kolam renang infinity pool

Infinity Pool

Kolam renang “infinity pool” memberikan kesan privacy tingkat tinggi. Identik terbuka lekat dengan alam dengan visualilasi limpahan overflow tanpa batas. – pools.id

Jika Anda pernah berenang di atas kolam renang infinity pool tentu Anda sudah tidak asing dengan pemandangan indah yang ditampilkannya bukan? Tidak hanya itu, kolam ini juga dikenal dengan airnya yang berlimpah dan tidak terbatas. Tidak heran jika banyak para pengunjung yang berenang merasa nyaman dan betah untuk berlama-lama di dalamnya. 

Namun bagi Anda yang takut akan ketinggian, berenang di jenis kolam yang satu ini jelas menjadi masalah besar. Apalagi jika penempatan kolam dibuat menghadap lautan lepas, jurang atau bahkan di atas bukit.

Pasalnya tepian kolam yang dibuat dengan tampilan unik, seperti tidak terbatas tentunya akan membuat Anda merasa terseret dan akan jatuh apabila mendekatinya. 

Apa itu infinity pool

Infinity pool atau lebih dikenal dengan sebutan kolam infinity adalah jenis kolam renang yang memiliki luapan air di salah satu sisi, sehingga kolam renang tersebut menimbulkan efek visual berupa tampilan air yang tidak terbatas.

Hal inilah yang membuatnya berbeda dengan jenis kolam pada umumnya yang justru tidak memiliki luapan air tersebut.

Selain keunikan dari segi desain, dari segi pembuatannya pun jelas berbeda. Pasalnya kolam ini sengaja dibuat dengan level air yang lebih tinggi dibandingkan dengan bagian tepi kolam yang dimilikinya.

Hal ini dikenal dengan tujuan utama yang dimilikinya yang mana ingin menunjukkan kolam dengan ukuran luas dan seolah tidak dibatasi oleh apa pun. 

Karena itulah untuk menghasilkan efek visual yang baik dan sempurna, maka penempatan kolam renang ini pun menjadi bagian penting.

Beberapa lokasi yang seringkali dijadikan sebagai tempat infinity pool di antaranya adalah lereng bukit, lokasi di dekat danau, atau bahkan laut.

Dengan memilih lokasi tersebut, maka tampilan kolam pun akan terlihat menyatu dengan bentang alam. Selain itu, posisi tersebut juga dikenal dengan tempat yang lebih tinggi dan berundak sehingga efek berupa luapan air pun dapat ditimbulkan dengan lebih mudah. 

Keuntungan menggunakan kolam renang infinity 

Bagi Anda yang ingin membuat kolam renang infinity, ada beberapa keuntungan yang juga dikenal sebagai kelebihan yang bisa Anda dapatkan darinya. Ingin tahu apa saja? Berikut penjelasannya : 

Kesatu

Penggunaan kolam terasa lebih privasi. Hal ini tidak hanya berlaku dalam waktu-waktu tertentu saja, melainkan sepanjang tahun atau setiap waktu. Hal ini berkaitan dengan desain dari kolam infinity yang umumnya dibuat dengan kesan yang lebih privat.

Selain nyaman untuk bersantai. Jenis kolam ini juga lebih aman untuk digunakan baik itu pada siang atau bahkan malam hari 

Kedua

Instalasi fleksibel, meskipun Anda tidak mengerti dengan bagaimana cara pembuatan atau bahkan pengaturan yang dimiliki kolam renang ini. Namun jika dibandingkan dengan jenis kolam lainnya, infinity pool dikenal sebagai kolam yang memiliki instalasi fleksibel.

Hal ini berkaitan dengan konstruksi modular yang dimilikinya, sehingga ia dapat ditempatkan dengan mudah di berbagai area yang Anda inginkan. 

Ketiga

Biaya penggunaan dan perawatan dari kolam infinity juga terbilang standar dan tidak terlalu tinggi. Hal ini berkaitan dengan keberadaan kolam tersebut yang tidak disertai dengan beragam aksesoris tambahan, seperti halnya seluncur dan lainnya. 

Keempat

Meskipun dikenal sebagai kolam dengan air yang tanpa batas, faktanya jenis kolam ini justru menggunakan jumlah air yang lebih sedikit dan terbilang hemat.

Hal tersebut turut mempengaruhi penggunaan bahan kimia seperti halnya klorin yang lebih sedikit, sehingga penggunaannya pun terasa lebih aman. 

Kelima

Ketika berenang Anda dapat melawan arus dengan mudah, karena kolam infinity umumnya tampil dengan desain persegi dan tidak memiliki belokan. 

