kolam renang rooftop

Kolam Renang Rooftop

Kolam renang rooftop menjadi primadona, jika parameternya adalah view sekitar kolam renang. – pools.id

Kolam renang rooftop menjadi pilihan bagi orang yang ingin membuat kolam renang namun tak memiliki lahan ataupun alasan lainnya. Pada dasarnya kolam renang merupakan sebuah konstruksi buatan yang didesain untuk diisi air dan dimanfaatkan untuk melakukan aktivitas air seperti berenang, menyelam, dan lainnya.

Pada umumnya kolam renang dijadikan sarana olahraga air untuk berenang, dan biasanya konstruksi ini ada di hunian yang punya lahan luas ataupun tempat wisata.

Sementara kolam renang umum ialah kolam renang yang dibangun untuk keperluan publik. Atau yang menjadi bagian dari pusat kebugaran jasmani, lokasi hiburan, taman rekreasi.

Biasanya dilengkapi pula dengan berbagai fasilitas lainnya seperti rumah makan, sauna, lapangan olahraga renang, squash, tenis, dan lain-lain.

Pengertian Kolam Renang Rooftop

Kolam renang rooftop merupakan wadah berupa bak atau kolam berisi air yang lumayan banyak sesuai kapasitas kolam di mana tempat ini dimanfaatkan orang-orang untuk berenang dan terletak di rooftop sebuah bangunan.

Sejumlah hotel maupun tempat penginapan lainnya menyediakan fasilitas tersebut agar pelanggannya senang dan betah tinggal di sana.

Keuntungan dan Kerugian

Sekarang ini pembuatan kolam renang rooftop atau di atap semakin populer. Selain menambah nilai estetika rumah, kolam tersebut menjadi alternatif bagi hunian yang minus lahan untuk membuat kolam renang.

Sebagaimana benda lainnya, kolam renang di rooftop mempunyai kelebihan / keuntungan dan kekurangan / kerugian tersendiri. Berikut ulasan untung rugi kolam renang ini.

Keuntungan/ Kelebihan Rooftop Swimming Pool

1. Kolam Rooftop Menawarkan Suasana yang Segar

Memanfaatkan ruang di rooftop dengan membuat kolam renang akan menawarkan suasana berenang yang lebih segar. Suasana segar tersebut dapat Anda rasakan dari lokasi kolam yang berada di area terbuka, dengan begitu sirkulasi udara jadi lancar dan suplai oksigen pun lebih banyak.

Tak hanya itu, chlorine yang terdapat pada kolam renang dapat dengan mudah menguap berkat adanya sirkulasi udara yang lancar ini, sehingga air kolam jadi tak bau.

2. Rooftop Swimming Pool Menyajikan Pemandangan yang Lebih Luas

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, kolam renang di atap ini memiliki pemandangan yang lebih luas. Sehingga, kegiatan renang di kolam renang itu akan terasa lebih leluasa dan tubuh jadi bisa lebih rileks.

Di sana Anda bisa memandang langit atau bentangan alam yang lebih luas, sebab tak terhalang tembok. Pemandangan indah ini juga memungkinkan stress berlebih dapat diminimalisir.

3. Kolam Renang di Rooftop Dapat Meningkatkan Nilai Bangunan

Walaupun tak setinggi kolam renang dalam ruangan atau indoor, dengan adanya kolam renang yang di letakkan di rooftop diyakini dapat menaikkan nilai jual sebuah properti (bangunan hunian).

Kolam renang, entah itu di indoor ataupun outdoor, masih termasuk sebagai fasilitas mewah yang tak banyak dijumpai. Terlebih di daerah menengah ke bawah, pasalnya biaya pembuatan dan perawatan kolam renang tidak sedikit.

Karena itu, tak heran kalau sebagian besar bangunan high class mendirikan fasilitas kolam renang. Dengan salah satu harapan nilai hunian tersebut akan bertambah secara drastis.

Apalagi kolam renang ini berada di rooftop dan di bangun konsep menarik, tentunya hal ini akan memberikan nilai estetika yang tinggi begitupun nilai jual rumah.

Kerugian/Kelemahan

1. Kolam Renang di Atap Mempunyai Gangguan Cuaca yang Lebih Besar

Dikarenakan letak kolam berada di luar ruangan tepatnya di rooftop, maka penggunaan kolam renang ini cukup bergantung pada kondisi cuaca.

Apabila Anda berenang pada siang di saat sinar matahari sangat terik, maka berenang di waktu tersebut membuat perenang kurang nyaman. Meskipun sudah membalurkan tubuh dengan produk sunblock sengatan sinar matahari langsung tidak bisa dielakkan. Apalagi, sinar matahari yang terik terbukti tidak sehat bagi kulit.

