kolam renang indoor

Kolam Renang Indoor

Kolam renang indoor tergolong banyak diaplikasikan pada rumah pribadi. Keamanan dan privacy adalah keutamaanya. – pools.id

Salah satu olahraga yang memiliki banyak penggemar adalah berenang. Mulai dari anak-anak hingga dewasa senang dengan olahraga air ini. Banyak manfaat yang didapat dengan berenang. Setidaknya membakar energi salah satunya.

Tidak sedikit orang menjadi enggan untuk berenang karena takut kulitnya menjadi hitam akibat terik sinar matahari, kemudian banyak memilih untuk berenang di kolam renang indoor.

Mereka memilih kolam renang indoor yang dibangun di suatu gedung olah raga khusus. Ada juga yang memilih berenang di kolam renang indoor umum yang ada di hotel-hotel. Bahkan tidak sedikit juga yang kemudian membangun kolam renang indoor private sendiri di rumahnya.

Berikut ini pembahasannya lebih lanjut.

Kolam Renang Indoor

Berdasarkan tempatnya maka kolam renang dapat dibagi menjadi dua yaitu kolam renang outdoor dan kolam renang indoor.

Kolam renang outdoor adalah kolam renang yang dibangun di ruangan terbuka. Sedangkan kolam renang indoor adalah kolam yang sengaja dibangun di dalam ruangan.

Tak perlu khawatir dengan luas lahan, pada lahan yang sempit pun bisa dibuat kolam renang indoor yang cantik. Kolam indoor itu dapat dibuat secara ground pool di dalam tanah, maupun secara above pool di atas permukaan tanah, sehingga bisa diterapkan pada hunian bertingkat guna mengatasi luas lahan yang terbatas.

Nilai Plus Kolam Renang Indoor

Kolam renang indoor memiliki kelebihan atau nilai plus sebagai berikut.

1. Lebih Private

Dengan letak kolam renang di dalam ruangan, maka privacy penggunanya akan lebih terjaga. Pintu akses keluar masuk ke dalam ruangan kolam renang dapat dikunci jika pengguna ingin privacy yang lebih pada saat berenang.

Pemakai kolam renangnya juga bisa lebih dibatasi dan diseleksi. Ruangan yang tertutup juga membatasi kemungkinan diintip oleh orang pada saat sedang berenang dan mengenakan baju renang.

Dinding ruangan kolam renang dapat dibuat solid dan tinggi tak terlihat dari luar ruangan. Bisa juga dibuat dinding transparan dari kaca, baik itu kaca buram atau kombinasi. Dengan begitu, yang bisa terlihat dari luar ruangan adalah siluet atau bayangannya saja.

Bisa juga dibuat berdinding kaca bening yang terlihat dari luar ruangan. Tujuannya agar orang tua bisa mengawasi anak-anak yang sedang berenang dari luar ruangan. Tanpa takut terkena percikan air.

2. Dapat Meningkatkan Nilai Properti

Dengan adanya kolam indoor maka nilai bangunan / properti dapat lebih meningkat harganya. Apalagi jika desainnya cantik dan menarik, tentunya akan menambah nilai seni bangunannya juga.

3. Memberi Pelindungan kepada Pengguna

Kolam indoor juga dapat memberi perlindungan lebih kepada penggunanya. Bebas dari kemungkinan kehujanan dan bercampurnya air kolam renang dari air hujan.

Kolam renang di dalam ruangan juga bisa memperkecil cemaran air kolam itu sendiri. Seperti guguran daun-daun, debu yang berterbang terbawa angin dan lain sebagainya.

Kemudian, pengguna bisa terlindungi dari sengatan sinar matahari langsung yang terik dan bisa merusak kulit. Air kolam renang disinyalir bisa lebih awet jernihnya, tidak mudah kotor.

Nilai Minus Kolam Renang Indoor

Meski demikian ada juga kekurangan / kelemahan kolam renang indoor yang perlu diatasi, sebagai berikut.

1. Bau Chemical yang Menyengat

Bau obat-obatan (untuk perawatan air) bisa sangat menyengat, jika sirkulasi udara di dalam ruangan kurang baik. Dengan minimnya ventilasi, aliran udara di dalam ruangan kolam indoor tidak bisa berlangsung lancar .

Bagi orang yang tidak tahan dengan bau klorin chemical pembersih air kolam renang, maka akan terganggu dan merasa kurang nyaman pada saat berenang.

Hal ini dapat diatasi dengan membuka ruangan kolam renang secara berkala, agar aliran udara dari luar dapat masuk. Atau disiasati dengan menambahkan ventilasi secukupnya. Dengan begitu sirkulasi udara di dalam ruangan bisa lebih cepat berputar.