Keenam

Sirkulasi air serta mekanisme dari bagian pompa juga tidak memerlukan energi besar, sehingga lebih hemat energi listrik. 

Ketujuh

Instalasi dari pembuatan kolam tidak membutuhkan waktu lama seperti pada pembuatan kolam secara umum yang tentunya mengharuskan Anda untuk melakukan instalasi beton, mengeringkan dinding kolam hingga melapisinya dengan bagian keramik. 

Kedelapan

Untuk struktur bahan yang digunakan juga dapat dilakukan dengan memilih satu jenis material yang sama dan diproduksi secara masal sehingga penggunaannya pun lebih mudah untuk Anda dapatkan. 

Kerugian menggunakan kolam renang infinity

Selain beberapa kelebihan yang telah disebutkan di bagian atas tadi, penggunaan kolam renang infinity juga dikenal dengan beberapa kelemahan yang tentunya merugikan Anda selaku pengguna serta pemiliknya. Ingin tahu apa saja kekurangannya tersebut? Simaklah uraian penjelasan singkatnya berikut ini : 

Ke-1

Proses perancangan dari kolam infinity tentunya tidak dapat dilakukan secara mudah dan asal-asalan. Apalagi jika Anda ingin mendapatkan hasil maksimal pada tampilan yang dimilikinya.

Karena itulah ketika merancang kolam infinity, maka pastikanlah untuk memenuhi setiap syarat yang dibutuhkan olehnya. Seperti halnya lokasi dari penempatan kolam yang tepat dengan pemandangan bentang alam terbuka dan lainnya. 

Ke-2

Jika dilihat dari segi aksesoris yang dimilikinya perawatan serta pemeliharaan kolam infinity memang lebih terjangkau dibandingkan dengan pemeliharaan bagi kolam umum lainnya.

Pasalnya Anda juga dapat membersihkan kolam tersebut secara mandiri, seperti mengambil daun yang jatuh, membersihkan lumut di sekitar kolam serta di bagian selokan yang dimilikinya dan lainnya.

Namun untuk perawatan yang lebih menyeluruh seperti halnya berkaitan dengan sistem pompa atau bahkan sistem penyaringan, maka Anda akan membutuhkan bantuan dari tenaga profesional yang tentunya akan membutuhkan biaya perawatan yang lebih tinggi.  

Ke-3

Selain kekurangan yang telah disebutkan pada bagian di atas tadi, kolam infinity juga dikenal sebagai jenis kolam yang tidak dapat dijangkau oleh semua kalangan masyarakat dengan mudah.

Mengapa demikian? Karena untuk pembuatan kolam ini sendiri membutuhkan biaya tinggi. Meskipun tidak sulit untuk dibuat, namun pembuatannya itu tetap membutuhkan keterampilan khusus.

Apalagi penempatannya dilakukan di beberapa lokasi tertentu yang juga dikenal dengan resiko besar yang dimilikinya. 

Ke-4

Kekurangan lainnya yang ditunjukkan oleh kolam yang satu ini adalah proses pembuatannya yang tidak dapat dilakukan secara sembarang apalagi dibuat secara mandiri.

Pasalanya untuk mendapatkan hasil akhir yang baik, Anda harus menggunakan layanan jasa profesional yang tentunya dapat mewujudkan tampilan kolam renang infinity terbaik dan sesuai dengan apa yang Anda inginkan. 

Ke-5

Bagian paling akhir adalah kekurangan dari segi penggunaan kolam renang, yang mana jenis kolam renang ini sangat tidak dianjurkan untuk digunakan oleh anak-anak.

Selain berbahaya, kolam renang ini umumnya dibuat dengan tingkat ketinggian tertentu yang tentunya tidak cocok untuk digunakan oleh mereka yang tidak dapat berenang dengan baik.

Selain itu, berada dalam tingkat ketinggian tertentu, kolam renang ini juga seringkali memberikan kesan yang cukup menyeramkan bagi sebagian orang yang tidak menyukainya. 