Ketika musim penghujan tiba, Anda pun tak bisa berenang dibawah guyuran hujan dengan leluasa. Sebab berenang disaat demikian sangat tak aman dan tidak nyaman. Sehingga, apabila Anda mau berenang di kolam renang rooftop Anda mesti memilih cuaca yang mendukung, agar terhindar dari sakit maupun hal-hal yang tak diinginkan lainnya.

2. Kolam Renang yang berada di Rooftop Mudah Kotor

Kerugian / kelemahan berikutnya, jika dibandingkan dengan kolam renang dalam ruangan, kolam renang rooftop itu lebih cepat kotor. Hal ini disebabkan tempat kolam renang ada di luar ruangan ditambah tidak terdapat pelindung. Dengan begitu kotoran lebih mudah masuk ke air kolam.

Kotoran berupa debu, daun, maupun kotoran lainnya mudah masuk ke kolam renang hingga membuat kolam jadi kotor. Apabila dibiarkan kolam renang dalam keadaan kotor seperti itu, maka hal ini bisa menjadi sumber penyakit, sebab di dalam kolam telah menjadi sarang bakteri maupun kuman yang berkembang biak.

3. Rooftop Swimming Pool Mudah Ditumbuhi Lumut

Nilai minus rooftop swimming pool selanjutnya yakni, kolam renang rooftop ini mudah sekali ditumbuhi lumut. Kolam dalam kondisi selalu terpapar dengan sinar matahari langsung secara terus-menerus, mengakibatkan lumut lebih mudah tumbuh.

Untuk mencegah atau mengatasi pertumbuhan lumut ini dapat Anda lakukan dengan melakukan perawatan kolam renang dengan cara yang tepat dan rutin.

4. Kolam Renang di Rooftop Memerlukan Chemical yang Lebih Banyak

Kolam renang yang berada di outdoor terutama kolam renang rooftop, membutuhkan chemical dengan jumlah lebih banyak ketimbang yang dibutuhkan pada kolam renang di dalam ruang.

Kolam renang jenis outdoor (di atap hunian seperti ini), memiliki sirkulasi udara lebih baik dengan paparan sinar matahari lebih terik. Dengan kondisi tersebut, maka membuat chemical yang ada di air kolam jadi lebih cepat menguap.

Perawatan Swimming Pool

Tindakan perawatan kolam renang rooftop tidak berbeda jauh dengan perawatan pada jenis kolam lainnya. Melakukan maintenance pada kolam renang sebetulnya juga tidak terlalu mahal.

Terlebih jika Anda memiliki tukang kebun. Dengan mengacu buku panduan (modul) perawatan kolam renang dari kami, tukang kebunpun bisa melakukan perawatan kolam renang dengan benar.

Tindakkan perawatan berlaku sama untuk jenis kolam renang rumah dengan model konvensional. Menjadi berbeda proses dan cara perawatannya untuk kolam renang garam. Berikut ini bisa diaplikasikan pada kolam renang di rooftop tersebut.

  • Masukkan kaporit tablet sebanyak 2 tablet per minggu, harga kaporit di pasaran biasanya Rp. 50.000,- per 5 tablet.
  • Berikan copper sulphate pada kolam sedikit saja setiap minggu agar air kolam tidak berwarna hijau.
  • Lakukan vacuum 2x per minggu
  • Top up atau mengisi air 1x per minggu
  • Setipa ada penambahan air, tambahkan kaporit, tawas, pac setelah itu di vakum.

Perawatan berkala ini bisa juga Anda serahkan ke jasa pemeliharaan kolam renang. Akan tetapi biaya operasional jasa kolam renang ini lumayan besar. Belum termasuk biaya pemakaian listrik. Penggunaan mesin pompa filter kolam renangnya cukup besar wattnya, kurang lebih 1500 watt.

Hal ini tergantung dari kekuatan motor pompa. Bila Anda ingin hemat listrik tidak perlu mengaktifkan seharian filter dan pompa, cukup hidupkan minimal 6 jam per hari.

Contoh Desain Kolam Renang Rooftop

1. Desain kolam renang dengan dinding kaca

kolam renang rooftop dinding kaca
kolam renang rooftop dinding kaca – pinterest.co.uk

Apabila Anda berkeinginan untuk memiliki kolam renang tetapi ternyata halaman rumah tak cukup untuk membuat kolam renang, maka kolam renang rooftop dapat dijadikan pilihan terbaik.

Perlu diketahui, banyak resort ataupun hotel yang telah menerapkan kolam renang di atap bangunan. Jadi untuk membangunnya di hunian Anda kenapa tidak? Pastinya desain rooftop rumah menjadi makin menarik.

Seperti yang terlihat dari contoh desain pengaplikasian kolam renang di rooftop ini, kolam renang di sana dibuat dari kaca yang kuat dan tebal. Konsep dek dengan lapisan kayu di sekelilingnya terkesan modern vintage.

Ditambah lagi dinding kaca membuat pemandangan jadi lebih luas. Tampilan rooftop jadi lebih menarik untuk dimanfaatkan dalam acara apapun.

