kolam renang outdoor

Kolam Renang Outdoor

Kolam renang outdoor merupakan salah satu fasilitas yang banyak di Jumpai di tempat wisata air. – pools.id

Kolam renang telah menjadi fasilitas populer dalam hunian modern. Selain menjadi sarana olahraga, kolam renang juga bisa menjadi sarana relaksasi bagi penghuni rumah. Bentuk kolam renang yang diaplikasikan pada suatu hunian pun kian beragam. Mulai dari kolam indoor hingga kolam renang outdoor

Kolam renang indoor maupun outdoor memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Agar tidak keliru dalam membuat kolam renang, Anda harus membuat perencanaan yang matang.

Mulai dari pemilihan konsep, penentuan anggaran, penyesuaian dengan lahan yang ada, desain kolam renang, hingga pemilihan tenaga profesional untuk membuat kolam renang.

Apa Itu Kolam Renang Outdoor?

Kolam renang outdoor pada dasarnya mempunyai fungsi yang sama dengan kolam renang indoor. Letak perbedaan keduanya hanyalah pada lokasinya saja.

Secara spesifik, kolam renang outdoor terletak di area terbuka dengan sirkulasi udara yang lebih segar sehingga kesan alam pun lebih ditonjolkan. Tak mengherankan jika jenis kolam renang luar ruangan menjadi pilihan bagi banyak orang. 

Keuntungan / Kelebihan

Ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh dari konsep kolam renang outdoor. Dari ruang yang lebih luas, suasanya yang lebih segar, hingga meningkatnya nilai estetika suatu hunian.

1. Ruang kolam outdoor lebih luas dari kolam indoor

Dengan mengusung konsep outdoor, kolam renang akan mempunyai space yang lebih luas, sehingga Anda dapat menambahkan aksesoris tambahan disekitar kolam. Misalnya seperti kursi dan meja yang dapat digunakan untuk bersantai hingga tanaman hias untuk mempercantik tampilan.

2. Kolam outdoor mempunyai suasana lebih segar

Keuntungan lain dari konsep kolam outdoor adalah suasana yang lebih segar. Hal ini dikarenakan sirkulasi udara yang lancar serta suply oksigen yang memadai.

Selain itu, konsep outdoor juga memberikan pandangan mata yang lebih luas dibanding kolam renang indoor. Sembari berenang Anda dapat menikmati langit dan bentang alam lainnya. Dengan begitu Anda bisa merasa lebih rileks. 

3. Meningkatnya nilai estetika suatu bangunan

Nyatanya kolam renang outdoor mampu meningkatkan nilai estetika bangunan. Dengan pemilihan desain yang menarik nilai jual suatu bangunan akan meningkat. Selain itu kolam outdoor pun memiliki budget yang relatif lebih rendah dari kolam renang indoor

Kerugian / Kekurangan

Selain mempunyai beragam keuntungan, kolam renang dengan konsep outdoor juga memiliki kerugian / kekurangan. Oleh karenanya, Anda perlu memikirkannya matang-matang sebelum memutuskan membuat kolam renang di rumah. 

1. Kolam renang jadi lebih mudah kotor

Kolam renang outdoor lebih cepat kotor dibanding kolam indoor. Hal ini dikarenakan kolam renang tidak memiliki pelindung sehingga kotoran seperti debu dan dedaunan lebih mudah masuk ke dalam kolam. Otomatis Anda pun harus membersihkannya secara rutin jika tidak ingin kolam renang menjadi sarang bakteri dan kuman. 

2. Gangguan cuaca yang lebih besar

Kolam renang dengan konsep outdoor memiliki gangguan cuaca lebih besar dibanding kolam indoor. Cuaca terik di siang hari membuat Anda tidak nyaman untuk berenang. Sementara di musim penghujan, kolam renang outdoor pun tidak dapat digunakan untuk berenang. 

3. Membutuhkan chemical lebih banyak

Chemical yang digunakan pada kolam outdoor lebih tinggi dibanding kolam renang indoor. Hal ini disebabkan oleh paparan sinar matahari dan udara yang lancar membuat chemical lebih cepat menguap. 

4. Mudah ditumbuhi lumut

Paparan sinar matahari secara terus menerus dapat memicu tumbuhnya lumut. Itulah mengapa kolam renang outdoor rentan terhadap lumut. Namun hal ini dapat dicegah dengan melakukan perawatan secara rutin.