Pastikan lubang ventilasi yang ada cukup, untuk mensirkulasikan udara dari luar atau sebaliknya.

2. Pemandangan yang Terbatas

Kelemahan kolam indoor lainnya adalah adanya dinding penyekat. Hal ini bisa menghalangi pandangan ke dalam ruangan maupun ke luar ruangan.

Selain melakukan olahraga renang, tidak ada salahnya sembari menikmati pemandangan di sekitar area kolam renang.Terlebih jika kolam renangnya berada di tepi pantai, laut, danau atau air terjun.

Hal ini dapat diatasi dengan membuat dinding kolam renang indoor yang transparan. Tujuannya agar pemandangan yang berada di luar ruangan tetap bisa dinikmati.

Jangan khawatir saat ini sudah ada temuan teknologi dinding kaca one way.

Dengan kaca ini perenang tetap bisa melihat jelas pemandangan di luar ruangan dari dalam ruangan. Namun jika kaca ini di lihat dari sisi luar, akan terlihat berkilau / memantul sehingga tak akan terlihat objek yang berada di dalam ruangan.

Dinding transparan tersebut juga membuat kesan ruangan kolam renang lebih luas. Serasa kolam renang outdoor di luar ruangan, namun dengan privacy dan perlindungan yang lebih.

3. Biaya Pembuatan yang Mahal

Kendala lainnya yang menjadi faktor nilai minus kolam indoor ialah pada biaya pembuatannya yang cukup mahal. Hal ini karena adanya tambahan biaya untuk membuat atap dan dindingnya, namun ini cukup sebanding dengan manfaat serta berbagai keuntungannya.

Anda bisa cek artikel tentang biaya dan harga pembuatan kolam renang.

Video Kolam Renang Indoor

Dalam video ini kami akan menampilkan tentang finishing dari kolam renang indoor. Mengenai pemasangan mosaic dan juga instalasi mesin untuk kolam renang indoor. Semoga menambah referensi Anda.

Tips Membuat Kolam Renang Indoor

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam pembuatan kolam renang indoor.

Ukuran

Sesuaikanlah ukuran kolam renang indoor dengan luas lahan yang tersedia. Sisakan ruang yang cukup di sisi-sisi sekitar kolam renang untuk berlalu lalang dan akses baik pada saat hendak berenang maupun ketika hendak membersihkannya.

Jika memungkinkan, pertimbangkan juga adanya space untuk meletakkan kursi dan berbagai furniture pendukung maupun hiasan interior di sekitar kolam renang. 

Kedalaman

Kemudian pertimbangan selanjutnya ialah mengenai tingkat kedalaman kolam renangnya, yakni bisa satu ukuran kedalaman atau lebih dari satu. Usahakan untuk membuat kedalaman kolam renang indoor yang ergonomis agar bisa lebih nyaman.

Sediakan juga tingkat kedalaman yang lebih dangkal guna keperluan melakukan pemanasan dan juga untuk menyediakan tempat berenang bagi anak-anak, sesuaikan dengan kebutuhan.

Tingkat kedalaman yang disarankan untuk anak-anak ialah sekitar 0,5 meter, sedangkan bagi orang dewasa dapat dibuat kolam renang dengan tingkat kedalaman sekitar 1,5 meter hingga 2 meter.

Perbedaan kedalaman tersebut dapat dibuat secara terpisah atau menyatu dengan membuat ramp sebagai pemisahnya.

Tema dan Bentuk

Berbagai bentuk kolam renang juga bisa dipilih guna menyiasati keterbatasan lahan. Kreativitas, improvisasi diperlukan agar ruangan kolam renang indoor bisa terkesan lebih lapang, lega dan luas.

Selain itu pertimbangkan juga dengan tema kolam renangnya agar serasi dengan tema gaya ruangan lainnya di rumah.

Pilih kolam renang indoor bertema klasik yang dihiasi dengan berbagai ornamen senada sesuai dengan tema rumah yang bergaya klasik juga.

Lalu pilih kolam renang indoor bertema minimalis modern untuk rumah bergaya minimalis modern agar bisa serasi dengan ruangan yang lainnya.

Sedangkan bentuk kolam renangnya bisa bervariasi. Anda bisa mengadopsi dari bentuk-bentuk berikut.

Empat Persegi Panjang atau Track

Bentuk ini yang paling banyak dipilih, karena memungkinkan untuk berenang dengan secara lebih maksimal. Meski bentuknya agak kaku dan kurang alami, Namun bentuk ini bisa memaksimalkan penggunaan ruangan untuk tempat berenang.

