Tips Ampuh Agar Lumut Tidak Tumbuh di Kolam Renang

Ada banyak masalah yang mungkin terjadi di kolam renang Anda, salah satu masalah tersebut adalah kemunculan lumut di kolam renang Anda. Untuk Anda yang ingin tahu bagaimana cara Agar lumut tidak tumbuh di kolam renang , maka berikut ini adalah ulasannya. 

Penyebab munculnya lumut di kolam renang 

Lumut merupakan salah satu masalah yang sangat umum muncul di kolam renang. Apalagi jika kolam renang Anda ada di luar ruangan, maka kemunculan lumut ini menjadi lebih besar. Hal ini disebabkan karena salah satu faktor yang menyebabkan kemunculan dari lumut ini adalah adanya sinar matahari. 

Sebuah tempat yang berair dan mendapatkan sinar matahari secara penuh biasanya akan lebih mudah digunakan tempat hidup untuk lumut. Akan tetapi selain karena sinar matahari, hal lain yang menyebabkan lumut makin mudah untuk hidup di kolam renang Anda adalah masalah kebersihan dari kolam renang itu sendiri. 

Kolam renang yang tidak dijaga kebersihannya, biasanya akan lebih mudah muncul lumut yang cukup membahayakan. Salah satu masalah kebersihan yang menyebabkan lumut mudah tumbuh di sebuah kolam renang adalah kadar chlorine yang dimiliki oleh kolam renang dan juga pembersihan dinding-dinding dari kolam renang Anda. 

Ketika dinding kolam renang tidak sering dibersihkan, maka lumut menjadi lebih mudah muncul di kolam renang Anda. Oleh karena itu, upaya menjaga kebersihan sangat penting untuk dilakukan ketika ingin menghindarkan pertumbuhan lumut di kolam renang Anda. 

Mengapa lumut di kolam renang harus dihilangkan?

Bagi Anda yang memiliki kolam renang untuk bisnis pasti Anda tahu seberapa penting menjaga kolam renang Anda bebas dari lumut. Menjaga kolam renang dari serangan lumut sangat penting bila dilihat dari segi bisnis dan dari segi keamanan. 

Dilihat dari segi keamanannya, kolam renang yang memiliki banyak lumut akan menjadi sangat licin. Lantai yang licin ini membuat kolam renang Anda menjadi sulit untuk dijadikan berpijak. Ketika tidak hati-hati, maka lantai yang licin ini bisa menyebabkan seseorang mengalami kecelakaan seperti terpeleset. 

Kecelakaan lain yang mungkin terjadi ketika Anda menggunakan kolam renang yang licin dan penuh dengan lumut adalah kecelakaan pada saat berenang. Ketika kolam renang yang Anda miliki ini digunakan untuk tempat tinggal lumut dan ganggang, kolam renang yang Anda miliki sudah pasti akan memiliki air keruh berwarna hijau.

Air yang terlalu keruh ini akan membuat jarak pandang di dalam air menjadi terbatas dan pada akhirnya menyebabkan kecelakaan seperti bertabrakan pada saat berenang. Hal ini merupakan salah satu hal yang sangat membahayakan, terlebih jika perenang bertabrakan di bagian kepala mereka. 

Jika dilihat dari sisi bisnis, kolam renang yang memiliki lumut dalam jumlah yang sangat besar juga sangat berbahaya. Pasalnya kolam renang dengan jumlah lumut yang sangat banyak akan membuat orang atau customer Anda enggan menyewa kolam renang Anda. 

Saat ini ada banyak sekali kolam renang yang bisa disewa untuk berenang atau sekedar bermain-main, jadi jika Anda tidak memberikan pelayanan yang baik dan menjaga kebersihan kolam renang Anda dari kotoran maupun lumut, maka kolam renang Anda bisa bangkrut karena ditinggalkan oleh konsumennya. 

Cara menghilangkan lumut di kolam renang 

Sudah tahu bukan apa saja masalah dan bahaya yang akan muncul jika Anda tidak menjaga kebersihan dari kolam renang Anda terhadap ganggang dan lumut ini? Hal inilah yang membuat Anda wajib melakukan usaha-usaha untuk memastikan tidak ada lumut yang tinggal di kolam renang Anda. 

