kolam renang overflow

Kolam Renang Overflow

Kolam renang overflow terbilang paling banyak digandrungi. Walaupun demikian, bukan berarti tidak memiliki kekurangan. – pools.id

Apakah Anda sedang berencana membuat kolam renang? Jika iya, simak penjelasan mengenai kolam renang overflow berikut ini untuk menambah wawasan dan memperlancar keperluan pembuatan kolam renang Anda.

Pengertian Kolam Renang Overflow

Dari berbagai jenis sistem sirkulasi pada kolam renang, ada yang namanya kolam renang overflow. Konsep dari kolam renang overflow adalah pengairannya melimpahkan air keluar dari badan kolam renang, yang mana air limpahan tersebut kemudian diolah menggunakan penyaringan dan dikembalikan lagi ke kolam dengan menggunakan mesin pompa air.

Tujuan dari penyaringan tersebut adalah supaya air yang tumpah tadi bisa digunakan kembali tanpa perlu khawatir. Air yang dihasilkan akan lebih sehat dan lebih jernih. Penggunaan sistem kolam renang overflow ini juga mengunggulkan estetika dengan kebersihan yang tetap diupayakan. 

Kolam renang overflow ini mengutamakan kebersihan air dan juga keindahan desain.

Cara Kerja Kolam Renang Overflow

Kolam renang overflow akan bekerja dengan cara mengalirkan air dari bagian utama kolam (maindrain) melalui saluran plumbing menuju sistem filtrasi (penyaringan) untuk kemudian diolah sehingga air menjadi bersih dan dapat digunakan kembali.

Air tersebut yang telah diolah kemudian dikembalikan ke dalam kolam melalui return inlet.

Karena jenisnya overflow (meluap), maka air yang meluap dari kolam renang tersebut kemudian mengalir menuju balance tank (tangki penampung) yang gunanya selain untuk menampung limpahan air adalah juga untuk menambahkan air pada kolam renang setelah diolah melalui sistem filtrasi yang ada. 

Lamanya air kembali pada kolam renang hasil dari filtrasi dapat dihitung dengan cara melihat kemampuan pompa air dan juga luas kolam renang Anda. Jika ternyata air tidak kunjung bersih, maka bisa jadi ada pemasangan pada sistem sirkulasi yang tidak benar dan perlu diperbaiki.

Keuntungan Kolam Renang Overflow

Kelebihan atau keuntungan kolam renang overflow dapat Anda simak sebagai berikut.

1. Mampu menampung kelebihan air hujan

Anda tidak perlu khawatir akan apa yang terjadi pada kolam renang Anda ketika hujan lebat. Kolam renang overflow memiliki tank penampung yang dapat digunakan untuk menampung jumlah volume air hujan dalam kapasitas tinggi.

2. Kebersihan kolam renang akan selalu terjaga

Kolam renang yang menggunakan sistem overflow akan selalu terjaga kebersihan dan kualitas airnya dengan maksimal. Permukaan air yang kotor tersebut akan mengalir menuju bagian tepi kolam dan meluap membawa kotoran yang mengambang pada permukaan air, sehingga bagian dalam kolam akan tetap bersih.

3. Tampilan yang menarik

Kolam renang overflow memiliki desain yang indah, akibat efek yang timbul dari luapan air pada tepi kolam. Anda yang memiliki kolam renang overflow pribadi (di rumah) akan merasa bahwa tampilan kolam renang Anda terlihat menarik dan berestetika.

4. Penambahan bahan kimia dapat dilakukan di balance tank

Penambahan bahan-bahan kimia pada kolam renang dapat dilakukan pada balancing tank, jadi Anda tidak perlu menambahkannya pada kolam renang secara langsung.

5. Sirkulasi dan filtrasi optimal

Sistem sirkulasi air pada kolam renang dengan sistem overflow ini akan lebih optimal, begitu juga dengan penyaringan yang dilakukan. Ini membuat Anda mendapatkan kualitas air kolam renang yang bersih dan terjaga setiap waktu.

