water inlet fitting kolam renang

Inlet fitting

Dalam instalasi kolam renang ada banyak sekali aksesoris yang mungkin akan Anda butuhkan. Salah satu aksesoris ini adalah water inlet fitting. Untuk tahu lebih dalam mengenai aksesoris ini, berikut ini adalah ulasannya. 

Apa yang dimaksud dengan water inlet untuk kolam renang?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, water inlet kolam renang adalah salah satu aksesoris penting untuk sebuah kolam renang. Water inlet ini merupakan salah satu komponen yang nantinya digunakan dalam menjaga kebersihan dari kolam renang yang Anda miliki.

Untuk tahu lebih dalam mengenai fungsi dari water inlet ini, maka kami akan membahasnya lebih dalam pada sub bab selanjutnya. 

Jenis water inlet untuk kolam renang ada sangat banyak. Masing-masing dari model ini tentu akan memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Beda ukuran dari kolam renang juga akan mempengaruhi jumlah water inlet yang akan Anda butuhkan.

Oleh karena itu, untuk tahu seberapa banyak water inlet yang dibutuhkan oleh sebuah kolam renang Anda bisa menghubungi jasa developer kolam renang untuk melakukan diskusi. 

Peletakan dari water inlet untuk kolam renang ini juga akan sangat berpengaruh terhadap kebersihan dari kolam renang yang Anda miliki.

Dalam artikel ini kami juga akan memberikan informasi mengenai cara memasang water inlet agar penggunaannya lebih maksimal. 

Apa fungsi dari pemasangan inlet fitting?

Lalu apa fungsi dari inlet fitting untuk kolam renang ini? Untuk fungsinya, water inlet merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengatur sirkulasi air di dalam kolam renang Anda.

Pada dasarnya fungsi dari sebuah inlet fitting di dalam kolam renang adalah untuk saluran air bersih. Air bersih yang sudah masuk ke dalam filter akan masuk ke kolam renang melalui lubang water inlet ini.

Oleh karena itu, inlet fitting ini juga memiliki beberapa fungsi seperti berikut :

1. Mengatur aliran air dan distribusi bahan kimia. 

Water inlet digunakan untuk mengatur aliran air di dalam sebuah kolam renang. Ketika air di dalam kolam renang dapat bersirkulasi dengan baik, maka kolam renang Anda akan lebih berkualitas. Hal ini disebabkan karena bahan kimia yang digunakan dalam menjaga kebersihan kolam akan terdistribusi dengan lebih merata. 

2. Mendorong aliran air agar kembali ke saluran air untuk filtering 

Selain mengenai distribusi bahan kimia, hal lain yang membuat penggunaan dari water inlet ini adalah mengenai masalah filtering. Penggunaan dari water inlet juga sangat penting untuk membuat air dalam kolam renang bisa masuk ke dalam sistem filtrasi untuk membersihkan air di kolam yang Anda miliki.

Hal lain yang membuat penggunaan water inlet penting adalah mengenai distribusi air panas dan juga desinfektan. Tanpa adanya water inlet, maka hal-hal yang sudah disebutkan tersebut tidak akan bisa terdistribusi dengan baik. 

Efek negatif kolam renang yang tidak dilengkapi dengan water inlet

Melihat fungsi yang dimiliki oleh water inlet ini pasti Anda sudah tahu bukan, bahwa penggunaan water inlet memang sangat crucial. Akan tetapi ada juga beberapa kolam renang yang mungkin dibangun tanpa menggunakan water inlet ini.

Biasanya kolam renang yang dibangun tanpa water inlet ini nantinya akan memiliki air yang kotor, pembersihan yang dilakukan secara manual. Munculnya lumut, warna air menghijau, dan juga air kolam yang berbau.

Bagi Anda yang akan membuat kolam renang tanpa adanya water inlet ini nantinya juga akan dipusingkan dengan pemberian kaporit secara berulang-ulang dalam waktu yang singkat.

Pada intinya, penggunaan water inlet memang sangat penting untuk meminimalisir biaya dan tenaga yang akan Anda gunakan untuk pengelolaan dari kolam renang yang Anda miliki. 

Aturan umum penggunaan water inlet / inlet fitting

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, water inlet dalam kolam renang menempati posisi yang sangat penting. Ha lini menyebabkan penggunaan water inlet menjadi sangat penting dalam kolam renang.

Bukan hanya penggunaannya, akan tetapi penggunaan dari water inlet ini juga sangat penting untuk diperhatikan. Lalu bagaimana cara memasang water inlet yang tepat?

Berikut ini adalah ulasannya. 