Untuk memastikan lumut tidak tinggal di kolam renang Anda, maka ada 2 langkah yang bisa dilakukan, pertama adalah langkah pembersihan dan yang kedua adalah langkah untuk pencegahan.

Lalu bagaimana cara membersihkan kolam renang dan mencegah Agar lumut tidak tumbuh di kolam renang ini? Berikut ini upaya yang bisa Anda lakukan. 

1. Menyikat dinding kolam renang 

Cara pertama yang direkomendasikan untuk menghilangkan lumut yang hidup di kolam renang Anda adalah dengan menggunakan penyikat dinding kolam renang Anda. Menyikat dinding merupakan upaya utama yang harus dilakukan saat lumut sudah terlanjur hidup dan berkembang di kolam renang Anda. 

Selain digunakan untuk menyikat lumut berlebihan yang ada di dinding kolam renang Anda, penyikatan dinding kolam renang juga dapat digunakan untuk memastikan sanitiser yang Anda gunakan di kolam renang, bisa masuk ke dalam dan dapat mematikan lumut yang hidup di dinding kolam renang Anda. 

Untuk melakukan penyikatan ini, lakukan dengan menggunakan sikat yang kaku yang bisa diperpanjang dengan menggunakan tiang. Hal ini akan memudahkan Anda untuk menyikat kolam renang Anda dari jarak jauh. 

Jangan lupa ! jangan hanya menyikat dinding saja tapi pastikan juga untuk menyikat bagian dasar dari kolam renang yang Anda miliki. Jangan lewatkan bagian-bagian penting seperti sudut dan bagian lekukan antara dinding dan kolam renang Anda. Bagian tersebut memang sulit untuk dijangkau tapi wajib diperhatikan agar pembersihan dapat dilakukan dengan maksimal. 

2. Gunakan sanitiser 

Hal lain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan lumut yang hidup di kolam renang Anda adalah dengan menggunakan sanitiser. 

Sanitiser adalah satu-satunya bahan yang dapat digunakan untuk membunuh ganggang dan lumut yang hidup di dinding kolam renang Anda. Ketika Anda menggunakan sanitiser ini pastikan kadar yang dimiliki oleh sanitiser ini sesuai dengan kadar maksimal agar ia bisa bekerja secara optimal. 

Menggunakan sanitiser seperti chlorine yang terlalu sedikit dan terlalu banyak dapat menyebabkan pH dari kolam renang meningkat atau menurun dari batas normalnya. Jika hal ini terjadi, maka bahan kimia chlorine tersebut tidak akan bisa bertahan dan bekerja secara maksimal untuk membunuh mikroorganisme dan juga ganggang dan lumut yang ada di kolam renang Anda. 

3. Chlorine shock 

Chlorine adalah bahan utama yang dapat digunakan untuk membunuh alga dan juga lumut yang hidup di kolam renang Anda. Akan tetapi untuk lumut yang membandel, maka Anda mungkin akan membutuhkan atau memerlukan treatment berupa chlorine shock

Treatment Chlorine shock ini merupakan upaya untuk memberikan campuran klorin pada kolam renang Anda lebih dari 1 kali untuk membunuh mikroorganisme dan lumut serta ganggang yang hidup di kolam renang Anda. 

Ketika Anda berurusan dengan ganggang hijau, maka Anda bisa menggunakan chlorine shock hingga 2 kali, jika ganggang berwarna kuning atau hijau tua, maka chlorine shock bisa dilakukan 3 kali. Akan tetapi jika ganggang yang Anda ada di kolam renang Anda memiliki warna hitam, maka chlorine shock bisa dilakukan hingga 4 kali. 

Cara mencegah pertumbuhan lumut di kolam renang 

Nah sudah tahu bukan bagaimana cara untuk menghilangkan lumut yang membandel seperti yang disebutkan di atas? Jika lumut di kolam renang Anda sudah menghilang, maka langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah melakukan upaya pencegahan agar lumut tidak mudah bertumbuh di kolam renang Anda.