Agar tidak terkesan kaku dan lebih alami kesannya, bisa juga dibuat variasi lengkung pada sudut-sudutnya sehingga seperti membulat lonjong bentuknya.

Dapat juga diberi variasi tambahan tempat masuk ke kolam renang di bagian tengah kanan dan atau kiri sisi panjang kolam renang selain di ujung sisi terpendek, sisi segi empat kolam renangnya.

Segi Empat Sama Sisi

Bisa juga kolam renang indoor dalam bentuk segi empat sama sisi yang akan bisa menampung lebih banyak orang, dan juga tidak terlalu kaku lagi kesannya.

Bundar atau Bulat

Bisa juga dipilih kolam renang indoor dalam bentuk bulat seperti konsep kolam ikan sehingga lebih alami kesannya. 

Setengah Lingkaran

Bentuk ini lebih alami juga kesannya, guna menonjolkan pemandangan di salah satu sisi kolam renang indoor.

Bentuk Kombinasi

Bentuk kolam renang indoor yang lainnya ialah bentuk kombinasi seperti berlekuk-lekuk atau mirip huruf L. Bisa juga seperti huruf O dengan adanya tempat kering di tengah kolam renang. Ini akan terlihat sangat unik.

Atau bisa juga meniru bentuk segi delapan dan lain sebagainya. Intinya sesuaikan dengan selera dan kondisi lahan yang ada.

Sistem Sirkulasi Air Kolam Renang indoor

Pertimbangkan dengan sistem sirkulasi airnya. Anda bisa memilih salah satu sistem filtrasi sebagai berikut.

Sistem Sirkulasi Skimmer Box

Sistem sirkulasi air skimmer box ini akan memberi kesan kolam renang dengan air kolam renang yang nampak tenang dan tidak ada gelombang pergerakan.

Air kolam renang bisa terlihat lebih rapi dan tidak akan terlihat tumpah meluber ke sekitarnya. Hal ini karena sistem sirkulasinya yang bermuara di dalam dinding kolam renang tersebut.

Sistem tersebut dimungkinkan dengan cara membangun dinding kolam yang dibuat lebih tinggi daripada posisi kolamnya. Untuk tahu lebih silahkan baca: kelebihan dan kekurangan kolam renang skimmer

Sistem Sirkulasi Overflow

Pada sistem sirkulasi air kolam renang overflow ini, tumpahan air kolam renang akan jatuh di tempat tertentu di sekitar sisi kolam renang. Pada sistem ini diperlukan adanya sarana tambahan pelengkap yakni berupa gutter.

Gutter / got merupakan saluran yang menjadi tempat untuk menampung limpahan air kolam yang juga dilengkapi dengan balancing tank dan ruang mesin.

Setelah limpahan air tertampung di gutter, maka selanjutnya air kolam renang tersebut dapat langsung disalurkan menuju balancing tank melalui proses filtrasi, dan lalu air kembali dialirkan ke dalam kolam renang.

Filterisasi

Terdapat berbagai jenis filter yang bisa dipilih sebelum membuat kolam renang indoor. Jenis filter yang digunakan tersebut akan mempengaruhi konstruksi bangunan dan juga struktur kolam renangnya. Sehingga perlu dipikirkan dan dipilih sejak awal.

Dinding Kolam Renang Indoor

Dinding ini meliputi dinding kolam renang dan dinding ruangan dibatas kolam renangnya. Dinding pembatasnya, bisa dibuat dinding transparan yang tembus pandang seperti dari kaca one way atau dinding solid yang padat.

Bisa juga menggunakan dinding tembok yang dicat dengan warna cat warna warni menarik. Atau dilapisi dengan bahan material bebatuan yang menarik.

Dinding kolam renang bisa menggunakan bahan keramik atau mosaic.

Untuk dinding dalam kolam renang indoor bisa dibuat transparan seperti untuk kolam renang indoor yang terletak di basement misalnya. Dengan begitu, pada saat berenang bisa terlihat dan melihat sisi ruangan di sebelahnya.

Lalu dinding di ruangan di atas kolam renangnya juga bisa dibuat transparan sehingga pada saat berenang masih bisa menyaksikan pemandangan di luar ruangan kolam renang sehingga terkesan seperti berenang di kolam renang outdoor.

Bisa juga dinding ruangan kolam renang dibuat transparan dengan kaca bening atau semi transparan dengan kaca buram. hal ini akan terlihat siluet dari sisi luar.

Sesuaikan dengan kondisi dan selera yang dikehendaki. Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan serta aneka tips kolam renang indoor sebagai pertimbangan sebelum membuatnya. Silahkan hubungi kami jika membutuhkan konsultan dan jasa pembuatan kolam renang indoor.