  • Aturan pertama adalah mengenai level kualitas water inlet yang akan Anda gunakan. Sebelum Anda memasang water inlet di kolam renang Anda, pastikan kualitas dari water inlet kolam renang yang akan Anda gunakan memenuhi kebutuhan dari siklus air Anda. 
  • Lokasi atau penempatan water inlet harus memenuhi keseragaman aliran air di dalam kolam, pastikan tidak ada area yang membuat arus bolak balik atau terdapat area dengan air yang menggenang.
  • Jika sumber air berasal dari dasar kolam, maka water inlet harus dipasang dengan cara yang tepat sehingga air dapat terdistribusi secara merata di tengah 2 jalur. 
  • Jika sumber air yang masuk ke dalam kolam renang berasal dari dinding, pastikan Anda menempatkan water inlet dengan jarak berkisar 2 hingga 3 meter. Penempatan water inlet yang ada di sudut tidak boleh lebih dari 1.5 meter dari water inlet lainnya. Kedalaman dari pelokasian water inlet ini juga tidak boleh melebihi 1 meter dan kurang dari 0.5 meter.
  • Jika Anda akan memasang water inlet di kolam yang dalam atau kolam selam dan menggunakan pemasok air dari dinding, maka Anda perlu menyediakan 2 lapis water inlet. Beda jika Anda akan menggunakan pemasok air dari dinding. Ketik Anda akan menggunakan pemasok air dari dinding, maka posisi water inlet tidak boleh lebih dari 0.5 meter dari permukaan air. 

Pemasangan water inlet dan water outlet 

Kembali ke tujuan dari water inlet yang digunakan untuk menjaga aliran air agar tetap seimbang dan merata, maka pemasangan dari inlet ini juga perlu dipadukan dengan outletnya.

Agar air bisa memutar dengan baik, inlet dan outlet yang ada di dalam kolam renang Anda harus diletakkan secara sinkron. Sinkronisasi dari inlet dan outlet yang ada di dalam kolam renang Anda ini harus disesuaikan berdasarkan lokasinya. 

Lokasi dari water inlet dan water outlet ini harus berlawanan. Contohnya jika water inlet ada di sebelah kiri, maka water outlet harus diletakkan di sebelah kanan.

Hal ini bertujuan agar air bersih yang masuk melalui water inlet bisa mendorong air kotor ke arah water outlet sehingga pada akhirnya air kotor akan terdorong ke arah water outlet dan masuk ke saluran filtrasi untuk disaring. 

Jika kolam renang yang Anda miliki membentuk oval, maka cara pemasangan water inlet dan water outlet ini memang lebih tricky. Berbeda jika Anda memiliki kolam renang dengan bentuk segi empat atau persegi panjang.

Jika Anda memiliki kolam dengan bentuk oval, maka Anda perlu melakukan proyeksi segitiga pada kolam renang yang Anda miliki. Setelah itu Anda bisa memasangkan inlet dan outlet ini membentuk segitiga tersebut. 

Lalu bagaimana jika kolam memiliki bentuk bulat?

Jika kolam Anda memiliki bentuk bulat, maka Anda perlu mengakalinya dengan membuat outletnya menjadi 2 agar sirkulasi air menjadi lebih sempurna. 

Apabila masih kesulitan dalam memasang/instalasi inlet fitting ini, Anda bisa menghubungi tim ahli pools.id. Selain melayani jasa pembangunan, desain, renovasi, perbaikan, kami juga melayani jasa instalasi kolam renang.

Berapa water inlet / inlet fitting yang dibutuhkan oleh kolam renang saya?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, keberadaan water inlet memang sangat penting adanya di kolam renang Anda. Oleh karena itu, penempatan dan juga jumlahnya tidak boleh dipilih dengan asal-asalan.

Untuk pedoman penempatan water inlet, kami sudah membahasnya seperti di atas, ulasan lain yang akan kami informasikan mengenai water inlet adalah mengenai jumlah yang nantinya akan Anda butuhkan di kolam renang Anda. 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, untuk memudahkan Anda, salah satu cara yang bisa dilakukan ketika Anda akan membuat kolam renang adalah melakukan diskusi dengan jasa developer kolam renang yang akan Anda gunakan mengenai berapa jumlah water inlet yang akan dibutuhkan.

Akan tetapi untuk masalah ini, Anda tidak hanya pasrah, tapi juga melakukan tugas Anda sebagai konsumen, maka Anda setidaknya harus tahu berapa jumlah water inlet yang wajib dimiliki oleh kolam renang Anda. 

Lalu sesungguhnya berapa jumlah water inlet atapun inlet fitting yang dibutuhkan dalam kolam renang Anda?

