Pengertian dan Fungsi HCL untuk Air Kolam Renang

Memiliki kolam renang, tentu Anda pasti tau fungsi HCL untuk air kolam renang. Kolam tersebut dapat berfungsi dengan baik berkat bantuan sejumlah faktor, diantaranya yakni chemical. Unsur chemical ini berguna dalam perawatan kolam renang agar tetap aman dan nyaman saat berenang. Salah satu bahan kimia yang biasa dipakai untuk perawatan ialah HCl.

Keberadaan HCl sendiri bagi kolam renang tak bisa diabaikan begitu saja. Terdapat banyak manfaat yang bisa diperoleh dari HCl untuk kolam renang kesayangan Anda. Supaya Anda lebih mengenal chemical satu ini maupun bahan lain yang paling umum digunakan, sebaiknya simak hingga tuntas uraian yang dibagikan di bawah ini.

Definisi dan Fungsi HCL bagi Kolam Renang

langsung saja menuju topik pengertian dan fungsi HCL.

Pengertian HCL

Sebelum membahas fungsi HCl pada kolam renang, akan sangat baik kalau Anda tahu apa itu HCl? Bahan kimia ini adalah chemical yang berasal dari susunan molekul atom. Dan struktur ini terdiri atas atom Hidrogen dengan lambang huruf H dan Klorin atom disimbolkan jadi Cl. Karena reaksi kimia antara unsur H dan Cl sifatnya elektronegatif, maka chemical HCl dapat larut dalam air.

Adapun pemberian HCl pada air kolam renang bertujuan untuk menjaga air ini supaya senantiasa tetap bersih dan juga jernih. Apabila kolam renang Anda tidak terawat, maka jangan heran kalau kolam seringkali jadi keruh dan kotor. Bahkan di kolam bisa tumbuh ganggang, lumut, alga, dan berbagai hal lainnya.

Pemakaian HCl ini menjadi upaya perawatan kolam di rumah yang paling baik. Bukan cuma berperan penting sebagai bahan kimia yang menjaga kolam renang, HCl juga banyak dimanfaatkan pada tanaman PVC. Bahkan HCl ini sering pula digunakan pabrik makanan pada bahan tertentu. Fakta ini membuktikan HCL merupakan unsur kimia yang sangat berguna bagi kehidupan manusia.

Fungsi HCl pada Kolam Renang

Kegunaan HCl bagi kolam renang ialah untuk menjaga kejernihan air kolam tersebut. Sebab HCl mampu turunkan pH dalam air. Pemberian obat kimia ini sendiri digunakan saat treatment atau kolam dalam keadaan kelebihan chemical. Agar kolam air renang tetap jernih, bersih, dan selalu terjaga kelembaban airnya maka air ini mesti stabil pH-nya. Sedangkan kondisi pH dipengaruhi cuaca dan bahan kimia yang tidak begitu seimbang.

Fungsi HCl untuk kolam renang paling utama yakni untuk menstabilkan pH, dengan demikian air di kolam tidak keruh dan jernih kembali. Supaya kolam Anda mendapatkan manfaat dari HCl dengan optimal, Anda harus mengadaptasikan chemical ini secara tepat. Kegunaan HCl ini dapat Anda rasakan bila memakainya sesuai dosis yang dianjurkan pada petunjuk penggunaan produk.

Bila tidak sesuai dosis, hal ini justru mengakibatkan dampak buruk pada kolam renang di hunian Anda. Adapun efek negatif yang ditimbulkan dari dosis HCl yang berlebihan ini dapat merusak lapisan pada dinding kolam renang, bahkan nat yang menggunakan porselen pada tepi kolam renang pun berpotensi rusak.

Selain itu, kadar HCL berlebih bisa mengakibatkan bintik-bintik kuning timbul di lantai kolam dan juga merusak pipa yang digunakan kolam renang Anda..

Jenis Obat Pembersih Kolam Renang Terbaik Selain HCL

Berikut ini merupakan penjabaran berbagai jenis obat kimia dan pembersih yang acap kali dijual bebas di pasaran serta memiliki fungsi untuk membersihkan kolam renang selain HCL. antara lain:

Soda Ash

Zat kimia ini dipakai untuk menaikkan Ph air pada kolam renang. Jika air kurang dari batasan Ph normal, hal ini pastinya membuat kualitas air menurun. Terlebih jika setelah ditambahkan air, entah itu tambahan air kran maupun air hujan. Sementara cara pemakaian obat ini yakni dengan cara dilarutkan dalam wadah lebih dulu sebelum dimasukkan ke kolam. Itulah manfaat dari soda ash.