Kolam Renang di Lahan Minimalis

Membuat kolam renang outdoor tidak harus mempunyai lahan yang luas. Anda tetap bisa membuat kolam dengan lahan sempit dan minimalis. Agar tampilan kolam minimalis terlihat lebih lega, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini. 

1. Pastikan ukuran kolam tetap ideal

Kenyamanan dalam bergerak menjadi prioritas utama ketika membuat kolam renang. Supaya kolam minimalis di rumah Anda tetap nyaman untuk digunakan pastikan bahwa ukurannya tetap ideal.

Ukuran minimal untuk kolam renang berkonsep minimalis ialah 6 m x 2 m dengan bentuk yang memanjang. Sementara luas lahan yang dibutuhkan untuk membuat kolam renang outdoor minimalis kurang lebih adalah 8 m x 2 m. 

2. Gunakan sistem skimmer

Ada dua sistem pengairan yang biasa digunakan untuk kolam renang. Yaitu sistem skimmer dan overflow. Untuk kolam outdoor minimalis, Anda bisa menggunakan sistem skimmer. Mesin penyaring pada sistem skimmer akan membersihkan air kolam secara otomatis, sehingga Anda tidak perlu menggantinya lagi. 

Video Kolam Renang Outdoor

Konstruksi kolam renang baik indoor ataupun outdoor pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Video ini kami membahas kelebihan dan kekurangan dalam kolam renang outdoor.

Contoh Desain Kolam Renang Outdoor dengan Lahan Terbatas

Kolam renang bisa menjadi tempat untuk merelaksasikan diri setelah aktivitas sehari-hari. Apalagi dengan konsep outdoor yang langsung menyatu dengan alam.

Akan tetapi, lahan yang teratas kerap kali membuat minimnya ide. Nah, beberapa contoh desain kolam renang berikut ini bisa jadi referensi bagi Anda yang ingin membuat kolam renang outdoor namun lahannya terbatas. 

Above-Ground Pool 

Above-ground pool
Above-ground pool via pinterest.co.uk

Above-ground pool bisa menjadi konsep tepat untuk Anda yang tidak ingin menggali tanah untuk membuat kolam renang. Konsep above-ground pool merupakan kolam renang semi permanen, sebab konstruksinya dapat dibongkar pasang. Dengan begitu, Anda dapat memindahkan kolam renang dengan mudah. 

Dari segi biaya, kolam renang outdoor above-ground pool relatif lebih terjangkau dibanding inground-pool. Keuntungan lain dari above-ground pool adalah dapat dipasang pada area apapun.

Selain itu Anda juga dapat menyesuaikan ukuran dan ketinggian kolam dengan material yang digunakan. Untuk mempercantik tampilan kolam renang, Anda dapat menambahkan seluncuran, kursi, hingga meja di sekitar kolam renang. 

Lap pool 

lap pool
lap pool via pinterest.co.uk

Konsep lap pool merupakan pilihan tepat untuk lahan sempit namun memanjang. Desain lap pool dapat Anda sesuaikan dengan luas lahan yang tersedia.

Kolam renang lap pool dengan bentuk persegi panjang dan lebar yang cenderung kecil umumnya difungsikan untuk kesehatan maupun fitnes.

Supaya tampilannya lebih selaras dengan hunian Anda, kolam renang berdesain lap pool dapat Anda letakkan sejajar dengan pagar atau dinding rumah. 

Natural pool

natural pool
natural pool via pinterest.co.uk

Ide kolam renang outdoor berikutnya adalah natural pool. Kolam renang yang mengusung konsep ini dirancang dengan gaya bebas namun menonjolkan unsur alam.

Ciri khas dari natural pool adalah penggunaan bebatuan besar, air terjun, tanaman hijau, maupun bebatuan alam. 

Plunge pool

pluge pool
pluge pool via pinterest.co.uk

Jika Anda hanya ingin bersantai di kolam renang, maka desain plunge pool menjadi pilihan yang pas. Selain itu, konsep plunge pool juga cocok untuk Anda yang mempunyai lahan terbatas.

Dengan ukuran yang tidak terlalu besar, kolam renang outdoor ini tidak membutuhkan banyak material sehingga lebih terjangkau.

Spool 

spool
spool via pinterest.co.uk

Spool merupakan desain kolam renang yang pas untuk lahan sempit karena bentuknya yang tidak terlalu lebar. Kolam renang yang mengkombinasikan pool dan spa ini biasanya difungsikan untuk relaksasi.

