Decking Kolam Renang

Dalam proses pembuatan kolam renang, pemasangan decking kolam renang merupakan proses yang termasuk di tahap akhir. Dan menjadi salah satu tahap dalam finishing kolam renang. Pada tahap ini akan dilakukan penutupan area lantai kolam renang sehingga bisa nampak lebih rapi, dan indah, serta aman, juga nyaman pada saat mulai dipergunakan. Proses decking ini, akan mampu membuat tampilan kolam renang bisa menjadi lebih elegan serta menawan.

Tips Memilih Decking Kolam Renang

Terdapat banyak sekali jenis bahan material yang bisa dipilih untuk dijadikan decking pada plasa kolam renang.  Aneka jenis bahan material yang unik, indah dan menawan bisa digunakan sebagai deck kolam renang.

Pilihannya mulai dari yang berharga murah, sedang hingga yang mahal. Juga bisa berupa bahan material alami maupun buatan. Pilihan untuk decking kolam renang tersebut bisa mulai dari batu alam atau kayu hingga material keramik, atau conwood dan lain sebagainya. Dalam menentukan jenis decking kolam renang yang akan digunakan, sebaiknya memperhatikan beberapa faktor. Berikut ini sebagai bahan pertimbangannya.

Kualitas dan Usia Daya Pakai

Pilih bahan material decking yang berkualitas, awet serta panjang usia daya pakainya, tidak mudah rusak atau mudah kusam, mudah kotor dan lain sebagainya. Hal ini karena decking kolam renang itu yang paling sering dipakai untuk lalu lalang dan menjadi first impression. Atau kesan pertama yang langsung muncul. Yang pertama bisa dinikmati dan dilihat sejak masuk area kolam renang.

Jika kotor atau ada rusak sedikit saja, akan bisa langsung mengurangi segi keindahan dan kenyamanannya pada saat dipandang mata. Decking harus selalu dijaga kebersihan dan keindahannya karena akan langsung bisa mempengaruhi tampilan kolam renang secara keseluruhan.

Pilih juga bahan material untuk decking kolam renang yang tidak mudah tergores, mengingat decking itu di atasnya juga bisa menjadi tempat untuk meletakkan berbagai furniture perabotan pelengkap sarana kolam renangnya.

Di atas decking bisa ditempatkan seperti meja dan kursi dan lain sebagainya. Meskipun bisa saja ujungnya dilapisi dengan karet atau pembungkus silikon, agar tidak merusak decking, namun alangkah baiknya juga diantisipasi dengan memilih bahan material decking yang awet dan kuat, dan tidak mudah tergores.  

Keamanan

Lalu yang tak kalah pentingnya ialah faktor keamanannya, Terlebih bagi para pengguna yang berlalu lalang di atasnya. Pilih bahan material decking yang tidak licin. Hindari memilih decking yang sulit kering atau mudah menampung genangan air.

Itu wajib menjadi prioritas, karena area decking itu mudah sekali terciprat air kolam, dengan memilih material yang tidak licin dan mudah kering menjadi pilihan terbaik.

Perawatan yang Mudah dan Murah

Berikutnya ialah pilih bahan material decking yang mudah serta murah perawatannya. Sehingga decking bisa tetap tampil prima dalam jangka waktu yang panjang dan tak akan memerlukan biaya yang besar dalam perawatannya. selain itu mudah untuk dibersihkan. Jadi jika perlu cukup disapu, atau disedot dengan vacum cleaner atau hanya dipel guna membersihkan berbagai debu dan kotorannya maupun air yang mengenang.

Hindari jenis bahan material decking kolam renang dan pilihan warnanya yang memberikan kesan terlihat mudah menjadi kotor dan sulit dibersihkan.

Harga Terjangkau 

Tak perlu memaksakan diri untuk memasang decking kolam renang dengan bahan material yang harganya sangat mahal. Bahan material berharga murah pun bisa tampil cantik dan indah serta awet dan kuat serta mampu bertahan lama dengan daya pakai yang cukup panjang usianya dan mudah pula perawatannya.