6. Perawatan lebih ringan

Perawatan kolam renang overflow ini termasuk ringan karena kotoran yang ada pada permukaan air akan mengalir menuju balance tank dan kemudian airnya disaring pada sistem filtrasi, sehingga bagian dalam kolam akan memiliki endapan yang minim. Itulah mengapa pembersihan dan perawatan pada bagian dalam kolam cenderung lebih ringan. 

Kerugian Kolam Renang Overflow

Selain memiliki keuntungan / kelebihan, tentu kolam renang overflow ini juga memiliki kelemahan / kerugian baik dari sisi luas lahan, waktu, instalasi, dan juga biaya. Berikut ini kerugian dari kolam renang overflow.

1. Butuh area yang luas

Kolam renang overflow membutuhkan lahan yang luas untuk pembangunannya. Hal ini dikarenakan adanya balance tank yang ada pada kolam renang overflow membutuhkan wadah yang cukup luas pula untuk menampung limpahan air.

2. Memerlukan waktu dalam membersihkan balance tank

Pada bagian utama kolam renang mungkin lebih mudah dibersihkan dan perawatannya juga cenderung ringan. Namun, bagian yang terdampak akibat limpahan air yang kotor adalah balance tank, karena kotoran mengalir pada bagian ini.

Balance tank memang akan sangat berguna ketika menampung limpahan air yang banyak, namun Anda juga perlu meluangkan banyak waktu dan tenaga untuk membersihkan balance tank tersebut.

Untuk memperingan, Anda bisa menambahkan bahan-bahan kimia penjernih air pada bagian balance tank tersebut.

3. Instalasi yang rumit

Instalasi plumbing yang rumit menyebabkan tidak semua orang dapat memasang unit kolam renang overflow. Bagaimanapun Anda memang membutuhkan jasa pembuat kolam renang yang sudah ahli dan berpengalaman supaya tidak ada kebocoran dan kesalahan dalam pemasangan di kemudian hari.

4. Biaya yang mahal

Biaya yang mahal ini terdiri dari biaya untuk membangun kolam renang overflow dalam area yang luas, dan juga perawatan yang Anda perlukan untuk merawat kolam renang tersebut.

Di antara perawatan tersebut adalah pembersihan balance tank, yang memerlukan waktu yang lama dan biaya yang tidak juga sedikit.

5. Rentan bocor

Kekurangan selanjutnya adalah bahwa desain kolam renang overflow ini rentan terhadap kebocoran. Bagian-bagian yang rentan kebocoran ini meliputi gutter kolam dan juga balance tank. Jadi, Anda juga harus mempersiapkan biaya tambahan untuk menanggulangi kebocoran pada bagian-bagian tersebut. 

Untuk melengkapi informasi tentang kelemahan dan kelebihan kolam renang jenis ini, berikut kami lampirkan video yang juga mengulas tentang kelemahan dan kelebihan kolam renang overflow.

Contoh Desain Kolam Renang Overflow

Kolam renang overflow terdiri dari beberapa macam desain yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. berikut adalah beberapa desain yang bisa Anda gunakan.

1. Infinity Pool/ Negative Edge/Zero Edge Pool

contoh kolam renang infinity pool
Contoh kolam renang infinity pool

Infinity pool merupakan salah satu jenis kolam renang overflow yang menghasilkan refleksi air dan langit sehingga kesan yang akan timbul adalah kolam renang tak memiliki tepian dan efeknya juga kolam renang tampak lebih luas.

Kolam renang tipe ini sangat populer di hotel berbintang maupun resort-resort mahal. Pemasangannya terkadang dilakukan pada rooftop untuk mencapai hasil infinity yang maksimal.

Cara kerja infinity pool adalah air akan mencapai pada batas dinding dan jatuh sesuai gravitasi. Air yang jatuh pada balance tank tersebut akan menciptakan efek yang indah. 

2. Flush Zero Edge

Contoh kolam renang Flush Zero Edge
Contoh kolam renang Flush Zero Edge

Kolam renang overflow jenis flush zero edge adalah jenis kolam renang dengan tepi rata baik antara batas dinding maupun dengan tepi bagian luar.