2. Desain Kolam dengan Ukuran Mini

Desain Kolam Rooftop dengan Ukuran Mini
Desain Kolam Rooftop dengan Ukuran Mini – pinterest.co.uk

Pada desain kolam renang satu ini dapat dijadikan inspirasi bagi Anda. Terlebih bagi yang suka desain kolam renang dengan ukuran mini di atap.

Kolam tersebut mempunyai ukuran kecil dengan luas sekitar 3 x 3 meter. Dengan luas tersebut dirasa sudah cukup nyaman untuk sekadar melkukan kegiatan berendam dan renang kecil. Bisa dijadikan sarana untuk refreshing dan menyegarkan diri.

Penggunaan material conwood sebagai decking di kolam renang ini jadi tampak lebih berkelas dan juga elegan. Kalau Anda mau mengadopsi desain seperti ini sangat bisa dilakukan. Supaya menambah kesan alami di lokasi tersebut, sebaiknya tambahkan beberapa tanaman hias di sekeliling area.

3. Rooftop Swimming Pool Teduh

kolam renang rooftop teduh
kolam renang rooftop teduh – pinterest.co.uk

Tentunya sangat menyenangkan ketika Anda punyai kolam renang outdoor pada rooftop di rumah. Di sana Anda bisa berenang kapan saja. Anda pun dapat menikmati suasana sunrise dan sunset ketika berenang. Hal demikian pastinya bisa menjadi pengalaman mengesankan sekaligus bisa dijadikan aktivitas bersama keluarga yang bisa dilakukan kapanpun Anda inginkan. 

Mengimplementasikan desain kolam renang pada rooftop Anda. Dengan konsep santai seperti di atas dapat diwujudkan sesuai dengan keinginan Anda.

Melihat tampak permukaan air yang kebiruan sudah sangat menyejukkan. Ditambah dengan pemandangan indah kehijauan serta langit cerah. Perpaduan ini sangat selaras. Meletakkan kursi santai di area teduh akan membuat Anda nyaman ketika menghabiskan waktu libur di kediaman sendiri.

4. Kolam Renang Sederhana

kolam renang rooftop sederhana
kolam renang rooftop sederhana – pinterest.co.uk

Contoh rancangan kolam renang di rooftop selanjutnya, yakni dengan desain kolam renang di mana konsep kolam dibuat sangat sederhana. Desain kolam renang terbuka di rooftop dipadukan dengan decking conwood serta material lantai dari keramik yang tak terlalu mencolok.

Kombinasi ini membuat terlihat modern dan menarik. Pastinya kesan berenang yang sangat menyenangkan sangat bisa didapat ketika Anda berenang dalam kolam renang ini.

5. Rooftop Swiming pool Memanjang, Tembus Pandang

Rooftop Swiming pool Memanjang, Tembus Pandang
Rooftop Swiming pool Memanjang, Tembus Pandang – pinterest.co.uk

Baik itu kolam renang persegi maupun persegi panjang dengan desain tembus pandang, konsep sederhana dan manis pada kolam renang ini bisa ditempatkan pada rooftop rumah yang memiliki bentuk panjang.

Dikarenakan kolam tersebut tembus pandang, cahaya dari kolam renang ini akan menerangi ruang rumah di bawah kolam tersebut, sehingga Anda tak perlu menyalakan lampu terlalu banyak di siang hari.

6. Rooftop Swimming Pool kecil

Rooftop Swimming Pool kecil
Rooftop Swimming Pool kecil – pinterest.co.uk

Anda dapat mempermanis tempat bersantai di hunian, bagian rooftop rumah bisa diubah untuk dijadikan tempat bersantai sambil bermain air di kolam renang.

Kegiatan demikian tentu sangat menyenangkan dilakukan bersama keluarga, terutama bersama buah hati tersayang. Dengan mengaplikasikan desain contoh kolam renang pada gambar seperti kolam renang di atap rumah ini.

Pada rancangan kolam ini Anda dapat buat dengan bentuk yang tak terlalu besar tapi cukup untuk berenang kecil. Kursi serta tanaman hijau melengkapi rooftop tempat Anda dan keluarga bersantai dan berenang di sana.

Memiliki hunian dengan kolam renang tentu menjadi nilai lebih, meski terdapat kelemahannya. Tetapi bila Anda dapat merawatnya dengan baik hal tersebut dapat diatasi.

Video Kolam Renang Rooftop

Dalam video ini kami akan membahas perihal instalasi pemasangan mesin pompa dan mesin filter kolam renang di rooftop tepatnya di daerah Cimanggis, Depok. Jawa Barat.

Membuat kolam renang rooftop dengan contoh desain di atas dapat Anda pergunakan, asalkan Anda memiliki dana yang cukup untuk membuat dan merawatnya. Silahkan hubungi kami jika memerlukan konsultan Jasa Pembuatan kolam renang di atap (rooftop).