Mudah Pemasangannya

Hal lain lagi yang perlu dipertimbangkan juga ialah pada tingkat kemudahan dalam instalasi atau pemasangannya. Dengan demikian akan bisa lebih hemat biaya dan waktu. Karena proses pekerjaan bisa diselsesaikan dengan cepat, tanpa perlu memikirkan adanya kemungkinan pembengkakan biaya. Semakin sulit pemasangannya, akan memakan waktu lebih lama. Dengan begitu, maka akan semakin mahal biayanya.

Aneka Bahan Decking Kolam Renang 

Dengan mempertimbangkan beberapa faktor di atas, Anda bisa memilih beberapa bahan material untuk decking berikut ini. Kami ulas beikut dengan kelebihan / keunggulan dan kelemahan / kekurangannya.

1. Material Batu Alam

Terdapat beberapa jenis batu alam yang bisa dipilih sebagai decking kolam renang, antara lain sebagai berikut.

Batu Andesit

decking batu andesit
decking batu andesit

Bahan material ini cukup solid, kokoh, kuat. Batu Andesit ialah salah satu material batu alam yang terbaik dan cocok untuk dijadikan sebagai decking kolam renang. Hal ini karena sifat material Batu Andesit ini yang dikenal memiliki karakter dan tekstur yang ideal dan cocok untuk menjadi area basah sekitar tepian kolam renang, yakni antara lain mudah menyerap air, sehingga cipratan air dari kolam renang tak akan lama-lama menggenang.

Batu Andesit ini memiliki warna alami keabuan-abuan yang mampu memberi kesan elegan sebagai penghias sekeliling tepian kolam renang. Sebaiknya Pilih batu Andesit yang memiliki ketebalan sekitar 3 cm hingga 4 cm guna mendapatkan kekuatan yang terbaiknya.

Batu Paras Jogja

batu paras jogja
batu paras jogja

Batu alam ini juga memiliki kemampuan daya serap air yang tinggi dan juga unik teksturnya sangat artistik. Jika dipadukan penggunaan coating yang tepat, akan dapat menambah keindahannya, cocok juga jika hendak digunakan sebagai decking kolam renang. Sebaiknya gunakan batu paras Jogja yang memiliki tingkat ketebalan sekitar minimal 4 cm sehingga bisa lebih awet dan juga tidak akan mudah menjadi patah.

Batu Basalto

batu basalto

Lalu ada juga yang namanya batu Basalto. Batu alam ini juga banyak digunakan sebagai decking kolam renang. Batu ini memiliki tekstur yang cukup halus dengan pilihan warna yang beragam. Cukup bervariasi sehingga akan mampu membuat lebih leluasa dalam pemilihan warnanya.

Sebaiknya gunakan batu Basalto dengan tingkat ketebalan minimal 3 cm sehingga bisa lebih kuat dan tidak akan mudah patah. Lalu padukan dengan coating yang tepat supaya bisa tampil lebih indah.

2. Material Kayu 

kayu ulin
kayu ulin

Kayu yang sering digunakan sebagai decking kolam renang adalah jenis kayu Solid Ulin Kalimantan atau kayu Merbau atau kayu Bengkirai. Hal ini karena kayu jenis ini cukup tahan cuaca, kuat. Namun material kayu juga bisa dikatakan cukup lunak, sehingga tidak akan sakit ketika ada pengguna yang terjatuh di atas lantai deck kolam renang dari kayu ini.

Sedangkan warnanya adalah coklat kekuningan atau coklat kehitaman. Decking kayu ini mampu membuat tampilan kolam renang menjadi hangat dan elegan. Selain itu material bahan kayu juga cukup mudah dibentuk.

