah bentuk kombinasi. Yakni seperti pola berlekuk-lekuk atau bisa juga dipilih pola mirip huruf L atau mirip huruf O. Jika mengambil tema seperti huruf O tidak ada salahnya di buat taman di bagian tengahnya.

Bisa juga dibangun menyerupai bentuk mirip huruf S atau bentuk segi delapan. Sesuaikan dengan selera dan sisa lahan yang tersedia.

Dinding Kolam Renang 

Anda bisa memilih berbagai jenis material dinding kolam renang rumah pribadi. Prinsipnya, kolam renang bisa dibuat ground floor (kolam renang ditanam dibawah tanah) atau kolam renang above ground (kolam renang yang terletak di atas tanah).

Material dinding pembatas, bisa disesuaikan dengan material disekitar kolam renang. Dinding kolam renang tersebut bisa menggunakan material yang transparan, tembus pandang seperti dari kaca.

Bisa diaplikasikan untuk dinding kolam renangnya saja ataupun untuk dinding / tembok pembatas di sekitar kolam renang.

Dinding penyekat juga bisa menggunakan material padat seperti bata merah, batako, kayu dan lain sebagainya. Anda bisa menggunakan finishing batu alam, seperti batu paras jogja, batu andesit, batu kali dan lain sebagainya.

Untuk kolam renang di lantai atas seperti rooftop pool, akan terliat lebih elegan jika menggunakan penyekat transparan. Dengan dinding transparan perenang bisa leluasa menikmati view di sekitarnya. Sesuaikan saja dengan kondisi lahan dan selera Anda.

Pilihan Tema Warna Kolam Renang

Terdapat beragam tema warna kolam renang mulai dari tema warna senada hingga dalam gradasi warna maupun kombinasi dari berbagai warna-warna.

Untuk kolam renang bergaya desain minimalis modern biasanya dipilih dalam warna-warna baku standar seperti tone putih, gradasi abu-abu, gradasi biru atau bahkan hitam.

Bisa juga jika dikombinasikan dengan satu atau dua buah warna mencolok lainnya sebagai aksen, seperti merah atau hijau atau warna lainnya pada salah satu sisi bagian kolam renang tersebut.

Sedangkan untuk kolam renang bergaya alami dan tradisional bisa dipilih warna-warna natural alami seperti gradasi coklat atau orange yang berkesan lebih hangat. Atau gradasi dan kombinasi hijau dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk tema desain bergaya klasik mewah dapat dipilih warna kuning keemasan atau putih keperakan dan lain sebagainya. Pertimbangkan keserasian warnanya dengan warna interior dan eksterior bagian rumah lainnya.

Hiasan Tepi Kolam Renang

Pada bagian tepi kolam renang dapat diberi hiasan lapisan berupa lantai keramik atau lantai kayu yang berkesan lebih hangat dan lebih empuk. Uuntuk jenis kolam renang indoor, Sebagai penghiasnya, bisa juga lapisi dengan batu-batu koral, batu kali pada sisi seputar kolam renang.

Hiasan seperti itu, tetap bisa diterapkan pada kolam renang rumah pribadi baik itu outdoor maupun indoor. Pada lahan sisa, bisa ditambahkan dengan berbagai tanaman hias dan bunga-bunga.

Dengan penambahan tanaman hias dan bunga akan nampak alami, terlihat lebih indah, cantik, dan nyaman dipandang mata.

Usahakan untuk memilih penempatan kolam renang di tepi pohon yang rimbun. Apalagi yang memiliki daun mudah rontok. Ini sebagai tindakan preventif agar kondisi air kolam renang tidak mudah kotor berlumut. Dengan begitu biaya perawatan kolam renagn rumah pribadi bisa diminimalisir.

Sistem Sirkulasi Air Kolam Renang

Sistem sirkulasi air kolam renangnya juga bisa dipilih dengan menggunakan pilihan sistem sirkulasi air berikut ini.

Sistem Sirkulasi Skimmer Box

Pada sistem sirkulasi air dengan skimmer box akan terkesan kolam renangnya memiliki air yang relatif nampak tenang, tidak ada gelombang pergerakan.

Air kolam renang bisa terlihat lebih rapi serta tidak akan terlihat tumpah meluber ke sekitarnya. Sistem sirkulasi skimmer ini memiliki fokus filtrasi pada skimmer box saja. Tidak membutuhkan gutter, sebingga tidak ada dorongan air keluar dinding kolam renang.

Dengan begitu batas dinding kolam renang dibangun lebih tinggi dari level permukaan air kolam renang.

Sistem Sirkulasi Overflow

Pada sistem sirkulasi air kolam renang overflow, tumpahan air kolam renang akan jatuh di tempat tertentu di sekitar sisi kolam renang.

Sehingga kesannya air akan nampak tumpah meluber di sekeliling kolam renang.

Pada sistem ini diperlukan adanya sarana tambahan perlengkapan yaitu berupa gutter atau saluran yang menjadi tempat untuk menampung limpahan air kolam yang juga dilengkapi dengan balancing tank dan ruang mesin.

Setelah limpahan air nya tertampung di gutter, maka selanjutnya air kolam renang tersebut dapat langsung disalurkan menuju ke tempat balancing tank dengan melalui proses filterisasi.

Kemudian selanjutnya air dikembali kembali masuk ke dalam kolam renang. Itulah beberapa pilihan contoh kolam renang rumah pribadi.

Contoh Desain Kolam Renang Rumah Pribadi

Berikut ini adalah video contoh desain kolam renang rumah pribadi dengan ukuran 3 x 10 meter.

Silahkan menghubungi kami, jika membutuhkan jasa pembuatan kolam renang rumah pribadi.