Supaya Soda Ash bekerja dengan maksimal, sebaiknya pengaplikasian obat kimia ini dilakukan pada saat sirkulasi air berjalan. Sehingga, sirkulasi ini sangat membantu untuk mempercepat proses perataan Soda Ash di air kolam renang kesayangan Anda.

Chlorine

Selanjutnya pembersih kolam renang Chlorine. Obat kimia jenis ini ada beberapa macam yang beredar di pasaran, tiap tipenya mempunyai fungsi tingkat klorin dan bentuk yang tak sama. Contohnya Chlorine powder 60% atau kaporit. Chlorine ini merupakan chemical kolam renang yang digunakan untuk meningkatkan konsentrasi klorin pada air kolam.

Seperti namanya yakni Chlorine powder 60%, bentuk obat kimia ini ialah bubuk yang memiliki kandungan klorin sebanyak 60%. Dengan memberikan pembersih ini ke tempat berenang Anda, maka hal ini akan menjaga kondisi air tetap jernih dan juga untuk menghancurkan bakteri yang ada.

Chlorine TCCA Tablet 90%

Jenis pembersih air kolam yang di jual di pasaran ini berbentuk tablet, dimana tingkat klorin tipe ini sama seperti chemical Chlorine Granular 90%. Adapun perbedaan kedua obat kimia ini terdapat pada fungsi serta pemakaiannya. Chlorine TCCA Tablet 90% digunakan untuk menjaga pH dan kandungan klorin yang ada dalam air kolam, agar airnya selalu berada pada kondisi yang stabil dan ideal. Pembersih inipun berfungsi senantiasa menjaga air kolam tetap jernih dan biru.

Chlorine Granular 90%

Berikutnya terdapat Chlorine Granular 90% yang mampu tingkatkan kandungan klorin dalam air kolam renang Anda. Jika tingkatan klorin lebih tinggi, maka hal ini dapat membantu meningkatkan klorin pada airnya dengan cepat. Untuk bentuk obat kimia ini umumnya berupa butiran kecil atau granular.

Trussi atau Copper Sulphate

Trussi merupakan salah satu chemical yang digunakan untuk mencegah lumut ataupun alga tumbuh di kolam renang favorit keluarga Anda. Adapun fungsi pembersih air kolam ini ialah sebagai penjernih serta pemberi warna kebiruan kolam renang. Jadi kolam renang tersebut akan tampak lebih indah. Pengimplementasian Trussi ini juga sama caranya dengan Soda Ash, yang dilarutkan terlebih dahulu setelah itu Anda masukkan ke kolam, mudah bukan?

PAC atau Poly Aluminum Chloride

Dan ulasan chemical yang terakhir yakni Poly Aluminum Chloride, tipe pembersih ini merupakan bahan kimia yang berbentuk bubuk. Obat kimia ini memiliki fungsi yang serupa dengan tawas. Dimana PAC dapat mengikat kotoran yang ada dalam air kolam lalu dibawa mengendap menuju dasar kolam renang.

Tata Cara Membersihkan Kolam Renang Berkabut dengan HCL

Sebetulnya air di kolam renang memang tak selamanya dalam keadaan selalu jernih. Namun kadang kala akibat suatu hal air ini bisa berubah warna menjadi keruh, kehijauan, atau bahkan sampai tampak seperti berkabut. Air kolam yang keruh tentu membuat Anda risih dan kolam pun terkesan jorok bagi siapapun yang melihat kolam renang seperti itu.

Bahkan hanya melihat air kolam renang yang tak jernih, langsung menimbulkan keengganan berenang di kolam itu. Untuk mengatasi kondisi kolam renang berkabut ini perlu melakukan langkah yang tepat, yaitu.

1. Mengecek Kadar Chlorine dan pH Air Kolam Renang

Jika ingin memeriksa kadar Chlorine dan pH Anda membutuhkan alat Test Kit, cara pemakaiannya cukup mudah, pertama Anda bersihkan lebih dahulu kedua tabung Test Kit menggunakan air bersih hingga beberapa kali. Kemudian isi kedua tabung itu dengan air kolam renang di rumah yang berada di 30 cm di bawah permukaan air, sesuai garis tanda maksimal pada kedua tabung tesnya.