Pada dasarnya jumlah inlet fitting sebagai water inlet yang dibutuhkan oleh kolam renang yang satu dengan kolam renang yang lainnya berbeda-beda. Akan tetapi salah satu hal yang akan sangat berpengaruh terhadap jumlah inlet yang akan Anda butuhkan ada 2 yaitu inlet untuk bagian atas dan inlet untuk bagian bawah. 

Penggunaan 2 inlet ini adalah sebuah hal yang sangat penting untuk menjaga sirkulasi air tidak hanya terjadi di salah satu bagian saja, tapi mencakup keseluruhan. Hal ini digunakan untuk memastikan fungsi dari inlet ini berjalan dengan efektif.

Jika inlet yang ada di kolam renang Anda hanya mencakup bagian atas saja, maka fungsi dan tujuan pemasangan inlet fitting kurang maksimal. Penggunaan inlet dengan 2 titik ini merupakan penggunaan inlet yang paling umum dan paling direkomendasikan. 

Memilih inlet fitting / water inlet yang terbaik

Bagi Anda yang ingin menggunakan water inlet dalam membuat kolam renang, maka pemilihan dari water inlet juga sebaiknya dilakukan dengan baik.

Salah satu cara yang biasa dilakukan dalam pemilihan water inlet adalah memilih water inlet yang berkualitas. Water inlet yang berkualitas bisa didapatkan dari water inlet yang memiliki merek. 

Saat ini ada sangat banyak jenis inlet fitting / water inlet yang bisa digunakan untuk kolam renang Anda. Akan tetapi dari banyaknya merek yang ada, ada beberapa jenis water inlet yang lebih banyak diminati. Yaitu water inlet dari merak Hayward, Merek Astral dan juga inlet fitting dari Merek Waterco.

Ketiga merek water inlet ini merupakan merek yang paling banyak diminati dan paling populer. Ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri.

Perbedaan utamanya tentu adalah harganya. Oleh karena itu, jika Anda sedang membutuhkan inlet fitting, pastikan Anda memilih water inlet ini berdasarkan budget dan kualitas yang Anda butuhkan. 

Untuk harganya sendiri, water inlet yang berasal dari merek Hayward biasanya memang memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan merek yang lainnya. Akan tetapi ini juga kembali pada model water inlet yang Anda ingin gunakan. 

Harga Inlet Fitting Terbaru

Sebagai referensi untuk Anda, berikut di bawah ini adalah daftar harga terbaru inlet fitting / water inlet kolam renang.

Merek / Model Harga
Hayward SP-1419 A232.500
Hayward SP-1419 E 1″232.500
Hayward SP-1419 C 1/2″232.500
Hayward SP-1419 D 3/4″232.500
Hayward SP-1419 B 3/8″232.500
last updates 19/08/2020

Harga Aksesories (Fitting Lainnya)

Merek/ModelHarga (Rp)
Hayward SP-1485 A
Union Ball End
651.000
Hayward AC 001
Air Control ITT
589.000
Hayward SP-1392
Anchor Socket 1,5″
635.500
Hayward SP-1425 S
Floor Inlet Fitting
806.000
Hayward SP-1026
Grate Insert
217.000
Hayward SP-1091 Z-2
Hose Adapter
263.500
Hayward SP-1091 Z-7
Male Combo Adapter
217.000
Hayward SP-1105 Z-4
Hose Elbow
279.000
Hayward SP-1430
Jet Air Fitting
651.000
Hayward SP-1040
Lane Marker Anchor
418.500
Hayward SP-1434 PAK B
Nozzle Varijet
387.500
Hayward SP-1022 C Plug217.000
Hayward SP-1436 DA
Roto Nozzle Assy
976.500
Hayward
Sunction Fitting ITT
589.000
Hayward SP-1435 BA
Trijet Nozzle Assy
418.500
Hayward Sp-1022 S
Vacuum Fitting
232.500
Hayward SP-1434 PAK A
Varijet Fitting
682.000
Hayward SP-1424 S
Wall Inlet Fitting
790.500
Hayward
Air Press (Push Botton)
1.054.000
Hayward Air Switch1.054.000
Hayward SP-1091 Z4
Hose Combo
263.500
Hayward SP1450 T
Turbo Jet
1.736.000
Hayward SP-1053 Z1
Plug 2″
217.000
Hayward
in/out let Fitting
139.500
19/08/2020

Demikian ulasan yang bisa kami berikan mengenai water inlet dan penggunaannya, semoga informasi yang kami berikan ini bisa bermanfaat dan memberikan cukup informasi bagi Anda yang ingin membuat sebuah kolam renang.