Memilih Heater Kolam Renang

Ketika Anda akan membuat kolam renang, salah satu perangkat yang mungkin akan Anda butuhkan adalah heater kolam renang. Mengapa memilih menggunakan pemanas pada kolam renang Anda? Berikut ini adalah alasan dan cara pemilihannya. 

Mengapa Heater kolam renang penting?

Kolam renang bisa digunakan untuk kebutuhan pribadi atau bisa juga digunakan untuk keperluan bisnis. Apapun penggunaannya, heater kolam renang mungkin bisa sangat menguntungkan bagi Anda. Hal ini disebabkan karena ada banyak sekali keuntungan yang akan didapatkan jika menggunakan pemanas kolam renang di kolam renang Anda.

Apa saja keuntungannya?

1. Keuntungan untuk penggunaan sendiri 

Menggunakan heater kolam renang bisa sangat menguntungkan meski kolam renang yang Anda miliki nantinya digunakan untuk kebutuhan sendiri. Salah satu keuntungan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan heater kolam renang adalah Anda bisa menggunakan kolam renang Anda kapan pun Anda mau. 

Meski Anda ingin menggunakan kolam renang di pagi buta atau di malam hari, menggunakan pemanas kolam renang akan memberikan kenyamanan pada Anda saat berenang. Anda tidak akan kedinginan meski berenang di malam hari jika menggunakan heater kolam renang ini. 

Selain itu, ketika Anda menggunakan pemanas kolam renang ini, Anda juga akan mendapatkan keuntungan dari segi nilai dari properti yang Anda miliki. Memiliki kolam renang pada lingkungan rumah Anda sudah cukup memberikan nilai lebih pada properti Anda. Apalagi jika Anda menambahkan heater kolam renang pada kolam renang Anda. Nilai properti bisa menjadi lebih mahal ketika Anda akan menjualnya di kemudian hari. 

Salah satu alasan menggunakan pemanas kolam renang di kolam renang Anda adalah jika Anda membuat kolam renang di dalam ruangan. Membuat kolam renang di dalam ruangan memiliki banyak keuntungan. Salah satunya adalah kotoran yang berasal dari daun kering yang ada di sekitar kolam renang tidak bisa masuk ke dalam kolam renang dengan bebas. 

Akan tetapi kolam renang di dalam ruangan juga memiliki kekurangan. Ketika Anda membuat kolam renang di dalam ruangan, suhu air di kolam renang Anda cenderung akan lebih dingin dibandingkan ketika Anda membuat kolam renang di luar ruangan. Hal inilah yang membuat kolam renang di dalam ruangan akan membutuhkan heater kolam renang buatan, karena air tidak akan terasa hangat secara natural. 

2. Keuntungan menggunakan pemanas kolam renang untuk bisnis 

Jika Anda membuka kolam renang untuk keperluan bisnis, maka penggunaan heater kolam renang juga akan lebih menguntungkan untuk dilakukan. Menggunakan heater kolam renang bisa membantu Anda membuat nilai dari kolam renang Anda menjadi lebih tinggi.

Dengan begitu Anda bisa memberikan tarif yang lebih besar pada biaya sewa kolam renang Anda dan tetap mendapatkan konsumen. 

Konsumen sendiri juga sangat menyukai kolam renang yang memiliki fasilitas pemanas air. Oleh karena itu menggunakan pemanas kolam renang bisa memberikan banyak keuntungan bagi Anda pemilik bisnis kolam renang. 

Selain itu, ketika Anda menggunakan kolam renang yang memiliki pemanas, Anda bisa buka lebih lama. Anda bisa buka dari pagi buta hingga malam hari dan customer Anda tidak ragu untuk menggunakan kolam renang Anda karena tersedianya pemanas kolam renang. 

Nah sudah tahu bukan ada banyak sekali keuntungan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan pemanas kolam renang di rumah Anda. Sekarang kita simak apa saja hal yang harus diperhatikan jika Anda ingin menggunakan Heater kolam renang untuk kolam renang Anda. 