Lalu bagaimana cara mencegah pertumbuhan dari lumut di kolam renang ini? Berikut ini upaya yang bisa Anda ikuti. 

1. Lakukan penyedotan kolam renang secara rutin 

Salah satu upaya yang bisa Anda lakukan menghilangkan lumut dari kolam renang yang Anda miliki adalah dengan melakukan penyedotan kolam renang secara rutin. Ketika Anda melakukan penyedotan kolam renang secara rutin, maka sedikit demi sedikit lumut yang hidup di kolam renang Anda akan menghilang. 

Jika Anda memang ingin lumut di kolam renang Anda hilang dalam sekejap, maka kombinasikan penyedotan kolam renang Anda dengan cara lainnya sehingga lebih mudah bersih. Salah satu contohnya tentunya adalah dengan penyikatan. 

Bagi Anda yang ingin melakukan penyedotan kolam renang, penyedotan ini bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan menyedot menggunakan alat manual dan bisa juga dilakukan dengan menyedot dengan cara yang otomatis. 

Saat ini sudah ada banyak sekali produk penyedotan kolam yang bisa dilakukan dengan menggunakan mesin otomatis sehingga Anda tidak perlu khawatir kesulitan melakukan penyedotan kolam secara rutin. 

2. Jangan lupa jaga kebersihan pompa air

Upaya lain yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya lumut di kolam renang adalah dengan menjaga kebersihan dari pompa air Anda. Pompa air juga dilalui banyak air. Jika tidak dijaga kebersihannya, bibit lumut dan ganggang bisa muncul dari bagian ini dan pada akhirnya lumut dan ganggang dapat berkembang biak dengan bebas di kolam renang kembali. 

3. Bersihkan filter air 

Filter juga bagian sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini disebabkan karena filter yang kotor tidak bisa menyaring air dengan baik sehingga selain memungkinkan pertumbuhan lumut ia juga bisa menyebabkan biaya operasional untuk filter dan pompa menjadi meningkat. 

4. Menjaga kadar pH dari air di kolam

Kadar pH di kolam juga sangat penting untuk diperhatikan. Pasalnya, kadar pH ini dapat berpengaruh terhadap kemampuan kerja dari chlorine yang digunakan untuk sanitiser kolam Anda. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kerja chlorine sangat dipengaruhi dengan nilai asam dan basa dari lingkungannya. 

Ketika chlorine ditempatkan pada lingkungan yang terlalu asam atau terlalu basa, maka chlorine tidak bisa melakukan tugasnya dengan baik yaitu untuk membunuh mikroorganisme dan juga untuk mencegah kemunculan dari lumut dan ganggang. Oleh karena itu, selalu pastikan bahwa kadar pH di kolam Anda sesuai dengan kebutuhan agar kolam Anda tetap terjaga kebersihannya. 

5. Lakukan dengan teliti dan secara rutin

Setiap proses pencegahan yang disebutkan di atas merupakan salah satu hal yang dapat digunakan untuk menghindarkan kolam renang Anda dari lumut yang berbahaya. Akan tetapi pencegahan-pencegahan yang Anda lakukan mungkin tidak akan bermanfaat jika tidak dilakukan secara rutin. 

Oleh karena itu, sangat penting untuk Anda membuat jadwal secara rutin, kapan kolam renang Anda harus disikat, harus di shock dengan chlorine, di vakum dan hal-hal penting lainnya yang sudah disebutkan di atas. 

Jika Anda tidak sanggup melakukan tugas ini sendiri, Anda bisa menyewa jasa yang sudah profesional dan memiliki kemampuan menjaga dan mencegah Agar lumut tidak tumbuh di kolam renang. Jasa perawatan kolam renang ini dapat membantu Anda untuk menyelesaikan pekerjaan perawatan ini tanpa repot. Hanya perlu bayar jasa dan semua pekerjaan dapat dengan mudah diselesaikan. 

Leave a Reply