Anda yang memiliki lahan cukup terbatas dapat diuntungkan dengan penggunaan flush zero edge sebagai desainnya karena memang tujuannya memanfaatkan lahan.

Efek visual yang dihasilkan bersih dan terlihat modern. Anda juga dapat menyesuaikan bagian tepi kolam dengan memilih material yang berbeda untuk bangunan kolamnya.

3. Underflow/ Hidden Flow

Contoh kolam renang Underflow atau Hidden Flow
Contoh kolam renang Underflow atau Hidden Flow

Kolam renang jenis ini akan menyembunyikan gutter pada bagian bawah tepi sepanjang perimeter kolam. Sehingga, hasil yang didapatkan adalah tampilan yang bersih dan jernih. Pada beberapa kesempatan, Anda juga bisa menyesuaikan tingkat luapan yang diinginkan.

4. Traditional overflow

Contoh kolam renang Traditional overflow
Contoh kolam renang Traditional overflow

Jenis traditional overflow ini termasuk klasik dengan efek meluap melebihi batas bagian luar kolam. Pada saluran gutternya akan terpotong pada bagian tepi atau lantai kolam.

5. Raised overflow

Contoh kolam renang Raised overflow
Contoh kolam renang Raised overflow

Desain raised overflow adalah air yang kolam akan mengalir keluar dari bagian tepi kolam menuju saluran gutter yang mana pendapatannya lebih rendah daripada permukaan air, membentuk beberapa efek yang indah . Selanjutnya, air yang meluap tersebut akan membentuk aliran air pada bagian tepi kolam renang.

Ini sebenarnya hampir sama dengan flush edge overflow dengan perbedaan adalah pada bagian tepi kolam renang akan terangkat dengan seluruh perimiter atau pada sisi tertentu saja. Desain ini sangat cocok digunakan pada lokasi yang curam ataupun miring.

Membangun Kolam Renang

Perencanaan yang matang akan menghindarkan Anda dari kesia-siaan baik waktu dan juga biaya. Perencanaan yang baik dan matang akan membantu meminimalisir resiko tersebut. Ketika Anda ingin membangun kolam renang, beberapa hal berikut ini dapat dijadikan acuan sebagai bahan perencanaan Anda.

1. Mempersiapkan lahan 

Tahap pertama ketika Anda ingin membuat kolam renang adalah mempersiapkan lokasi dimana Anda ingin membangun kolam renang. Apakah kolam renang tersebut untuk pribadi, ataukah dibuka untuk umum.

Anda kemudian dapat melakukan pengukuran lahan supaya desain yang dibuat nantinya tepat dan juga optimal sesuai dengan keadaan lahan tempat membangun kolam renang.

2. Memilih desain kolam renang overflow

Sebelumnya, sudah dijelaskan contoh-contoh desain dari kolam renang overflow, kemudian Anda tinggal menentukan desain mana yang akan Anda pilih.

Yang perlu Anda pertimbangkan ketika memilih desain kolam renang adalah yang sesuai dengan kebutuhan Anda, keindahan dari kolam renang itu sendiri, dana yang Anda miliki, luas lahan yang ada, dan juga kemampuan dari jasa kontraktor yang Anda gunakan

3. Menyiapkan anggaran dana

Pembangunan kolam renang yang Anda harapkan juga harus disesuaikan dengan anggaran dana yang Anda siapkan, karena itu, Anda akan membelanjakan uang Anda dengan tepat dan seefisien mungkin.

Penyiapan anggaran dana ini untuk mengantisipasi adanya pembengkakan anggaran dan melebihi rencana anggaran Anda. 

Adapun penyiapan anggaran juga meliputi material yang digunakan, jumlah hari orang kerja, dan juga layanan-layanan lain yang disediakan oleh jasa kontraktor kolam renang jika Anda menggunakan jasanya.

4. Memilih jasa kontraktor kolam renang yang tepat

Setelah Anda menentukan desain, sebagai bahan acuan untuk pembuatan kolam renang, Anda juga dapat menggunakan layanan jasa kontraktor kolam renang yang profesional.