Jenis heater kolam renang

Ketika kita bicara mengenai heater kolam renang, maka kita harus tahu bahwa jenis-jenis dari pemanas kolam renang ada cukup banyak. Tipe dari pemanas kolam renang ini beserta kelebihan dan kekurangannya antara lain :

pemanas kolam renang

1. Pemanas dengan pompa 

Salah satu jenis heater kolam renang yang bisa digunakan adalah pemanas dengan menggunakan pompa. Pompa pemanas kolam renang ini merupakan jenis pemanas yang akan bekerja dengan menggunakan listrik. 

Akan tetapi pompa ini tidak digunakan untuk memanaskan air akan tetapi digunakan untuk memanaskan uap air. Pemanasan uap air ini nantinya akan digunakan untuk memanaskan air yang melalui pompa tersebut. 

Kelebihan dari jenis pompa ini adalah mengenai biaya operasional tahunannya. Hal ini disebabkan karena pemanas kolam renang yang menggunakan pemanas pompa ini merupakan salah satu jenis pemanas yang sangat tahan lama sehingga biasanya ia bisa bertahan hingga 10 atau 20 tahun jika dirawat dengan baik. 

Jika Anda menggunakan pemanas kolam renang dengan jenis pompa ini, Anda juga akan mendapatkan keuntungan dari segi iklim. Indonesia adalah negara yang memiliki iklim tropis sehingga penggunaan dari pompa pemanas kolam renang ini menjadi lebih efektif. Pasalnya, pemanas kolam renang dengan model pompa ini menjadi lebih cepat panas dibanding ketika digunakan di negara dengan iklim dingin. 

Sayangnya jenis pompa pemanas kolam renang ini juga memiliki kekurangan. Kekurangannya adalah mengenai biaya operasional harian dan bulanannya. Karena pompa pemanas kolam renang ini menggunakan listrik untuk bisa beroperasi, maka sudah pasti pompa pemanas kolam renang ini pasti memiliki biaya operasional yang lebih mahal. 

2. Pemanas kolam renang dengan pemanas surya 

Tipe pemanas lain yang bisa digunakan di kolam renang Anda adalah pemanas kolam renang dengan sistem surya. Sesuai dengan namanya, pemanas kolam renang dengan sistem surya ini memanfaatkan panas matahari untuk memanaskan air. 

Kelebihan dari pemanas kolam renang dengan sistem surya ini adalah kemampuan pemanasan yang lebih cepat jika dibandingkan dengan sistem pemanas kolam renang yang lainnya. Selain itu, penggunaan pemanas surya ini tidak akan terpengaruh dengan suhu di luar ruangan. Ia juga cukup murah dari hal pembelian dan biasanya tidak menyebabkan polusi suara. 

Sayangnya penggunaan dari pemanas kolam renang sistem surya ini membutuhkan biaya operasional yang cukup mahal, ia juga lebih mudah rusak jika dibandingkan dengan pemanas kolam renang dengan sistem pompa atau sistem yang lainnya. 

3. Pemanas kolam renang dengan bahan bakar gas

Sistem pemanas kolam renang yang selanjutnya adalah pemanas kolam renang dengan bahan bakar gas. Biasanya jenis gas yang digunakan dalam heater kolam renang ini adalah bahan propana. Sistem pemanas kolam renang dengan bahan bakar gas ini bekerja dengan melewatkan air pada sebuah ruangan yang melakukan pembakaran dengan menggunakan gas sehingga air yang masuk ke dalam ruangan tersebut ikut memanas. 

Kelebihan dari sistem pemanas kolam renang dengan menggunakan gas ini ada sangat banyak. Kelebihan utamanya adalah harga alat yang cukup murah. Alat pemanas kolam renang dengan menggunakan gas ini juga lebih mudah untuk di maintenance Anda juga memiliki sifat ramah lingkungan. Ia lebih awet dan dapat digunakan dengan mudah. 

