Kenali Gutter Kolam Renang yang Sesuai Untuk Anda

Banyak kolam renang yang ada saat ini dibangun dengan desainnya yang membutuhkan parit / gutter kolam renang. Parit ini posisinya berada pada bibir kolam renang untuk menpung luapan air dari bak kolam. Air yang tumpah masuk ke dalam gutter kemudian dialirkan menuju ruang bak penampung. Kebanyakan orang menyebutnya dengan balancing tank. Kemudian di olah masuk ke dalam proses fitrasi, selanjutnya air dikembalikan lagi masuk ke kolam renang.

Dalam membangun kolam renang umum ataupun kolam renang di rumah pribadi, sebaiknya mengetahui dan memahami sistem sirkulasi air kolam renang. Sistem sirkulasi tersebut memegang peranan yang sangat penting. Peran utamanya berfungsi untuk malakukan penyaringan air kolam.

Tanpa sistem sirkulasi, maka proses filtrasi air kolam renang tidak akan terjadi. Dengan filtrasi yang baik, air kolam renang menjadi bening dan bersih. Jadi system sirkulasi ini wajib mempertimbangkan luas kolam renang / kubikasi air dan kapasitas pompa dan filter yang digunakan.

Sebelum membahas tentang gutter kolam renang, ada baiknya kita kenalan dulu dengan yang namanya sistem filtrasi atau system sirkulasi kolam renang. Ini penting karena ada kaitannya dengan penentuan gutter kolam renang Anda.

Beberapa sistem filtrasi atau sirkulasi pada kolam renang

1. Sistem sirkulasi skimmer (pas untuk kolam renang kecil)

Sistem sirkulasi ini cocok untuk digunakan pada kolam renang yang berukuran kecil. Biasanya diterapkan pada lahan yang terbatas / sempit. Sistem sirkulasi skimmer ini akan sangat tepat digunakan. Kolam renang yang kecil hanya memerlukan sistem sirkulasi yang sederhana dan tidak memerlukan ruang balancing tank dan space untuk saluran gutter overflownya. 

Hanya membutuhkan alat tambahan yaitu skimmer box. Alat ini wajib dipasang pada salah satu dinding bagian atas, dekat dengan bibir kolam renang. Dengan adanya perlengkapan tambahan ini, maka sirkulasi kolam renang skimmer bisa bekerja dengan baik, dalam mensirkulasikan air untuk lebih jernih dan bersih. Umumnya sistem skimmer ini digunakan bagi kolam renang rumahan dengan lahan terbatas yang peruntukkannya hanya untuk keluarga saja.

2. Sistem sirkulasi Overflow

Kelebihan sistem sirkulasi ini adalah mampu menyaring air kolam dengan sempurna. Sirkulasi atau penyaringan air merata ke segala arah sehingga dapat membersihkan dan menyaring hingga kotoran yang berada dimanapun pada kolam renang, dikarenakan semua kotoran akan terhisap arus flow pada air kolam renang.

Jika kolam renang dibangun pada lahan yang luas, maka saluran bagi gutter flow dapat dibuat pada keempat sisi kolam renang. Jika flow dinyalakan dalam waktu lama tentu akan semakin banyak pula air yang dapat disaring dan semakin banyak pula kotoran yang dapat dibersihkan hingga menghasilkan air kolam yang bersih maksimal.

3. Sistem sirkulasi semi overflow

Sistem ini hampir sama dengan sistem over flow, dimana yang membedakannya hanyalah pada desain bentuk kolam renangnya saja. Jika pada sirkulasi over flow air akan mengalir dari segala arah, maka pada sistem semi over flow, air hanya mengalir dari satu atau dua arah saja. Sistem sirkulasi pada jenis ini biasa diperuntukkan bagi kolam dengan luas standard atau cukup memadai.