2. Meneteskan OTO Indicator dan PHENOL RED Indicator

Bila Anda telah mengisi tabung dengan air kolam, letakkan tabung tersebut jauh dari paparan sinar matahari langsung. Setelah itu, Anda masukkan 5 tetes OTO Indicator Solution ke tabung A untuk memeriksa kadar Chlorine air kolam dan 5 tetes PHENOL RED Indicator Solution di tabung B untuk mengecek pH airnya.

Jika sudah semua, Anda tutup kedua tabung tersebut. Kemudian tabung-tabung ini Anda kocok sampai cairan indikator tercampur dengan baik, lalu Anda tunggu beberapa saat. Setelah itu, Anda bandingkan warna air tabung A dengan standar warna pembanding CL. Chlorine yang ideal yaitu berkisar 1,0-1,5. Pada tabung B, coba Anda bandingkan warnanya pada warna standar pembanding pH. PH untuk air kolam idealnya sekitar 7,2 hingga 7,6.

3. Memberikan Cairan HCL

Kebanyakan kasus pada air kolam renang berkabut ini disebabkan kadar pH di air kolam lebih tinggi daripada Chlorine, atau pH berada diatas batas idealnya, untuk menangani masalah air kolam yang berkabut sebaiknya Anda menambahkan chemical yang memiliki kadar Chlorine. Namun Anda harus vacuum kolam renangnya baru berikan obat kimia. 

Sesudah kolam diberikan kaporit 90% maupun granular, sistem filterisasi di kolam renang harus tetap menyala selama 8 jam atau lebih. Selain memakai chemical yang mengandung Chlorine, untuk membersihkan kolam renang dari kondisi air berkabut, Anda bisa juga memberikan obat kimia berupa HCL, sebab fungsi HCL untuk air kolam renang ampuh menjernihkan air kolam dalam segala kondisi.

Adapun cara penggunaannya yaitu dengan menuangkan cairan HCL langsung ke dalam air kolam renang Anda, tapi sebaiknya saat menuangkan chemical HCL ini Anda seharusnya menggunakan sarung tangan dan masker untuk lindungi diri Anda terutama kulit. Usahakan agar tidak terkena cairan HCL, sebab cairan kimia ini cukup bahaya untuk kulit Anda.

Anda pun dapat mengaplikasikan HCl dengan mencampur cairan kimia ini di sebuah wadah bersama air pada kolam berenang Anda. Setelah tercampur rata, Anda dapat menuangkan campuran tersebut dengan perlahan sampai bahan di wadah masuk ke kolam dan benar-benar merata. Pastikan Anda melakukannya sesuai dengan takaran. Dijamin kolam renang Anda akan jernih dan bersih kembali. Silahkan baca-baca tentang cara menentukan takaran chemical kolam renang.

Selain kedua cara ini, masih ada cara lainnya yang dapat Anda ikuti untuk menjernihkan air kolam dari air berkabut. Yaitu dengan cara, masukkan campuran air dengan HCl ke mesin pompa. Kemudian tunggu sampai semua campuran telah bersirkulasi secara merata pada kolam renang kesayangan. Selain mudah, cara ini terbukti mampu membersihkan dan menjernihkan air kolam. Jadi, tidak ada salahnya Anda mengaplikasikan yang satu ini.

Tapi jangan lupa untuk periksa kadar pH dan chlorine air kolam renangnya, untuk memastikan kadar Chlorine yang dimasukan tadi berada pada posisi yang cukup atau masuk golongan ideal. Karena kolam renang di posisi ideal akan jauh lebih nyaman untuk dipakai berenang. Selain dapat mempertahankan air kolam dalam posisi ideal, kolam renang jadi senantiasa indah, bening, jernih, dan menyegarkan untuk dipandang maupun digunakan.

Melihat kegunaan HCL ini, sepatutnya Anda tak perlu ragu memberikan obat kimia tersebut untuk membersihkan kolam renang. Fungsi HCL untuk air kolam renang dapat Anda manfaatkan dengan mengikuti anjuran produk yang dipakai.

Leave a Reply