Jika dibandingkan dengan biaya bahan bakar lain seperti listrik, biaya bahan bakar gas juga lebih murah sehingga ia dapat meminimalisir biaya operasional harian juga. Sayangnya jika dilihat dari segi penampilan, sistem pemanas kolam renang dengan menggunakan gas ini bisa dibilang cukup sederhana. 

Pasalnya sistem pemanas kolam renang dengan menggunakan bahan bakar gas ini biasanya memiliki tampilan yang besar dan terlihat tidak rapi. Selain itu, Anda juga perlu lebih berhati-hati dalam penempatannya. Penempatan gas untuk pemanas kolam renang ini tidak boleh dilakukan di dalam ruangan tapi tidak boleh juga di simpan di area yang terkena matahari langsung. 

Perhatikan ukuran kolam renang Anda

Faktor lain yang harus Anda perhatikan ketika Anda akan membeli pemanas kolam renang adalah mengenai ukuran dari kolam renang Anda. Ukuran kolam renang akan sangat berpengaruh pada ukuran heater yang akan Anda gunakan. Makin besar ukuran kolam renang Anda, maka makin besar juga ukuran heater yang akan Anda butuhkan. 

Perhatikan budget yang Anda miliki 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pemanas kolam renang bisa ditemukan dalam banyak jenis. Masing-masing jenis memiliki harga yang berbeda tergantung dengan cara kerja, merek yang merilisnya dan juga ukuran yang dimilikinya. Hal inilah yang diperhatikan karena sebaiknya Anda membeli pemanas kolam renang sesuai dengan budget yang Anda miliki. 

Jika Anda ingin membeli pemanas kolam renang dengan menggunakan budget yang murah, maka model pemanas kolam renang dengan bahan bakar gas biasanya merupakan jenis yang paling pas untuk dibeli, akan tetapi perlu Anda ingat bahwa harga dari gas bisa naik dan bisa turun tergantung kesediaan. 

Cuaca di area sekitar Anda 

Indonesia memang merupakan negara tropis, akan tetapi ada beberapa daerah yang memiliki kondisi alam yang berbeda. Contohnya ketika ada berada di daerah pantai, kondisi suhu di area tersebut akan cenderung lebih panas dan ketika Anda ada di daerah pegunungan, kondisi suhu cenderung lebih dingin.

Hal ini juga harus diperhatikan ketika Anda akan memilih pemanas kolam renang. Pasalnya ada jenis pemanas kolam renang yang akan sulit memanaskan air ketika berada di suhu yang dingin seperti pemanas kolam renang dengan pemanas kolam renang dengan sistem pompa. Karena ia menggunakan pipa penyalur air untuk memanaskan air yang melaluinya. 

Maintenance 

Ketika Anda akan membeli pemanas kolam renang, Anda tidak boleh hanya memperhatikan biaya yang dibutuhkan untuk membeli pemanas kolam renang dan juga biaya yang dibutuhkan untuk operasional dan juga untuk maintenance. 

Peralatan kolam renang Anda terutama pompa dan juga peralatan untuk pemanas kolam renang juga sangat penting untuk dirawat. Perawatan dari pompa dan juga pemanas kolam renang sangat penting untuk menjaga kinerja dari alat-alat tersebut agar dapat bertahan lebih lama. 

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk memilih pemanas kolam renang yang memerlukan sedikit maintenance. Jika Anda ingin menggunakan pemanas kolam renang yang tidak membutuhkan perawatan yang rumit, maka pemanas kolam renang dengan tipe pompa akan lebih cocok. 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, penggunaan heater kolam renang dengan tipe pompa bahkan bisa bertahan hingga 10 tahun atau bahkan 20 tahun jika dirawat dan digunakan dengan baik. Jadi dalam waktu tersebut Anda tidak perlu bingung mencari Heater kolam renang yang baru. 

Leave a Reply