Kelebihan dari sistem sirkulasi atau filtrasi jenis ini adalah mampu menyaring jenis kotoran besar seperti daun dan kotoran kecil seperti debu dan pasir. Hal ini menjadikan sirkulasi air menjadi maksimal sehingga akan menghasilkan air yang jernih. Biasanya jenis sirkulasi seperti ini digunakan pada kolam renang rumah pribadi (rumah hunian).

Dari penjelasan diatas kita memahami jika sistem sirkulasi pada kolam renang adalah hal penting guna menghasilkan air kolam yang bening. Karena semua jenis kolam renang membutuhkan sirkulasi atau filtrasi yang baik agar menghasilkan air yang bening dan bersih. Maka itu gutter kolam renang sangat dibutuhkan agar luapan air dari kolam dapat mengalir menuju penampungan atau balancing tank untuk selanjutnya difilter, serta dapat dialirkan kembali kedalam kolam dengan kondisi yang sudah tersaring, bening dan bersih.

Setelah kita memahami akan peranan sistem sirkulasi dalam penyaringan air, maka saatnya kita membahas akan peranan gutter yang diletakkan di bibir kolam. Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa gutter berfungsi sebagai jalan dari luapan air kolam, maka gutter wajib ada pada setiap kolam renang jenis overflow, sehingga sirkulasi proses penyaringan air kolam dapat dilakukan. Berikut pembahasan detail akan gutter kolam renang:

Peranan gutter kolam renang

Setiap bagian pada kolam renang, memiliki fungsi yang berbeda. Seperti halnya gutter pada kolam renang yang berfungsi sebagai bagian dari sistem sirkulasi jenis overflow. Gutter pada kolam renang adalah layaknya sebuah parit / got. Namun kedalaman dan ukuran gutter tentu disesuaikan dengan kondisi kolam renang tersebut. Dalam pemasangannya gutter ditutupi oleh penutup berbahan batuan alam, grill, dan lain sebagainya. Saat ini banyak pilihan jenis penutup gutter dengan motif dan model yang menarik.

Berikut video kami yang mengulas tentang gutter kolam renang

Jenis Gutter untuk kolam renang overflow

1. Model tradisional

Jenis gutter yang satu ini dapat digunakan baik kolam renang ukuran besar maupun kecil. Karena model ini menggunakan desain, dimana gutter terdapat di sekeliling kolam renang. Sehingga memungkinkan agar air dapat mengalir secara berlimpah. Jika air kolam digunakan oleh pengunjung kolam dalam jumlah banyak, maka kotoran dalam air kolam yang dihasilkan tentu akan banyak pula.

Gutter jenis ini mampu menjadikan air kolam akan tetap bersih dan bening meski digunakan oleh banyak pengunjung. Maka tak heran jika kolam renang dengan kapasitas tampung besar, sering memilih gutter jenis ini. 

2. Model Zero edge

Biasanya gutter jenis ini digunakan pada kolam renang dengan lahan terbatas. Gutter kolam renang ini berukuran kecil dan sangat sederhana. Dikarenakan ukuran kolam yang kecil maka aplikasi gutter ini akan sangat sesuai dengan kedalaman kolam yang hanya 50cm.

3. Model Raised overflow

Pemasangan gutter ini cenderung sedikit lebih rendah dari bibir kolam renang. Agar air yang tumpah akan semakin mudah masuk kedalam gutter. Gutter diletakkan pada sisi kiri dan atau kanan pada bagian kolam. Rumah dengan kondisi halaman yang luas biasanya menggunakan kolam renang yang memakai gutter raised overflow karena tampilan kolam renang otomatis akan terlihat menjorok keluar dan sesuai jika diperuntukkan pada kolam renang pada lahan yang luas.