3. Material Keramik Eksterior

keramik eksterior
keramik eksterior

Bahan keramik juga bisa digunakan dan cukup populer sebagai bahan decking kolam renang. Tentunya pergunakan keramik eksterior dengan permukaan yang lebih agak kasar sehingga tidak akan licin. Adapun model serta warnanya cukup beragam. Bisa bercorak batu alam, motif klasik atau model futuristic. Bahkan ada yang bercorak corak kayu vintage dan lain sebagainya. Dengan demikian maka tampilannya juga bisa disesuaikan secara mudah sesuai dengan selera 

4. Material Concrete Wood (ConWood)

Concrete Wood (ConWood)
Concrete Wood (ConWood)

Kemudian ada juga yang namanya ConWood. Bahan material ini terbuat dari semen yang difabrikasi. Bisa memiliki tekstur yang mirip dan serupa dengan kayu. Pergunakan conwood dengan ketebalan sekitar 3 cm atau 4 cm supaya kuat dan kokoh juga awet tidak mudah patah. 

5. Material Exposed Concrete atau exposed aggregate

Exposed Concrete atau exposed aggregate

Selanjutnya ada pilihan bahan material decking kolam renang yang berupa exposed concrete. Bahan material ini disebut juga sebagai exposed aggregate, dan terbuat dari beton Polimer yang dipadukan dengan batu alam.

Hal tersebut membuat teksturnya menjadi terlihat unik dan juga berkesan mewah apalagi jika mendapat coating yang tepat. Bahan material ini tersedia dalam berbagai ragam warna, serta ukuran dan juga model yang bisa dipilih sesuai dengan selera.

6. Material Wood Plastic Composite (WPC) 

Ada juga yang namanya kayu komposit atau WPC, yaitu merupakan hasil penggabungan antara kayu recycle atau hasil daur ulang dengan plastic yang kemudian dicetak dengan teknologi tinggi. Bahan material campuran kayu dengan plastik ini mulai populer digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk sebagai decking kolam renang.

Pada material kayu plastik ini sudah terdapat anti rayap dan anti jamur. Selain itu juga disertai dengan sertifikat keamanan. Dengan tingkat daya tahan gores yang cukup tinggi diklaim tak perlu selalu dilakukan coating ulang secara berkala, seperti bahan material decking kolam renang yang lainnya.  Meterial decking umumnya diperlukan perawatan rutin. Jika dalam jangka waktu tertentu tidak dilakukan proses coating ulang, maka akan terkesan kusam.

Tips Merawat Decking Kolam Renang

Seperti apa yang sudah kami singgung. Agar selalu terlihat indah dan menawan, decking kolam renang perlu dilakukan perawatan berkala (rutin). Berikut ini adalah beberapa cara untuk merawat decking kolam renang yang bisa dilakukan sendiri.

Bersihkan keseluruhan bagian decking secara rutin dan berkala

Supaya awet dan guna memperpanjang usia masa pakai, decking kolam renang diperlukan adanya perawatan secara rutin. Jadwalkan pengecekan kondisi decking kolam renang sehingga Anda segera tahu jika terjadi kerusakan.

Kemudian lakukan perbaikan jika ada yang rusak dan pembersihan secara rutin. Pembersihan bisa dilakukan tiap pekan atau tiap habis digunakan dengan mengepel dengan lap, terutama untuk decking yang terbuat dari bahan kayu. Bisa menggunakan lap kering ataupun lap lembab guna membersihkan permukaan decking kolam renang. Tak perlu menggunakan tambahan deterjen ataupun sabun yang jika tidak dibersihkan dengan benar dan tuntas, justru akan mengakibatkan licin.

Bersihkan celah decking dari berbagai endapan air serta kotoran

Bagian decking kolam renang yang mudah kotor dan menjadi perangkap kotoran adalah pada bagian celah decking-nya. Air mudah terjebak di sela celah-celah decking tersebut. Bisa berupa air yang berasal dari cipratan perenang, air bilasang perenang ataupun air hujan. Bahkan bisa dari air tumpahan minuman atau makanan pengguna.

Perlu segera dibersihkan dan dikeringkan agar kotoran tidak semakin sulit untuk dihilangkan. lapisi juga ujung furniture di atas decking kolam renang dengan pelapis karet atau silikon, supaya tidak menggores permukaan decking kolam renang.

Leave a Reply