Contoh desain kolam infinity

Di Indonesia kolam renang infinity Pool dapat Anda temukan dengan mudah di berbagai sudut kota Bali. Pasalnya lokasi yang dikenal sebagai surganya para wisatawan ini menyediakan beragam fasilitas menarik dalam layanan akomodasi yang dimilikinya. Seperti halnya hotel atau bahkan homestay dengan kolam infinity

Namun bukan hanya Bali saja, beberapa kota besar lainnya juga hadir dengan layanan atau fasilitas liburan yang menyediakan kolam infinity pool di tempat menginap yang dapat Anda gunakan. Seperti halnya beberapa beberapa desain kolam infinity terbaik yang ada di berbagai belahan dunia berikut ini : 

1. Ubud Hanging Gardens 

infinity pool @hanginggardensofbali
infinity pool @hanginggardensofbali

Hotel and spa yang terletak di Bali ini dikenal dengan keberadaan kolam infinity yang dimilikinya. Dalam hal ini para tamu undangan yang berkunjung ke tempat tersebut dapat menikmati keindahan alam dengan berenang di kolam infinity hingga ke bagian ujung yang dimilikinya.

Selain pemandangan hijau, Anda juga dapat merasakan kenyamanan dari beragam villa mewah yang ditawarkannya. 

2. Marina Bay Sands

infinity pool @Marina Bay Sands
infinity pool @ Marina Bay Sands

Terletak di Singapura, Marina Bay Sand dikenal sebagai salah satu pusat hiburan terpadu. Di tempat ini terdapat kolam infinity yang terletak di lantai 57 dan menghadap langsung menuju Teluk Marina.

Kolam renang ini juga dikenal sebagai kolam renang tertinggi yang Anda di dunia. Karena itulah jika Anda berenang di atasnya, maka Anda pun akan merasakan sensasi berbeda, seperti halnya akan terjatuh dari atas langit. 

3. The Anantara Dhigu Resort and Spa

infinity pool @ Anantara Dhigu via pinterest
infinity pool @ Anantara Dhigu via pinterest

The Anantara Dhigu dikenal sebagai salah satu resort and spa yang berlokasi di Maldives. Tempat ini dikenal dengan pemandangan alamnya yang indah berupa laut lepas yang tidak ada ujungnya.

Dengan berenang di kolam infinity yang ada di tempat tersebut, maka Anda dapat merasakan keindahan alam dengan sensasi yang berbeda.

Selain terasa nyaman karena dapat menikmati keindahan alam sambil berendam, Anda pun dapat melihat keindahan Samudra Hindia dari pulau Dhigufinolhu yang tentunya tidak dapat dinikmati secara sembarang oleh orang lainnya. 

4. Alila Ubud Hotel Bali

infiniti pool @ AlilaUbudHotelBali via pinterest
infiniti pool @ AlilaUbudHotelBali via pinterest

Desain kolam renang infinity lainnya yang tidak kalah menarik dapat Anda temukan di Alila Ubud Hotel. Kolam yang satu ini berada tepat di bagian atas bukit di sekitar sawah sehingga membuatnya nampak seperti lembah dan danau di tanah yang subur.

Kolam ini dibuat dengan bentuk persegi panjang yang mana salah satu bagian ujungnya tampil seperti tak berujung dan menghilang di antara bukit bertingkat. 

5. The One and Only Reethi Rah

infinity pool @ The One and Only Reethi Rah via pinterest
infinity pool @ The One and Only Reethi Rah via pinterest

Sama seperti halnya The Anantara Dhigu, tempat yang satu ini terletak di Maldives, yang tentunya sudah tidak diragukan lagi dengan keindahan alam yang dimilikinya. Di tempat ini, Anda dapat berenang dengan mudah dan menikmati keindahan alam dengan lebih leluasa.

Tidak hanya itu, pantai berpasir juga dapat Anda jangkau dengan mudah dan hanya dalam beberapa langkah saja. Laguna ini termasuk dalam tempat yang jarang dilalui dan sangat cocok bagi Anda yang ingin mendapatkan ketenangan dan menghilangkan penat dengan mudah. 

Dari penjelasan singkat di bagian atas tadi, dapat Anda lihat bahwa penggunaan kolam infinity pool memang cukup banyak digunakan di Indonesia.

Namun hal tersebut umumnya hanya digunakan di beberapa lokasi umum saja, seperti halnya di lingkungan perhotelan atau bahkan pusat hiburan yang umumnya memiliki pemandangan dengan bentang alam yang luas dan indah. 

Sementara untuk kolam renang pribadi tentunya jarang yang menggunakan jenis kolam infinity. Karena selain membutuhkan biaya tinggi dari proses pembuatannya.

Untuk perawatan dan pemeliharaannya pun tidak dapat dilakukan secara mandiri dan tetap membutuhkan bantuan dari layanan jasa lainnya yang tentunya akan menguras isi dompet Anda di masa mendatang. 

Anda tertarik untuk memiliki dan ingin membangun kolam renang infinity pool ?  Call us now !