4. Model Hidden flow

Gutter jenis ini dapat digunakan baik untuk kolam renang indoor maupun untuk kolam renang di luar ruangan. Meski sirkulasi air akan tetap berjalan, namun gutter tidak terlalu terlihat. Untuk ukurannya, harus disesuaikan dengan ukuran dan luas kolam renangnya. Gutter kolam renang model ini merupakan model terbaru yang ada saat ini. Bentuknya yang tidak terlalu terlihat dikatakan sebagai gutter yang telah mengalami banyak perubahan dari gutter yang ada saat ini. Namun tetap berfungsi sebagai sebuah gutter. Menjadi jalan dari luapan air kolam dan hasilnya tetap maksimal dengan penggunaan gutter hidden flow ini.

Sebuah gutter tentu selalu berkaitan dengan grill atau penyaring yang terdapat diatas gutter. Aksesoris grill kolam renang ini, memiliki berbagai ukuran. Begitu pula dengan bentuk dan motif nya. Terdapat model grill dengan ukuran model satu atau tiga kaki dengan lebar 25 hingga 30 cm.

Biasanya grill merupakan bahan yang tahan akan sifat kimia air kolam renang dan berkualitas baik. Warna yang tersedia juga beragam seperti abu-abu, putih, hitam dan warna gading.  Namun biasanya warna yang paling diminati adalah gading dan putih karena dapat diaplikasikan secara netral pada jenis kolam renang apa saja baik didalam maupun diluar ruangan.

Tak dapat dipungkiri bahwa wisata kolam renang saat ini sangat diminati oleh berbagai kalangan dan usia. Banyak kontraktor kolam renang yang digunakan jasanya oleh mereka yang tertarik dengan bisnis kolam renang. Semakin banyaknya pilihan masyarakat dalam berwisata kolam renang menjadikan desain kolam renang dirancang untuk berbagai usia. Bahkan balita juga dapat menikmati wisata kolam renang. 

Bagi Anda yang ingin membawa buah hati untuk berwisata ke sebuah kolam renang, Anda tak perlu khawatir karena saat ini pengamanan kolam renang sudah dirancang dengan cukup aman. Terutama karena kolam renang merupakan area berair atau tergenang air.

Meski begitu tetap saja sebagai orang tua harus mengawasi anaknya dalam bermain di kolam renang. Ditambah gutter yang ada di kolam renang sangat menunjang akan proses filtrasi dan kebersihan air kolam, sehingga aman bagi kulit yang rentan sekalipun seperti balita.

Yuk simak beberapa yang dapat dilakukan agar balita tetap aman selama bermain di kolam renang:

1. Pakaian renang yang tepat

Jangan gunakan pakaian biasa saat balita berada di kolam renang. Karena pakaian biasa akan terasa berat bagi balita dan menyulitkan gerakannya serta tidak luwes. Pakaikan pakaian khusus renang yang fit di tubuh balita sehingga tidak menghalangi gerakannya.

2. Sisipkan materi berenang

Balita berusia tiga tahun sudah dapat diajari berenang. Hal ini penting dilakukan agar anak memiliki rasa peka jika ia berada dalam kondisi bahaya. Misalnya ketidakmampuan berdiri dengan stabil di lantai kolam, maka ia akan reflek melakukan penyelamatan hingga tidak tergelincir dan tenggelam. Begitu juga dengan berbagai accident lainnya yang mungkin terjadi didalam kolam renang. Tujuannya agar si balita sudah terbiasa dan paham untuk bertindak menyelamatkan dirinya.

3. Tidak percaya begitu saja pada anak

Meski Anda merasa jika anak balita Anda akan baik-baik saja selama berada di kolam renang, namun tetap saja jangan melepaskan pantauan Anda padanya. Anda memang memberi keleluasaan pada anak dalam bermain, namun tetap saja dalam pemantauan dan pengawasan Anda. Hal ini masih bisa dilakukan meskipun Anda sambil membaca atau menikmati cemilan di dekat are tempat anak balita Anda bermain.

Semoga tulisan gutter kolam renang ini dapat bermanfaat bagi pembaca, dalam menambah wawasan seputar kolam renang. Sampai jumpa pada edisi yang akan datang..

Leave a Reply