Perlu Anda ketahui, bahwa tidak semua jasa kontraktor kolam renang akan bisa menyanggupi permintaan jenis desain yang Anda minta, hal itu karena adanya keterbatasan dalam kemampuan pembangunan. 

Jika Anda menemukan jasa kontraktor yang bisa membangun seperti desain yang Anda minta tentu akan sangat membantu. Maka, sebaiknya konsultasikan desain tersebut kepada jasa kontraktor yang Anda gunakan. 

Bagaimanapun, memilih yang sesuai bagi kedua pihak, baik bagi Anda maupun jasa kontraktor akan membuat pembangunan kolam renang tersebut semakin cepat, efisien dalam biaya dan tenaga kerja, dan juga yang jelas sesuai dengan yang Anda harapkan.

Demikian penjelasan mengenai kolam renang overflow yang perlu Anda ketahui. Selanjutnya, Anda sudah bisa menentukan langkah-langkah apa saja yang perlu Anda siapkan untuk mewujudkan kolam renang impian Anda!

Harga Kolam Renang Overflow

Rp. 4 Jt / m2Semi OverflowRp. 4,2 Jt / m2FULL Overflow
Spesifikasi pembangunan kolam renang semi overflowSpesifikasi pembangunan kolam renang full overflow
Konstruksi K-300, kolom balok, sloofKonstruksi K-300, kolom balok, sloof
Beton lantai kerja tebal 10 CMBeton lantai kerja tebal 10 CM
Gelaran besi rangkap 2, jarak anyam 15 CMGelaran besi rangkap 2, jarak anyam 15 CM
Cor beton bertulang tebal lantai 20, dinding 17 CMCor beton bertulang tebal lantai 20, dinding 17 CM
Waterproofing 3 lapisWaterproofing 3 lapis
Instalasi pipa PVC standar AWInstalasi pipa PVC standar AW
Finishing mosaic kuda lautFinishing mosaic kuda laut
Finishing bibir kolam batu Andesit / paras Jogja 30×60 tebal standar 2 CMFinishing bibir kolam batu Andesit / paras Jogja 30×60 tebal standar 2 CM
Peralatan dan aksesoris menggunakan HaywardPeralatan dan aksesoris menggunakan Hayward
*** Termasuk
pembuatan gutter, ruang mesin dan ruang balancing tank
*** Termasuk
pembuatan gutter, ruang mesin dan ruang balancing tank
Finishing ruang mesin dan ruang balancing tank menggunakan keramik standar Roman ukuran 20x20cmFinishing ruang mesin dan ruang balancing tank menggunakan keramik standar Roman ukuran 20x20cm
*** Termasuk
galian dan buangan tanah
*** Termasuk
galian dan buangan tanah
*** Termasuk
pengisian air tanki
*** Termasuk
pengisian air tanki
*** Termasuk
water treatment
*** Termasuk
water treatment
BONUS +++BONUS +++
Gratis survey lokasi dan pembuatan desainGratis survey lokasi dan pembuatan desain
Modul perawatan air kolam renangModul perawatan air kolam renang
Modul pengoperasian
pompa dan filter
Modul pengoperasian
pompa dan filter
Lampu LED 3 bhLampu LED 3 bh
Tangga kolam renang dan tutup ruang mesin stainless steel grade 304 (Merek DIMULTI)Tangga kolam renang dan tutup ruang mesin stainless steel grade 304 (Merek DIMULTI)
NOTE:NOTE:
Harga di atas untuk wilayah JABODETABEKHarga di atas untuk wilayah JABODETABEK
Di luar wilayah tersebut, ada tambahan biaya akomodasi & transportasiDi luar wilayah tersebut, ada tambahan biaya akomodasi & transportasi
*** Garansi
kebocoran 10 tahun dan garansi mesin 1 tahun
*** Garansi
kebocoran 10 tahun dan garansi mesin 1 tahun
19/08/2020

Tabel diatas adalah harga pembangunan kolam renang jenis overflow menggunakan material dengan spesifikasi standar rekomendasi dari kami.