Anda dapat menambahkan kursi maupun fitur lainnya. Selain itu Anda juga bisa menambahkan fitur air panas pada kolam renang outdoor ini. 

Rectangular pool 

rectangular pool
rectangular pool – via pinterest.co.uk

Seperti namanya, desain kolam outdoor ini berbentuk persegi panjang. Meski secara tampilan hampir mirip dengan lap pool, namun rectangular pool memiliki lebar yang lebih luas.

Dengan modelnya yang simple, rectangular pool tidak menghabiskan banyak material dan biaya. Sehingga pas untuk Anda yang memiliki budget terbatas.

Meski begitu, Anda bisa menambahkan fitur lain di sekitar kolam renang untuk menghindari kesan monoton. Seperti menambahkan tanaman hias, kursi, meja, hingga payung untuk berteduh dari terik matahari. 

Circular pool 

Circular pool
Circular pool via pinterest.co.uk

Satu lagi rekomendasi kolam renang dengan budget terjangkau di lahan sempit, yaitu circular pool. Dengan bentuk sederhana, Anda tidak membutuhkan banyak material untuk membuat kolam renang ini. 

Petite infinity pool 

Petite infinity pool
infinity pool mungil – pinterest.co.uk

Petite infinity pool menjadi pilihan sempurna bagi Anda yang tinggal di kawasan tebing atau lereng. Melalui konsep petite infinity pool Anda dapat membuat ilusi sehingga kolam renang nampak lebih besar meskipun lahannya sempit.

Agar hasil kolam renang outdoor di rumah Anda lebih maksimal, gunakanlah jasa pembuatan kolam renang profesional. 

Garden side pool 

Garden side pool
Garden side pool – pinterest.co.uk

Area taman di rumah Anda bisa disulap menjadi kolam renang outdoor. Dengan desain free-form pool Anda bisa memiliki tempat olahraga sekaligus berkumpul bersama keluarga.

Posisinya yang bersanding dengan taman akan mempercantik tampilan kolam renang Anda. Selain itu, konsep kolam renang ini juga menambah nilai estetika hunian Anda. 

Perawatan Kolam Renang Outdoor

Kolam outdoor memang memiliki banyak kelebihan. Dengan pemilihan desain yang tepat, kolam outdoor dapat menjadi spot terbaik di rumah Anda untuk menikmati waktu luang. Namun, letaknya yang berada di luar ruangan membutuhkan perawatan ekstra. 

Perawatan berkala sebanyak 2 kali per hari sangatlah dianjurkan untuk menjaga kebersihan kolam renang. Selain itu, Anda juga harus mengatur kadar klorin dan pH agar kolam renang tidak dipenuhi lumut.

pH yang dianjurkan untuk kolam renang antara 7,2-7,4 dengan klorin berkisar antara 1,03,0 BPJ dan asam sianurat tidak lebih dari 40 BPJ. Jika tidak memenuhi standar tersebut, Anda harus mengganti air dalam kolam renang. 

Selain lumut, kerak yang menempel pada dinding kolam renang pun harus rutin dibersihkan. Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan sikat dan karbol agar kotoran cepat bersih. Kerak yang tidak dibersihkan secara teratur akan menebal dan membuat dasar kolam renang menghitam. 

Sementara untuk kolam outdoor tanpa kaporit, perawatan dapat dilakukan dengan lampu ultraviolet. Lampu ultraviolet berfungsi untuk membunuh bakteri dan kuman, sehingga kualitas air kolam tetap terjaga.

Fungsi lain dari lampu ultraviolet adalah mengikat bibit lumut dan ganggang sehingga menggumpal menjadi satu. Dengan begitu Anda bisa lebih mudah membersihkan kolam renang. 

Nah, itulah keuntungan, kekurangan, serta ide desain kolam renang outdoor yang dapat Anda tiru.

Sebelum membuat kolam renang, pastikan Anda memilih desain yang sesuai dengan budget supaya tidak melebihi anggaran.

Jika Anda tertarik untuk membangun kolam renang jenis ini, silahkan konsultasikan dengan kontraktor kolam renang terbaik.

Selain itu, menjaga kebersihan kolam renang haruslah dilakukan secara konsisten. Kolam renang yang bersih tidak akan menjadi sarang bakteri dan kuman sehingga tidak menimbulkan penyakit. Selain itu, kolam renang yang terjaga kebersihannya akan lebih sedap dipandang mata.